Langsung ke konten utama

9 Solusi Menghilangkan Suara Knalpot Nembak

Saat Anda sedang asyik-asyiknya berkendara menggunakan sepeda motor kemudian timbul suara nembak seperti petasan dari knalpot. Apa yang Anda rasakan? Kami yakin pertama kali Anda pasti akan merasa kaget bukan main. Lantas Anda pun menghentikan laju kendaraan dan turun dari sepeda motor untuk melakukan pemeriksaan. Kemudian Anda bertanya-tanya sendiri apa yang terjadi baru saja dan apa juga penyebabnya.
Sebelumnya kami sarankan Anda agar tetap bersikap tenang dan jangan panik. Ini merupakan masalah yang biasa dialami oleh pengendara sepeda motor. Jadi bukan Anda saja yang pernah mengalaminya. Penyebab timbulnya suara nembak dari knalpot bermacam-macam. Mulai dari adanya kerusakan pada bagian udara bersih ke ruang bakar, busi yang sudah tak layak pakai, packing knalpot rusak, knalpot tidak terpasang sempurna, atau karburator bermasalah.
cara-menghilangkan-suara-nembak.jpg
Adapun solusi-solusi yang dapat dilakukan untuk memperbaikinya antara lain :
  1. Periksa kondisi tuas cuk (choke) untuk memastikannya dalam keadaan off/tertutup. Sebab cuk yang terbuka mengakibatkan pembakaran menjadi tidak sempurna. Jika cuk sudah tertutup tetapi motor tetap tersendat, biasanya dikarenakan oleh kabel yang tidak sepenuhnya bergerak menutupi cuk. Hal ini bisa terjadi bila kabel tersebut berkarat. Solusinya Anda harus membersihkan kabel menggunakan bensin.
  2. Cek kondisi busi untuk memeriksa kondisi dan kelayakannya. Pasalnya busi yang sudah terlalu lama dipakai juga bisa memicu timbulnya masalah ini. Kebanyakan pengendara motor menganggap kalau busi itu tidak mempunyai usia pakai, padahal salah. Busi harus diganti secara berkala, terutama jika kondisinya sudah memperlihatkan tak layak pakai seperti bagian elektrode yang terlalu basah atau banyaknya kerak pada kepala busi.
  3. Lakukan pengecekan terhadap kondisi karburator secara menyeluruh. Kemudian setel ulang karburator tersebut antara pembagian udara dan bensin supaya lebih seimbang. Hal ini bertujuan untuk membuat suplai bensin untuk keperluan pembakaran menjadi sesuai kebutuhan.
  4. Khusus untuk sepeda motor yang sudah dilengkapi teknologi vakum pada karburator perlu memperhatikan kondisinya dengan baik. Perlu Anda ketahui, kinerja jarum skep mengandalkan karet yang berasal dari kevakuman. Jikalau kondisi karet vakum sudah aus, maka proses kevakuman pun menjadi tidak sempurna. Hal ini pula yang dapat menyebabkan timbulnya suara knalpot yang nembak.
  5. Pemeriksaan lainnya bisa dilakukan pada suplai/pasokan udara bersih yang menuju ke dalam ruang bakar. Suplai udara yang tidak tepat bisa dideteksi dari menurunnya putaran mesin atau timbulnya suara ledakan pada saat motor berakselerasi atau digas secara penuh. Anda bisa mengatasinya dengan memeriksa air secondary system, lalu melakukan perbaikan yang dibutuhkan.
  6. Jangan lupa cek juga kondisi filter yang bertugas untuk menyaring udara. Pastikan filter tersebut dalam kondisi yang baik dan cukup bersih. Jika kondisi filter udara ini kotor, maka akibatnya aliran udara yang menuju ke karburator menjadi terhambat. Anda tak boleh membiarkan masalah ini terjadi karena bisa mengakibatkan perbandingan campuran udara dan bensin di ruang bakar tidak terkendali.
  7. Anda juga sebaiknya memeriksa kondisi selang bahan bakar yang menuju ke tangki bahan bakar. Anda perlu memastikan bahwa kondisi selang tersebut baik-baik saja. Sebab tidak jarang selang ini mengalami kerusakan seperti bocor atau robek. Jika selang tersebut sampai rusak, maka praktis aliran bahan bakar pun menjadi tidak lancar. Inilah yang menyebabkan timbulnya suara ledakan tadi.
  8. Cek bagian pilot screw, angin-angin, atau setelan karburator. Kadang-kadang setelan pada bagian ini berubah sendiri sehingga perlu dilakukan penyetelan ulang. Disarankan untuk melakukan pengaturan setelan sesuai dengan standar motor yaitu 2,5-3 putaran penuh atau disesuaikan menurut kebutuhan mesin sepeda motor.
  9. Periksa bagian AIS (Air Induction System). AIS merupakan komponen yang berfungsi untuk menginjeksi udara bersih ke lubang buang sehingga hasil pembakarannya menjadi lebih ramah lingkungan. Tetapi masalahnya kinerja membran AIS ini sering mengalami kesalahan. Jadi solusi yang paling mudah Anda bisa menonaktifkannya dengan menutup lubang buang tersebut.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Mengisi/Menambah Angin Ban di SPBU

Bagaimana cara mengisi/menambah angin ban di SPBU? Ban berperan penting dalam menjamin keamanan dan kenyamanan kendaraan bermotor. Itulah kenapa tekanan angin di dalam ban harus senantiasa dijaga. Idealnya tekanan angin pada sepeda motor 29 psi, mobil 32 psi, dan truk 40-50 psi. Beruntung saat ini sudah banyak SPBU (Stasiun Pengisian Bahan bakar Umum) di Indonesia yang memberikan fasilitas pengisian angin ban secara cuma-cuma. Tentu saja hal ini sangat membantu bagi para rider yang kebetulan mampir ke pom bensin tersebut. Mengingat layanan ini bersifat gratis, Anda harus mengoperasikan mesin pompa angin sendiri. Tapi bagaimana cara menggunakannya ya? Nah, berikut ini merupakan tata cara menggunakan kompresor angin yang biasanya terdapat di SPBU : Letakkan kendaraan Anda di samping mesin pompa angin. Tidak perlu terlalu dekat asalkan selang kompresor mampu menjangkau seluruh roda kendaraan. Khusus untuk sepeda motor , posisikan kendaraan bertumpu pada standar tengah sehingga An

Langkah-langkah Melepas dan Memasang Roda Mobil

Bagaimana langkah-langkah untuk melepas dan memasang roda mobil? Mobil adalah kendaraan darat yang digerakkan oleh mesin, beroda empat, dan biasanya menggunakan bahan bakar minyak untuk menghidupkan mesinnya. Ada kalanya kita ingin melepas dan atau memasang roda mobil untuk keperluan tertentu. Sebelum proses pelepasan/pemasangan roda mobil tersebut dimulai, Anda wajib memperhatikan prosedur keselamatan kerja terlebih dahulu. Di antaranya : Pastikan mengerjakannya di tempat yang memiliki permukaan lantai yang rata Gunakan alat-alat sebagaimana fungsinya Selalu kenakan pakaian penunjang keamanan untuk melindungi diri Untuk mempermudah pengerjaannya, sebaiknya kendurkan mur-mur yang membalut roda terlebih dahulu sebelum mobil didongkrak. Perhatikan seluruh bagian momen pengencangan baut dengan seksama. Selalu gunakan kunci momen pada saat melaksanakan pekerjaan ini. Begitupun ketika mendongkrak dan menopang mobil, disarankan untuk melakukannya di tempat yang berpermukaan rata s

Tata Cara Mengganti Lampu Utama Sepeda Motor

Bagaimana cara mengganti lampu utama sepeda motor? Pada kendaraan roda dua, lampu utama berfungsi sebagai penerang jalan dan pemberitahu pengendara lain akan keberadaan kita. Oleh sebab itu, lampu utama ini harus selalu menyala, baik saat malam maupun siang hari. Lampu Sepeda Motor Pada dasarnya, mengganti lampu sepeda motor dapat dilakukan dengan mudah. Kuncinya adalah kesabaran untuk membuka casing secara hati-hati agar tidak menimbulkan goresan dan lecet. Di bawah ini tata cara panduannya oleh Pyurio untuk anda! Alat dan Bahan : Lampu utama Obeng Kuas Langkah-langkah : Posisikan sepeda motor dengan bersandar pada standar tengah sehingga lebih mudah diotak-atik. Gunakan obeng untuk melepas seluruh sekrup yang menahan casing batok pembungkus lampu utama. Bersihkanlah bagian dalam casing memakai kuas untuk menghilangkan debu yang menumpuk. Buka karet penutup fitting dan lepaskan fitting dengan menekan lalu memutarnya berlawanan arah jarum jam. Rogoh bohlam l