Langsung ke konten utama

Ciri-ciri Ban Sepeda Motor yang Harus Diganti

Apakah ciri-ciri ban sepeda motor yang harus diganti? Seperti kita tahu, sepeda motor dapat bergerak karena dilengkapi dengan roda sebagai kaki-kakinya. Roda ini terdiri atas ban dan velg. Kebanyakan pabrik otomotif menggunakan karet untuk membuat ban kendaraan sebab mempunyai sifat elastis. Hal ini akan membuat pengendara tetap merasa nyaman walaupun melintasi jalan yang bergelombang. Permukaan ban juga sengaja dibuat beralur supaya cengkeramannya pada jalan lebih kuat.

Sama seperti komponen-komponen penyusun sepeda motor yang lain, ban pun mempunyai usia pakai. Semakin sering digunakan, lama-kelamaan kondisi ban akan menurun. Ban yang semula memiliki alur akan semakin menipis dan menjadi botak. Kalau sudah begini ban tersebut tidak bisa bekerja sebagaimana fungsinya. Ban yang sudah gundul bakal mengakibatkan Anda mudah tergelincir saat melewati jalan yang basah. Begitu pula dengan ban yang telah tipis bisa gampang rusak di tengah perjalanan.

ban-motor-harus-diganti.jpg

Untuk menghindari kejadian-kejadian buruk ini menimpa Anda, ada baiknya Anda tidak memaksakan diri menggunakan ban yang sudah tidak layak pakai. Ban tersebut harus diganti dengan yang baru sesuai standar pabrik. Di bawah ini ciri-ciri ban motor yang wajib diganti!

  1. Ban juga mempunyai masa pemakaian. Tetapi masa tersebut tidak diukur dengan waktu, melainkan jarak tempuh yang sudah dilaluinya. Jadi ada motor yang bannya harus diganti setiap 2 tahun sekali karena biasa dipakai untuk menempuh jarak yang jauh. Sebaliknya ada pula ban motor yang bisa diganti setiap 5 tahun sekali sebab hanya digunakan untuk menempuh jalan dalam kota. Adapun jarak ideal untuk mengganti ban depan yakni apabila motor sudah berlari sejauh 12.000 km. Sedangkan penggantian ban belakang motor harus dilakukan lebih awal yaitu saat jarak tempuhnya mencapai 10.000 km.
  2. Bagi Anda pengguna ban tubeless, biasanya ada waktu khusus terkait masa pemakaiannya. Kebanyakan ban tubeless bagian depan memiliki masa pakai selama 1-1,5 tahun. Sementara untuk ban tubeless bagian belakang, waktu pakainya sekitar 10-12 bulan. Ban yang sudah melewati masa pakai tersebut harus diganti dengan yang baru agar performanya dapat terjaga dengan baik.
  3. Anda perlu menyadari bahwa ketentuan di atas hanyalah teori. Kenyataannya tidak sedikit motor yang jarak tempuhnya belum mencapai 10.000 km namun kondisi kedua bannya sudah tidak layak pakai. Misalnya ban tersebut sudah terlalu tipis serta kehilangan alur di permukaannya alias gundul. Ban yang sudah botak/tipis harus segera diganti tanpa perlu menunggu patokan jarak tempuh di atas. Jika tidak, Anda akan menanggung risiko yang sangat berbahaya karena ban yang telah botak rawan tergelincir. Selain itu, ban yang sudah tipis pun menjadi kaku.
  4. Ada lagi cara lain untuk mengetahui apakah sudah waktunya ban motor Anda diganti atau belum. Cobalah lewati jalan yang kondisinya rusak, berlubang-lubang, atau bergelombang. Kalau Anda merasakan bumping yang keras seolah kita loncat sendiri ketika melintasi jalan tersebut artinya ban sudah terlalu keras. Hal ini pula bisa disebabkan karena alur ban yang menipis. Seharusnya ban yang masih bagus akan terasa memantul saat berada di jalan yang tidak rata.
  5. Ban yang sudah harus diganti juga akan terasa bergoyang saat digunakan untuk berbelok. Upaya manuver yang kita lakukan menjadi tidak berhasil. Ban tersebut seolah-olah terasa seperti kekurangan angin, padahal tidak. Kalau performa ban telah menurun seperti ini, sebaiknya Anda mengganti ban tersebut dengan ban baru secepatnya.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Mengisi/Menambah Angin Ban di SPBU

Bagaimana cara mengisi/menambah angin ban di SPBU? Ban berperan penting dalam menjamin keamanan dan kenyamanan kendaraan bermotor. Itulah kenapa tekanan angin di dalam ban harus senantiasa dijaga. Idealnya tekanan angin pada sepeda motor 29 psi, mobil 32 psi, dan truk 40-50 psi. Beruntung saat ini sudah banyak SPBU (Stasiun Pengisian Bahan bakar Umum) di Indonesia yang memberikan fasilitas pengisian angin ban secara cuma-cuma. Tentu saja hal ini sangat membantu bagi para rider yang kebetulan mampir ke pom bensin tersebut. Mengingat layanan ini bersifat gratis, Anda harus mengoperasikan mesin pompa angin sendiri. Tapi bagaimana cara menggunakannya ya? Nah, berikut ini merupakan tata cara menggunakan kompresor angin yang biasanya terdapat di SPBU : Letakkan kendaraan Anda di samping mesin pompa angin. Tidak perlu terlalu dekat asalkan selang kompresor mampu menjangkau seluruh roda kendaraan. Khusus untuk sepeda motor , posisikan kendaraan bertumpu pada standar tengah sehingga An

Langkah-langkah Melepas dan Memasang Roda Mobil

Bagaimana langkah-langkah untuk melepas dan memasang roda mobil? Mobil adalah kendaraan darat yang digerakkan oleh mesin, beroda empat, dan biasanya menggunakan bahan bakar minyak untuk menghidupkan mesinnya. Ada kalanya kita ingin melepas dan atau memasang roda mobil untuk keperluan tertentu. Sebelum proses pelepasan/pemasangan roda mobil tersebut dimulai, Anda wajib memperhatikan prosedur keselamatan kerja terlebih dahulu. Di antaranya : Pastikan mengerjakannya di tempat yang memiliki permukaan lantai yang rata Gunakan alat-alat sebagaimana fungsinya Selalu kenakan pakaian penunjang keamanan untuk melindungi diri Untuk mempermudah pengerjaannya, sebaiknya kendurkan mur-mur yang membalut roda terlebih dahulu sebelum mobil didongkrak. Perhatikan seluruh bagian momen pengencangan baut dengan seksama. Selalu gunakan kunci momen pada saat melaksanakan pekerjaan ini. Begitupun ketika mendongkrak dan menopang mobil, disarankan untuk melakukannya di tempat yang berpermukaan rata s

Tata Cara Mengganti Lampu Utama Sepeda Motor

Bagaimana cara mengganti lampu utama sepeda motor? Pada kendaraan roda dua, lampu utama berfungsi sebagai penerang jalan dan pemberitahu pengendara lain akan keberadaan kita. Oleh sebab itu, lampu utama ini harus selalu menyala, baik saat malam maupun siang hari. Lampu Sepeda Motor Pada dasarnya, mengganti lampu sepeda motor dapat dilakukan dengan mudah. Kuncinya adalah kesabaran untuk membuka casing secara hati-hati agar tidak menimbulkan goresan dan lecet. Di bawah ini tata cara panduannya oleh Pyurio untuk anda! Alat dan Bahan : Lampu utama Obeng Kuas Langkah-langkah : Posisikan sepeda motor dengan bersandar pada standar tengah sehingga lebih mudah diotak-atik. Gunakan obeng untuk melepas seluruh sekrup yang menahan casing batok pembungkus lampu utama. Bersihkanlah bagian dalam casing memakai kuas untuk menghilangkan debu yang menumpuk. Buka karet penutup fitting dan lepaskan fitting dengan menekan lalu memutarnya berlawanan arah jarum jam. Rogoh bohlam l