Langsung ke konten utama

Cara Ampuh Atasi Rantai Motor yang Kaku

Bagaimana cara mengatasi rantai motor yang kaku? Semua komponen sepeda motor wajib mendapatkan perawatan secara rutin. Tak terkecuali dengan rantai yang terpasang pada motor kesayangan Anda. Rantai yang dirawat dengan baik akan bergerak secara mulus dan tidak tersendat-sendat sehingga laju kendaraan pun terasa nyaman. Sebaliknya rantai yang jarang mendapatkan perawatan maka lama-kelamaan akan bermasalah. Salah satunya yakni kondisi rantai tersebut menjadi kaku.

Masalah kakunya rantai pada kendaraan tidak hanya dapat terjadi pada sepeda motor sport, tetapi sepeda motor bebek atau matic pun bisa mengalaminya. Penyebab utamanya ialah lumpur yang menempel di sela-sela rantai tersebut. Lama-kelamaan lumpur ini akan mengering sehingga kondisinya menjadi keras. Akibatnya yaitu pergerakan rantai pun terhambat karena tertahan oleh lumpur.

Banyaknya lumpur juga akan menimbulkan karat pada rantai sepeda motor. Kondisi ini akan semakin parah apabila pemilik tidak begitu memperhatikan kebersihan rantai serta jarang melumasinya dengan oli/pelumas khusus. Ketika permukaan rantai sudah tidak terlindungi lagi, pada saat itu pula karat akan timbul sedikit demi sedikit dan ukurannya semakin luas. Bahaya yang ditimbulkan oleh karat ini jauh lebih besar karena mata rantai akan saling menempel satu sama lain.

mengatasi-rantai-motor-kaku.jpg

Untuk mengatasinya, silakan ikuti panduan di bawah ini!

Alat dan Bahan :

  • Bensin
  • Oli rantai
  • Sikat
  • Kuas
  • Baskom

Langkah-langkah :

  1. Lepaskan rantai dari tempat dudukannya. Caranya mudah sekali karena Anda hanya perlu mencongkel o-ring sebagai pembukanya. Setelah itu, tariklah rantai sampai terlepas.
  2. Tuangkan bensin secukupnya ke baskom. Kemudian masukkan rantai ke dalamnya. Rendamlah rantai tersebut kurang lebih selama 1-2 jam. Langkah ini akan merontokkan seluruh kotoran dan kerak yang terdapat di permukaan rantai.
  3. Setiap 30 menit sekali angkatlah rantai yang tengah direndam tersebut untuk digosok seluruh permukaannya memakai sikat. Gosokkan sikat ini dengan tenaga yang cukup kuat untuk merontokkan kotoran-kotoran yang menempel.
  4. Khusus untuk rantai yang dilengkapi o-ring dari karet tidak boleh direndam di bensin sebab akan mengakibatkan ukuran o-ring mengembang. Sebagai gantinya, Anda hanya perlu menyikatkan bensin ke seluruh permukaan rantai dan jangan sampai mengenai bagian o-ring.
  5. Setelah kondisi rantai sudah bersih, angkatlah dari rendaman untuk diangin-anginkan sebenar supaya agak kering. Periksa apakah rantai tersebut masih kaku atau tidak. Jika sudah cukup fleksibel kembali, pasang rantai ini pada sepeda motor. Kemudian oleskan oli rantai secara merata ke permukaannya menggunakan kuas.

Selamat mencobanya!

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Mengisi/Menambah Angin Ban di SPBU

Bagaimana cara mengisi/menambah angin ban di SPBU? Ban berperan penting dalam menjamin keamanan dan kenyamanan kendaraan bermotor. Itulah kenapa tekanan angin di dalam ban harus senantiasa dijaga. Idealnya tekanan angin pada sepeda motor 29 psi, mobil 32 psi, dan truk 40-50 psi. Beruntung saat ini sudah banyak SPBU (Stasiun Pengisian Bahan bakar Umum) di Indonesia yang memberikan fasilitas pengisian angin ban secara cuma-cuma. Tentu saja hal ini sangat membantu bagi para rider yang kebetulan mampir ke pom bensin tersebut. Mengingat layanan ini bersifat gratis, Anda harus mengoperasikan mesin pompa angin sendiri. Tapi bagaimana cara menggunakannya ya? Nah, berikut ini merupakan tata cara menggunakan kompresor angin yang biasanya terdapat di SPBU : Letakkan kendaraan Anda di samping mesin pompa angin. Tidak perlu terlalu dekat asalkan selang kompresor mampu menjangkau seluruh roda kendaraan. Khusus untuk sepeda motor , posisikan kendaraan bertumpu pada standar tengah sehingga An

Langkah-langkah Cara Coak Body Motor yang Benar

Bagaimana cara coak body motor yang benar? Coak adalah suatu istilah dalam modifikasi sepeda motor yang menyatakan proses pemotongan body kendaraan. Teknik ini biasanya diterapkan di dalam konsep modifikasi yang bergaya drag look dan street racing. Dengan memotong beberapa bagian body yang terdapat pada sepeda motor , maka tampilan kendaraan secara keseluruhan pun akan menjadi semakin keren. Pada dasarnya, proses coak ini tidak terlalu sulit dikerjakan. Malahan Anda bisa menggunakan peralatan tukang yang sederhana. Hanya saja dibutuhkan keahlian dan ketelitian saat mengoperasikan alat-alat tersebut agar hasil potongannya tampak rapi. Biar Anda tidak bingung, silakan coba panduan coak body motor ala Pyurio di bawah ini! Alat dan Bahan yang harus disiapkan : Gergaji besi Gergaji tripleks Bor tangan Selotip Spidol Penggaris Jangka Ampelas halus Langkah-langkah memotong body motor : Buatlah sketsa yang menggambarkan pola pemotongan pada body motor terle

Langkah-langkah Melepas dan Memasang Roda Mobil

Bagaimana langkah-langkah untuk melepas dan memasang roda mobil? Mobil adalah kendaraan darat yang digerakkan oleh mesin, beroda empat, dan biasanya menggunakan bahan bakar minyak untuk menghidupkan mesinnya. Ada kalanya kita ingin melepas dan atau memasang roda mobil untuk keperluan tertentu. Sebelum proses pelepasan/pemasangan roda mobil tersebut dimulai, Anda wajib memperhatikan prosedur keselamatan kerja terlebih dahulu. Di antaranya : Pastikan mengerjakannya di tempat yang memiliki permukaan lantai yang rata Gunakan alat-alat sebagaimana fungsinya Selalu kenakan pakaian penunjang keamanan untuk melindungi diri Untuk mempermudah pengerjaannya, sebaiknya kendurkan mur-mur yang membalut roda terlebih dahulu sebelum mobil didongkrak. Perhatikan seluruh bagian momen pengencangan baut dengan seksama. Selalu gunakan kunci momen pada saat melaksanakan pekerjaan ini. Begitupun ketika mendongkrak dan menopang mobil, disarankan untuk melakukannya di tempat yang berpermukaan rata s