Langsung ke konten utama

Seperti Ini Cara Setel Pelek Jari-jari Sepeda Motor

Bagaimana caranya menyetel pelek jari-jari sepeda motor? Kepopuleran pelek jari-jari di kalangan penggemar kendaraan bermotor kini kembali meningkat. Pasalnya, pelek ini dinilai mempunyai tampilan tersendiri yang lain daripada pelek racing. Apalagi pelek ruji ini juga bisa digunakan dalam setiap modifikasi motor dengan tema apapun.

Sebelum menyetel pelek jari-jari motor, Anda perlu memperhatikan faktor-faktor persiapannya terlebih dahulu sebagai berikut :

  • Selalu pilih pelek sepeda motor dengan spesifikasi yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Pelek yang kuat ditandai dari bentuknya yang standar, baik U shape maupun E shape. Jika Anda memiliki kocek yang berlebih, gunakanlah pelek yang telah diakui kualitasnya secara internasional.

  • Gunakan tromol yang asli sesuai dengan standar dari pabrikan motor tersebut. Hal ini disebabkan tromol asli memiliki bentuk yang lebih presisi sehingga akan mempermudah Anda dalam menyetel jari-jari pelek. Di samping itu, tromol asli juga terbukti lebih awet dan tidak mudah oblak, terutama pada bagian rumahnya.

  • Pilih jari-jari yang sesuai dengan ukuran pelek. Jangan sampai kepanjangan atau malah terlalu pendek. Jari-jari yang berukuran terlalu panjang berisiko akan menusuk ban dalam. Begitupun jika ukuran jari-jari tersebut kependekkan, akibatnya ulir ruji pun tidak bisa menancap sempurna ke pelek sehingga gampang patah.

  • Pakai juga laher yang berkualitas bagus untuk mendukung performa dari pelek tersebut. Anda bisa menggunakan produk laher motor yang asli atau laher kualitas kedua asalkan mutunya sudah terpercaya.

cara-setel-pelek-jari.jpg

Bagi Anda yang penasaran dengan proses penyetelan pelek jari-jarik, simak panduan langkah-langkahnya dari Pyurio di bawah ini!

  1. Awalilah dengan memasang jari-jari bagian dalam sisi kanan dan sisi kiri ke pelek. Perhatikan, jari-jari bagian dalam ini berukuran lebih pendek daripada jari-jari bagian lua.
  2. Setelah beres, pasang juga jari-jari bagian luar ke pelek hingga seluruhnya yang berjumlah 36 batang tersebut terpasang sempurna. Selain ukurannya lebih panjang, jari-jari bagian luar ini juga dilengkapi dengan kepala kait yang lebih lebar.
  3. Proses berikutnya adalah memasang bearing roda secara benar. Kemudian dilanjutkan dengan penyetelan pelek sepeda motor.
  4. Periksa pemasangan jari-jari motor untuk memastikannya sesuai dengan setelan aslinya. Usahakan jari-jari ini disetel saling menyilang supaya lebih awet dan tidak mudah bengkok. Biasanya desain pelek sudah dilengkapi alur untuk mendukung pemasangan jari-jari.
  5. Ciri-ciri penyetelan pelek yang bagus ialah hasilnya terlihat rapi, pelek benar-benar center, pelek tidak tergores, dan setelan jari-jari pada pelek tersebut terasa kuat.

Semoga berguna!

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Mengisi/Menambah Angin Ban di SPBU

Bagaimana cara mengisi/menambah angin ban di SPBU? Ban berperan penting dalam menjamin keamanan dan kenyamanan kendaraan bermotor. Itulah kenapa tekanan angin di dalam ban harus senantiasa dijaga. Idealnya tekanan angin pada sepeda motor 29 psi, mobil 32 psi, dan truk 40-50 psi. Beruntung saat ini sudah banyak SPBU (Stasiun Pengisian Bahan bakar Umum) di Indonesia yang memberikan fasilitas pengisian angin ban secara cuma-cuma. Tentu saja hal ini sangat membantu bagi para rider yang kebetulan mampir ke pom bensin tersebut. Mengingat layanan ini bersifat gratis, Anda harus mengoperasikan mesin pompa angin sendiri. Tapi bagaimana cara menggunakannya ya? Nah, berikut ini merupakan tata cara menggunakan kompresor angin yang biasanya terdapat di SPBU : Letakkan kendaraan Anda di samping mesin pompa angin. Tidak perlu terlalu dekat asalkan selang kompresor mampu menjangkau seluruh roda kendaraan. Khusus untuk sepeda motor , posisikan kendaraan bertumpu pada standar tengah sehingga An

Langkah-langkah Cara Coak Body Motor yang Benar

Bagaimana cara coak body motor yang benar? Coak adalah suatu istilah dalam modifikasi sepeda motor yang menyatakan proses pemotongan body kendaraan. Teknik ini biasanya diterapkan di dalam konsep modifikasi yang bergaya drag look dan street racing. Dengan memotong beberapa bagian body yang terdapat pada sepeda motor , maka tampilan kendaraan secara keseluruhan pun akan menjadi semakin keren. Pada dasarnya, proses coak ini tidak terlalu sulit dikerjakan. Malahan Anda bisa menggunakan peralatan tukang yang sederhana. Hanya saja dibutuhkan keahlian dan ketelitian saat mengoperasikan alat-alat tersebut agar hasil potongannya tampak rapi. Biar Anda tidak bingung, silakan coba panduan coak body motor ala Pyurio di bawah ini! Alat dan Bahan yang harus disiapkan : Gergaji besi Gergaji tripleks Bor tangan Selotip Spidol Penggaris Jangka Ampelas halus Langkah-langkah memotong body motor : Buatlah sketsa yang menggambarkan pola pemotongan pada body motor terle

Langkah-langkah Melepas dan Memasang Roda Mobil

Bagaimana langkah-langkah untuk melepas dan memasang roda mobil? Mobil adalah kendaraan darat yang digerakkan oleh mesin, beroda empat, dan biasanya menggunakan bahan bakar minyak untuk menghidupkan mesinnya. Ada kalanya kita ingin melepas dan atau memasang roda mobil untuk keperluan tertentu. Sebelum proses pelepasan/pemasangan roda mobil tersebut dimulai, Anda wajib memperhatikan prosedur keselamatan kerja terlebih dahulu. Di antaranya : Pastikan mengerjakannya di tempat yang memiliki permukaan lantai yang rata Gunakan alat-alat sebagaimana fungsinya Selalu kenakan pakaian penunjang keamanan untuk melindungi diri Untuk mempermudah pengerjaannya, sebaiknya kendurkan mur-mur yang membalut roda terlebih dahulu sebelum mobil didongkrak. Perhatikan seluruh bagian momen pengencangan baut dengan seksama. Selalu gunakan kunci momen pada saat melaksanakan pekerjaan ini. Begitupun ketika mendongkrak dan menopang mobil, disarankan untuk melakukannya di tempat yang berpermukaan rata s