Langsung ke konten utama

Cara Mengatasi Rem Cakram Motor yang Blong

Ingin tahu cara mengatasi rem cakram yang blong? Kegunaan rem pada sepeda motor adalah untuk memperlambat laju perputaran rodanya. Dengan demikian, pengendara bisa tetap mengendalikan jalannya kendaraan dengan lancar dan mengantisipasi terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan.

Mengingat peranannya yang berpengaruh besar terhadap keamanan sepeda motor, wajib hukumnya bagi Anda untuk melakukan perawatan berkala terhadap rem motor. Jika tidak, maka cepat atau lambat rem tersebut akan mengalami kerusakan yang cukup serius. Salah satunya yaitu rem menjadi blong sehingga dibutuhkan tenaga ekstra untuk menekan pedal rem bahkan rem tidak bisa berfungsi sama sekali.

cara-mengatasi-rem-blong.jpg

Penyebab utama dari rem cakram motor yang blong ialah adanya udara yang terjebak di dalam sistem pengereman atau biasa dikenal pula dengan istilah masuk angin. Hal ini biasanya diakibatkan oleh kebocoran pada oli rem serta penggantian oli rem baru yang tidak tepat. Berikut ini solusinya untuk Anda!

Alat dan Bahan :

  • Oli rem
  • Kunci ring 11 atau sesuai dengan ukuran baut nipel
  • Selang untuk mengalirkan oli rem dari nipel
  • Wadah untuk menampung oli rem

Langkah-langkah :

  1. Tekan tuas rem dengan cara mengocoknya berulang-ulang hingga terasa ada tekanannya. Tahan posisi tuas tersebut dan jangan dilepaskan.
  2. Kendurkan cengkeraman baut nipel dengan cara membukanya sebenar lalu mengencangkannya lagi. Pada saat baut nipel terbuka, maka oli rem akan mengalir keluar dari lubang baut nipel.
  3. Perhatikan jika aliran oli rem tersebut pelan dan sedikit berarti masih ada udara yang terjebak di dalamnya. Sedangkan bila oli rem keluar dengan semprotan yang cukup deras tandanya udara di dalam sistem pengereman sudah hilang.
  4. Jadi kendurkan dan kencangkan baut nipel secara berulang-ulang sampai diperoleh hasil oli rem mengalir kuat. Namun ingat, selama proses ini dilakukan, Anda harus mengisi oli rem ke tabung raservoir master rem agar volume oli di dalamnya tidak sampai habis. Apabila cadangan oli rem habis, maka udaranya bisa masuk kembali.

Kerjakan langkah-langkah di atas dengan sangat hati-hati. Pastikan oli rem tidak mengenai kulit, cat, atau logam karena dapat mengakibatkan gatal dan menimbulkan korosi. Disarankan untuk menampung oli rem buangan ke dalam wadah khusus yang aman.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Mengisi/Menambah Angin Ban di SPBU

Bagaimana cara mengisi/menambah angin ban di SPBU? Ban berperan penting dalam menjamin keamanan dan kenyamanan kendaraan bermotor. Itulah kenapa tekanan angin di dalam ban harus senantiasa dijaga. Idealnya tekanan angin pada sepeda motor 29 psi, mobil 32 psi, dan truk 40-50 psi. Beruntung saat ini sudah banyak SPBU (Stasiun Pengisian Bahan bakar Umum) di Indonesia yang memberikan fasilitas pengisian angin ban secara cuma-cuma. Tentu saja hal ini sangat membantu bagi para rider yang kebetulan mampir ke pom bensin tersebut. Mengingat layanan ini bersifat gratis, Anda harus mengoperasikan mesin pompa angin sendiri. Tapi bagaimana cara menggunakannya ya? Nah, berikut ini merupakan tata cara menggunakan kompresor angin yang biasanya terdapat di SPBU : Letakkan kendaraan Anda di samping mesin pompa angin. Tidak perlu terlalu dekat asalkan selang kompresor mampu menjangkau seluruh roda kendaraan. Khusus untuk sepeda motor , posisikan kendaraan bertumpu pada standar tengah sehingga An

Langkah-langkah Cara Coak Body Motor yang Benar

Bagaimana cara coak body motor yang benar? Coak adalah suatu istilah dalam modifikasi sepeda motor yang menyatakan proses pemotongan body kendaraan. Teknik ini biasanya diterapkan di dalam konsep modifikasi yang bergaya drag look dan street racing. Dengan memotong beberapa bagian body yang terdapat pada sepeda motor , maka tampilan kendaraan secara keseluruhan pun akan menjadi semakin keren. Pada dasarnya, proses coak ini tidak terlalu sulit dikerjakan. Malahan Anda bisa menggunakan peralatan tukang yang sederhana. Hanya saja dibutuhkan keahlian dan ketelitian saat mengoperasikan alat-alat tersebut agar hasil potongannya tampak rapi. Biar Anda tidak bingung, silakan coba panduan coak body motor ala Pyurio di bawah ini! Alat dan Bahan yang harus disiapkan : Gergaji besi Gergaji tripleks Bor tangan Selotip Spidol Penggaris Jangka Ampelas halus Langkah-langkah memotong body motor : Buatlah sketsa yang menggambarkan pola pemotongan pada body motor terle

Langkah-langkah Melepas dan Memasang Roda Mobil

Bagaimana langkah-langkah untuk melepas dan memasang roda mobil? Mobil adalah kendaraan darat yang digerakkan oleh mesin, beroda empat, dan biasanya menggunakan bahan bakar minyak untuk menghidupkan mesinnya. Ada kalanya kita ingin melepas dan atau memasang roda mobil untuk keperluan tertentu. Sebelum proses pelepasan/pemasangan roda mobil tersebut dimulai, Anda wajib memperhatikan prosedur keselamatan kerja terlebih dahulu. Di antaranya : Pastikan mengerjakannya di tempat yang memiliki permukaan lantai yang rata Gunakan alat-alat sebagaimana fungsinya Selalu kenakan pakaian penunjang keamanan untuk melindungi diri Untuk mempermudah pengerjaannya, sebaiknya kendurkan mur-mur yang membalut roda terlebih dahulu sebelum mobil didongkrak. Perhatikan seluruh bagian momen pengencangan baut dengan seksama. Selalu gunakan kunci momen pada saat melaksanakan pekerjaan ini. Begitupun ketika mendongkrak dan menopang mobil, disarankan untuk melakukannya di tempat yang berpermukaan rata s