Langsung ke konten utama

Apakah Kelebihan dan Kekurangan dari Velg Ruji?

Ingin tahu apakah kelebihan dan kekurangan dari velg ruji? Spoke wheel atau velg standar atau velg ruji adalah velg kendaraan bermotor yang terbuat dari jeruji kawat logam. Velg ini dinilai memiliki tingkat keamanan yang tinggi karena memungkinkan getaran sepeda motor akan tersebar merata ke seluruh bagian velg.
Berikut ini kelebihan-kelebihan dari velg ruji di antaranya :
  1. Secara garis besar, bobot velg ruji lebih enteng daripada bobot velg racing. Bahkan selisih bobotnya bisa mencapai lebih dari 5 kg. Hal ini disebabkan struktur velg ruji umumnya terbuat dari alumunium dan campuran logam lainnya yang ringan.
  2. Seperti yang sudah disebutkan di atas, velg ruji mempunyai tingkat keamanan yang tinggi, terutama jika diterapkan pada sepeda motor yang sering melewati jalanan berlubang. Hal tersebut tidak lain karena getaran yang timbul dari gesekan antara jalan dan roda akan tersebar secara merata melalui ruji-ruji logam ke seluruh bagian velg. Otomatis, getaran yang terjadi pada bodi dan setang pun bakal turut berkurang.
  3. Ketika mengalami kerusakan, velg kendaraan roda dua yang berupa ruji relatif mudah diperbaiki. Begitu juga dengan biaya perbaikannya yang lebih murah ketimbang velg racing karena alumunium bersifat lentur dan gampang dibentuk ulang. Anda bisa membaca di sini untuk mendapatkan panduan memperbaiki velg sepeda motor yang rusak.
  4. Kelebihan lainnya adalah velg ruji juga lebih mudah dimodifikasi pada warnanya. Tidak seperti velg racing yang berkelir solid, velg ruji tersedia dalam beranekaragam pilihan warna yang menarik. Itulah kenapa para modifikator sepeda motor biasanya menggunakan velg ruji untuk memperbarui desain kendaraannya. 

Sementara itu, kekurangan-kekurangan dari velg ruji adalah :
  1. Perawatan kebersihan velg ruji cenderung sulit dilakukan karena bentuknya yang rumit. Anda perlu memastikan semua ruji-ruji velg ini dalam kondisi bagus dan tidak berkarat secara rutin. Ketidakhati-hatian dalam merawat velg bukan tidak mungkin akan mempercepat terjadinya kerusakan.
  2. Velg ruji tidak dapat dipasangi ban model tubeless. Artinya, anda perlu mengganti velg sepeda motor menjadi tipe racing apabila ingin merasakan sensasi berkendara dengan kecepatan yang lebih optimal.
  3. Dibutuhkan ketelitian yang sangat tinggi ketika memperbaiki velg ruji, khususnya saat menyetel ulang ruji-ruji. Pemasangan ruji-ruji velg yang tidak tepat akan menyebabkan laju sepeda motor menjadi tidak seimbang dan oleng. Oleh karena itu, penyetelan harus dilakukan oleh mekanik yang benar-benar berpengalaman sehingga tingkat keamanan sepeda motor tidak berkurang.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Mengisi/Menambah Angin Ban di SPBU

Bagaimana cara mengisi/menambah angin ban di SPBU? Ban berperan penting dalam menjamin keamanan dan kenyamanan kendaraan bermotor. Itulah kenapa tekanan angin di dalam ban harus senantiasa dijaga. Idealnya tekanan angin pada sepeda motor 29 psi, mobil 32 psi, dan truk 40-50 psi. Beruntung saat ini sudah banyak SPBU (Stasiun Pengisian Bahan bakar Umum) di Indonesia yang memberikan fasilitas pengisian angin ban secara cuma-cuma. Tentu saja hal ini sangat membantu bagi para rider yang kebetulan mampir ke pom bensin tersebut. Mengingat layanan ini bersifat gratis, Anda harus mengoperasikan mesin pompa angin sendiri. Tapi bagaimana cara menggunakannya ya? Nah, berikut ini merupakan tata cara menggunakan kompresor angin yang biasanya terdapat di SPBU : Letakkan kendaraan Anda di samping mesin pompa angin. Tidak perlu terlalu dekat asalkan selang kompresor mampu menjangkau seluruh roda kendaraan. Khusus untuk sepeda motor , posisikan kendaraan bertumpu pada standar tengah sehingga An

Langkah-langkah Cara Coak Body Motor yang Benar

Bagaimana cara coak body motor yang benar? Coak adalah suatu istilah dalam modifikasi sepeda motor yang menyatakan proses pemotongan body kendaraan. Teknik ini biasanya diterapkan di dalam konsep modifikasi yang bergaya drag look dan street racing. Dengan memotong beberapa bagian body yang terdapat pada sepeda motor , maka tampilan kendaraan secara keseluruhan pun akan menjadi semakin keren. Pada dasarnya, proses coak ini tidak terlalu sulit dikerjakan. Malahan Anda bisa menggunakan peralatan tukang yang sederhana. Hanya saja dibutuhkan keahlian dan ketelitian saat mengoperasikan alat-alat tersebut agar hasil potongannya tampak rapi. Biar Anda tidak bingung, silakan coba panduan coak body motor ala Pyurio di bawah ini! Alat dan Bahan yang harus disiapkan : Gergaji besi Gergaji tripleks Bor tangan Selotip Spidol Penggaris Jangka Ampelas halus Langkah-langkah memotong body motor : Buatlah sketsa yang menggambarkan pola pemotongan pada body motor terle

Langkah-langkah Melepas dan Memasang Roda Mobil

Bagaimana langkah-langkah untuk melepas dan memasang roda mobil? Mobil adalah kendaraan darat yang digerakkan oleh mesin, beroda empat, dan biasanya menggunakan bahan bakar minyak untuk menghidupkan mesinnya. Ada kalanya kita ingin melepas dan atau memasang roda mobil untuk keperluan tertentu. Sebelum proses pelepasan/pemasangan roda mobil tersebut dimulai, Anda wajib memperhatikan prosedur keselamatan kerja terlebih dahulu. Di antaranya : Pastikan mengerjakannya di tempat yang memiliki permukaan lantai yang rata Gunakan alat-alat sebagaimana fungsinya Selalu kenakan pakaian penunjang keamanan untuk melindungi diri Untuk mempermudah pengerjaannya, sebaiknya kendurkan mur-mur yang membalut roda terlebih dahulu sebelum mobil didongkrak. Perhatikan seluruh bagian momen pengencangan baut dengan seksama. Selalu gunakan kunci momen pada saat melaksanakan pekerjaan ini. Begitupun ketika mendongkrak dan menopang mobil, disarankan untuk melakukannya di tempat yang berpermukaan rata s