Langsung ke konten utama

Nih, Cara Menambal Ban Tubeless yang Bocor!

Bingung bagaimana cara menambal ban tubeless yang bocor? Ban adalah komponen kendaraan yang berfungsi untuk menyangga beban, memperkecil guncangan, meneruskan tenaga mesin, dan melanjutkan peran kemudi. Oleh karenanya, ban berperan penting dalam mempengaruhi kinerja suatu kendaraan bermotor. Apabila ban tersebut bocor, maka mobil dan sepeda motor pun tidak bisa digunakan sebagaimana mestinya.
Saat ini, tengah marak penggunaan ban tubeless sebagai varian dari ban kendaraan bermotor. Salah satu kelebihan dari ban ini adalah kemudahan yang bisa didapatkan pengguna dalam menambal ban tubeless yang bocor. Bahan-bahan yang dibutuhkan pun sangat sederhana dengan teknik perbaikan yang mudah sekali.

Alat dan Bahan :
  • Lem super glue
  • Kompresor atau pompa manual
  • Benang jahit
Langkah-langkah :
  1. Periksa kondisi ban kendaraan secara menyeluruh. Cari tahu penyebab bocornya ban tersebut. Apabila kebocoran ban dikarenakan tertancap paku, cabut paku yang menembus ban kendaraan anda.
  2. Biarkan ban beberapa saat agar seluruh tekanan angin di dalamnya keluar semua. Putar posisi ban dengan menghadapkan lubang kebocoran menghadap ke atas agar mudah ditambal.
  3. Oleskan lem super glue tepat pada permukaan ban yang berlubang. Tekan-tekan sedikit pada lem super glue tersebut supaya pasta lem lebih merasuk ke dalam ban.
  4. Tutuplah lubang ban yang sudah dilem tadi memakai potongan-potongan benang jahit. Setelah itu, oleskan sekali lagi lem super glue di atasnya supaya daya rekat penambalan ban semakin bertambah kuat.
  5. Tunggu kurang lebih sekitar 30 menit agar lem benar-benar mengering. Berikutnya, anda bisa mengisi angin ke dalam ban motor sampai tingkat tekanannya normal kembali. Kendaraan pun telah siap digunakan.
Selamat mencoba!

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Mengisi/Menambah Angin Ban di SPBU

Bagaimana cara mengisi/menambah angin ban di SPBU? Ban berperan penting dalam menjamin keamanan dan kenyamanan kendaraan bermotor. Itulah kenapa tekanan angin di dalam ban harus senantiasa dijaga. Idealnya tekanan angin pada sepeda motor 29 psi, mobil 32 psi, dan truk 40-50 psi. Beruntung saat ini sudah banyak SPBU (Stasiun Pengisian Bahan bakar Umum) di Indonesia yang memberikan fasilitas pengisian angin ban secara cuma-cuma. Tentu saja hal ini sangat membantu bagi para rider yang kebetulan mampir ke pom bensin tersebut. Mengingat layanan ini bersifat gratis, Anda harus mengoperasikan mesin pompa angin sendiri. Tapi bagaimana cara menggunakannya ya? Nah, berikut ini merupakan tata cara menggunakan kompresor angin yang biasanya terdapat di SPBU : Letakkan kendaraan Anda di samping mesin pompa angin. Tidak perlu terlalu dekat asalkan selang kompresor mampu menjangkau seluruh roda kendaraan. Khusus untuk sepeda motor , posisikan kendaraan bertumpu pada standar tengah sehingga An...

Langkah-langkah Cara Coak Body Motor yang Benar

Bagaimana cara coak body motor yang benar? Coak adalah suatu istilah dalam modifikasi sepeda motor yang menyatakan proses pemotongan body kendaraan. Teknik ini biasanya diterapkan di dalam konsep modifikasi yang bergaya drag look dan street racing. Dengan memotong beberapa bagian body yang terdapat pada sepeda motor , maka tampilan kendaraan secara keseluruhan pun akan menjadi semakin keren. Pada dasarnya, proses coak ini tidak terlalu sulit dikerjakan. Malahan Anda bisa menggunakan peralatan tukang yang sederhana. Hanya saja dibutuhkan keahlian dan ketelitian saat mengoperasikan alat-alat tersebut agar hasil potongannya tampak rapi. Biar Anda tidak bingung, silakan coba panduan coak body motor ala Pyurio di bawah ini! Alat dan Bahan yang harus disiapkan : Gergaji besi Gergaji tripleks Bor tangan Selotip Spidol Penggaris Jangka Ampelas halus Langkah-langkah memotong body motor : Buatlah sketsa yang menggambarkan pola pemotongan pada body motor terle...

Seperti Ini Cara Setel Pelek Jari-jari Sepeda Motor

Bagaimana caranya menyetel pelek jari-jari sepeda motor? Kepopuleran pelek jari-jari di kalangan penggemar kendaraan bermotor kini kembali meningkat. Pasalnya, pelek ini dinilai mempunyai tampilan tersendiri yang lain daripada pelek racing. Apalagi pelek ruji ini juga bisa digunakan dalam setiap modifikasi motor dengan tema apapun. Sebelum menyetel pelek jari-jari motor, Anda perlu memperhatikan faktor-faktor persiapannya terlebih dahulu sebagai berikut : Selalu pilih pelek sepeda motor dengan spesifikasi yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Pelek yang kuat ditandai dari bentuknya yang standar, baik U shape maupun E shape. Jika Anda memiliki kocek yang berlebih, gunakanlah pelek yang telah diakui kualitasnya secara internasional. Gunakan tromol yang asli sesuai dengan standar dari pabrikan motor tersebut. Hal ini disebabkan tromol asli memiliki bentuk yang lebih presisi sehingga akan mempermudah Anda dalam menyetel jari-jari pelek. Di samping itu, tromol asli juga terbukti lebi...