Langsung ke konten utama

Tips Lengkap Merawat Knalpot Sepeda Motor yang Benar

Apakah anda membutuhkan tips merawat knalpot sepeda motor yang benar? Fungsi knalpot pada sepeda motor adalah sebagai penopang tenaga yang dihasilkan oleh mesin dan sebagai saluran pembuangan gas sisa hasil pembakaran mesin. Dari segi desain, keberadaan knalpot juga berguna untuk menunjang daya tarik dari penampilan kendaraan tersebut. Oleh karena itu, knalpot harus dirawat dengan langkah-langkah yang benar agar tingkat keawetannya terjaga.
Di sisi lain, knalpot yang rusak dan bocor akan mengganggu tenaga yang dihasilkan mesin dan mengakibatkan kendaraan tersebut menjadi boros bahan bakar. Beberapa faktor penyebab timbulnya kerusakan pada knalpot antara lain perawatan yang keliru, tingkat keasaman air, dan usia pakai. Nah, agar knalpot sepeda motor anda tetap awet, ikuti tips-tips di bawah ini :

Lumasi Leher Knalpot Menggunakan Oli Seminggu Sekali
Perlu diketahui, leher knalpot adalah bagian knalpot yang rentan dan gampang berkarat. Selain karena terletak di bawah sehingga mudah kotor, leher knalpot juga sering tersembur gas buang bersuhu panas yang dikeluarkan mesin. Biar leher knalpot ini tidak berkarat, caranya bersihkan memakai air lalu kuaskan oli secara merata. Kemudian nyalakan mesin sepeda motor selama 2-3 menit agar oli menguap sehingga kandungan garam dan zat asam yang menempel di leher knalpot ternetralisir. Lakukan langkah ini paling tidak setiap seminggu sekali.
Hilangkan Karat di Knalpot Sesegera Mungkin
Apabila terdapat karat di salah satu bagian knalpot, segeralah hilangkan karat tersebut. Pasalnya, adanya karat pada sepeda motor yang dibiarkan begitu saja akan semakin menggerus knalpot tersebut dan ukurannya terus melebar. Agar tidak semakin memperlemah struktur knalpot, pembersihan karat yang benar adalah menggunakan sikat kawat bukan kikir. Setelah penyikatan knalpot rampung, anda bisa membilasnya dengan air bersih dan mengolesi oli. Terakhir, panaskan mesin selama 2-3 menit guna menguapkan oli yang menempel di knalpot tadi.
Tuangkan Oli ke Mulut dan Bagian Dalam Pipa Knalpot
Meskipun bagian dalam pipa knalpot jarang bermasalah, tidak menutup kemungkinan bagian ini kemasukan embun dan debu yang bisa menimbulkan keropos. Itu sebabnya, perawatan rongga knalpot ini juga tetap harus dilakukan khususnya pada bagian mulut atau ujung knalpot. Adapun caranya adalah anda bisa mengolesi bagian tersebut menggunakan pelumas oli secara merata. Jangan lupa tuangkan juga oli secukupnya ke dalam lubang knalpot tersebut. Tunggu beberapa saat agar oli mengalir ke dalam knalpot dan nyalakan sepeda motor selama 2-3 menit supaya kondisinya kembali netral.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Mengisi/Menambah Angin Ban di SPBU

Bagaimana cara mengisi/menambah angin ban di SPBU? Ban berperan penting dalam menjamin keamanan dan kenyamanan kendaraan bermotor. Itulah kenapa tekanan angin di dalam ban harus senantiasa dijaga. Idealnya tekanan angin pada sepeda motor 29 psi, mobil 32 psi, dan truk 40-50 psi. Beruntung saat ini sudah banyak SPBU (Stasiun Pengisian Bahan bakar Umum) di Indonesia yang memberikan fasilitas pengisian angin ban secara cuma-cuma. Tentu saja hal ini sangat membantu bagi para rider yang kebetulan mampir ke pom bensin tersebut. Mengingat layanan ini bersifat gratis, Anda harus mengoperasikan mesin pompa angin sendiri. Tapi bagaimana cara menggunakannya ya? Nah, berikut ini merupakan tata cara menggunakan kompresor angin yang biasanya terdapat di SPBU : Letakkan kendaraan Anda di samping mesin pompa angin. Tidak perlu terlalu dekat asalkan selang kompresor mampu menjangkau seluruh roda kendaraan. Khusus untuk sepeda motor , posisikan kendaraan bertumpu pada standar tengah sehingga An

Langkah-langkah Cara Coak Body Motor yang Benar

Bagaimana cara coak body motor yang benar? Coak adalah suatu istilah dalam modifikasi sepeda motor yang menyatakan proses pemotongan body kendaraan. Teknik ini biasanya diterapkan di dalam konsep modifikasi yang bergaya drag look dan street racing. Dengan memotong beberapa bagian body yang terdapat pada sepeda motor , maka tampilan kendaraan secara keseluruhan pun akan menjadi semakin keren. Pada dasarnya, proses coak ini tidak terlalu sulit dikerjakan. Malahan Anda bisa menggunakan peralatan tukang yang sederhana. Hanya saja dibutuhkan keahlian dan ketelitian saat mengoperasikan alat-alat tersebut agar hasil potongannya tampak rapi. Biar Anda tidak bingung, silakan coba panduan coak body motor ala Pyurio di bawah ini! Alat dan Bahan yang harus disiapkan : Gergaji besi Gergaji tripleks Bor tangan Selotip Spidol Penggaris Jangka Ampelas halus Langkah-langkah memotong body motor : Buatlah sketsa yang menggambarkan pola pemotongan pada body motor terle

Langkah-langkah Melepas dan Memasang Roda Mobil

Bagaimana langkah-langkah untuk melepas dan memasang roda mobil? Mobil adalah kendaraan darat yang digerakkan oleh mesin, beroda empat, dan biasanya menggunakan bahan bakar minyak untuk menghidupkan mesinnya. Ada kalanya kita ingin melepas dan atau memasang roda mobil untuk keperluan tertentu. Sebelum proses pelepasan/pemasangan roda mobil tersebut dimulai, Anda wajib memperhatikan prosedur keselamatan kerja terlebih dahulu. Di antaranya : Pastikan mengerjakannya di tempat yang memiliki permukaan lantai yang rata Gunakan alat-alat sebagaimana fungsinya Selalu kenakan pakaian penunjang keamanan untuk melindungi diri Untuk mempermudah pengerjaannya, sebaiknya kendurkan mur-mur yang membalut roda terlebih dahulu sebelum mobil didongkrak. Perhatikan seluruh bagian momen pengencangan baut dengan seksama. Selalu gunakan kunci momen pada saat melaksanakan pekerjaan ini. Begitupun ketika mendongkrak dan menopang mobil, disarankan untuk melakukannya di tempat yang berpermukaan rata s