Apakah anda membutuhkan tips merawat knalpot sepeda motor yang benar? Fungsi knalpot pada sepeda motor adalah sebagai penopang tenaga yang dihasilkan oleh mesin dan sebagai saluran pembuangan gas sisa hasil pembakaran mesin. Dari segi desain, keberadaan knalpot juga berguna untuk menunjang daya tarik dari penampilan kendaraan tersebut. Oleh karena itu, knalpot harus dirawat dengan langkah-langkah yang benar agar tingkat keawetannya terjaga.
Di sisi lain, knalpot yang rusak dan bocor akan mengganggu tenaga yang dihasilkan mesin dan mengakibatkan kendaraan tersebut menjadi boros bahan bakar. Beberapa faktor penyebab timbulnya kerusakan pada knalpot antara lain perawatan yang keliru, tingkat keasaman air, dan usia pakai. Nah, agar knalpot sepeda motor anda tetap awet, ikuti tips-tips di bawah ini :
Lumasi Leher Knalpot Menggunakan Oli Seminggu Sekali
Perlu diketahui, leher knalpot adalah bagian knalpot yang rentan dan gampang berkarat. Selain karena terletak di bawah sehingga mudah kotor, leher knalpot juga sering tersembur gas buang bersuhu panas yang dikeluarkan mesin. Biar leher knalpot ini tidak berkarat, caranya bersihkan memakai air lalu kuaskan oli secara merata. Kemudian nyalakan mesin sepeda motor selama 2-3 menit agar oli menguap sehingga kandungan garam dan zat asam yang menempel di leher knalpot ternetralisir. Lakukan langkah ini paling tidak setiap seminggu sekali.
Hilangkan Karat di Knalpot Sesegera Mungkin
Apabila terdapat karat di salah satu bagian knalpot, segeralah hilangkan karat tersebut. Pasalnya, adanya karat pada sepeda motor yang dibiarkan begitu saja akan semakin menggerus knalpot tersebut dan ukurannya terus melebar. Agar tidak semakin memperlemah struktur knalpot, pembersihan karat yang benar adalah menggunakan sikat kawat bukan kikir. Setelah penyikatan knalpot rampung, anda bisa membilasnya dengan air bersih dan mengolesi oli. Terakhir, panaskan mesin selama 2-3 menit guna menguapkan oli yang menempel di knalpot tadi.
Tuangkan Oli ke Mulut dan Bagian Dalam Pipa Knalpot
Meskipun bagian dalam pipa knalpot jarang bermasalah, tidak menutup kemungkinan bagian ini kemasukan embun dan debu yang bisa menimbulkan keropos. Itu sebabnya, perawatan rongga knalpot ini juga tetap harus dilakukan khususnya pada bagian mulut atau ujung knalpot. Adapun caranya adalah anda bisa mengolesi bagian tersebut menggunakan pelumas oli secara merata. Jangan lupa tuangkan juga oli secukupnya ke dalam lubang knalpot tersebut. Tunggu beberapa saat agar oli mengalir ke dalam knalpot dan nyalakan sepeda motor selama 2-3 menit supaya kondisinya kembali netral.
Komentar
Posting Komentar