Langsung ke konten utama

3 Cara Mencegah Sepeda Motor Berkarat Akibat Air

Bagaimana cara mencegah sepeda motor berkarat akibat air? Mengingat bahannya yang didominasi oleh penggunaan besi, sepeda motor rentan sekali berkarat. Tidak hanya air hujan, namun juga air-air yang lainnya pun bisa memicu timbulnya karat pada kendaraan kesayangan anda.
Merawat sepeda motor dengan mencucinya sampai bersih adalah agenda wajib yang harus dilakukan oleh semua pemilik kendaraan bermotor. Di samping itu, anda juga perlu melakukan kiat-kiat perawatan seperti berikut ini guna mencegah kendaraan mengalami korosi!

1. Kuras Tangki Bahan Bakar
Menguras tangki bahan bakar berfungsi untuk mensterilkan kembali kondisi di dalamnya. Bukan tidak mungkin selama pemakaian kendaraan, ada sedikit air yang masuk ke dalam tangki dan bisa menyebabkan korosi. Lebih-lebih jika sepeda motor anda jarang diisi bensi sampai penuh, potensi tangki berkarat pun semakin bertambah besar. Untuk mencegah terjadinya hal ini, kuraslah tangki bahan bakar setiap jarak tempuh antara 15.000-20.000 km.
2. Rutin Mengganti Busi
Busi juga termasuk komponen motor yang rentan mengalami korosi. Secara kasat mata, busi yang berkarat akan terlihat baik-baik saja. Akan tetapi, sebenarnya karat yang menyelubungi busi tersebut dapat mengurangi kinerja busi dan memperlemah percikan apinya. Untuk itu, disarankan mengganti busi lama dengan busi yang baru ketika sepeda motor anda sudah melalui jarak 8.000 km.
3. Periksa Konektor dan Sakelar
Sistem kelistrikan sepeda motor seperti konektor dan sakelar juga berpotensi diserang korosi. Apabila berkarat, maka fungsi konektor dan sakelar tersebut pun menjadi tidak optimal. Misalnya lampu sein akan terus hidup atau lampu depan yang tidak bisa menyala sama sekali. Solusinya, anda cukup menyemprot komponen-komponen sistem kelistrikan ini dengan cairan antikarat secara teratur.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Mengisi/Menambah Angin Ban di SPBU

Bagaimana cara mengisi/menambah angin ban di SPBU? Ban berperan penting dalam menjamin keamanan dan kenyamanan kendaraan bermotor. Itulah kenapa tekanan angin di dalam ban harus senantiasa dijaga. Idealnya tekanan angin pada sepeda motor 29 psi, mobil 32 psi, dan truk 40-50 psi. Beruntung saat ini sudah banyak SPBU (Stasiun Pengisian Bahan bakar Umum) di Indonesia yang memberikan fasilitas pengisian angin ban secara cuma-cuma. Tentu saja hal ini sangat membantu bagi para rider yang kebetulan mampir ke pom bensin tersebut. Mengingat layanan ini bersifat gratis, Anda harus mengoperasikan mesin pompa angin sendiri. Tapi bagaimana cara menggunakannya ya? Nah, berikut ini merupakan tata cara menggunakan kompresor angin yang biasanya terdapat di SPBU : Letakkan kendaraan Anda di samping mesin pompa angin. Tidak perlu terlalu dekat asalkan selang kompresor mampu menjangkau seluruh roda kendaraan. Khusus untuk sepeda motor , posisikan kendaraan bertumpu pada standar tengah sehingga An

Langkah-langkah Cara Coak Body Motor yang Benar

Bagaimana cara coak body motor yang benar? Coak adalah suatu istilah dalam modifikasi sepeda motor yang menyatakan proses pemotongan body kendaraan. Teknik ini biasanya diterapkan di dalam konsep modifikasi yang bergaya drag look dan street racing. Dengan memotong beberapa bagian body yang terdapat pada sepeda motor , maka tampilan kendaraan secara keseluruhan pun akan menjadi semakin keren. Pada dasarnya, proses coak ini tidak terlalu sulit dikerjakan. Malahan Anda bisa menggunakan peralatan tukang yang sederhana. Hanya saja dibutuhkan keahlian dan ketelitian saat mengoperasikan alat-alat tersebut agar hasil potongannya tampak rapi. Biar Anda tidak bingung, silakan coba panduan coak body motor ala Pyurio di bawah ini! Alat dan Bahan yang harus disiapkan : Gergaji besi Gergaji tripleks Bor tangan Selotip Spidol Penggaris Jangka Ampelas halus Langkah-langkah memotong body motor : Buatlah sketsa yang menggambarkan pola pemotongan pada body motor terle

Langkah-langkah Melepas dan Memasang Roda Mobil

Bagaimana langkah-langkah untuk melepas dan memasang roda mobil? Mobil adalah kendaraan darat yang digerakkan oleh mesin, beroda empat, dan biasanya menggunakan bahan bakar minyak untuk menghidupkan mesinnya. Ada kalanya kita ingin melepas dan atau memasang roda mobil untuk keperluan tertentu. Sebelum proses pelepasan/pemasangan roda mobil tersebut dimulai, Anda wajib memperhatikan prosedur keselamatan kerja terlebih dahulu. Di antaranya : Pastikan mengerjakannya di tempat yang memiliki permukaan lantai yang rata Gunakan alat-alat sebagaimana fungsinya Selalu kenakan pakaian penunjang keamanan untuk melindungi diri Untuk mempermudah pengerjaannya, sebaiknya kendurkan mur-mur yang membalut roda terlebih dahulu sebelum mobil didongkrak. Perhatikan seluruh bagian momen pengencangan baut dengan seksama. Selalu gunakan kunci momen pada saat melaksanakan pekerjaan ini. Begitupun ketika mendongkrak dan menopang mobil, disarankan untuk melakukannya di tempat yang berpermukaan rata s