Langsung ke konten utama

Inilah Penyebab Aki Sepeda Motor Cepat Rusak

Apakah penyebab aki sepeda motor cepat rusak? Fungsi utama aki pada kendaraan roda dua adalah menyimpan energi listrik yang dibutuhkan untuk menyalakan elektrik starter, lampu, klakson, dan lain-lain. Mengingat kegunaannya yang penting tersebut, aki harus dirawat dengan baik supaya tidak cepat turun daya. Aki yang tekor akan mengakibatkan sistem kelistrikan sepeda motor tidak dapat berfungsi sebagaimana mestinya.
Tapi, tahukah anda apa saja hal-hal yang bisa merusak aki sepeda motor?
1. Pemasangan Klakson yang Sembarangan
Penyebab pertama terjadinya kerusakan pada aki adalah pemasangan klakson yang dilakukan secara asal-asalan. Dengan maksud untuk menyaringkan bunyinya, spesifikasi klakson yang digunakan tidak sesuai dengan tenaga yang dimiliki aki. Tentu saja, modifikasi seperti ini tidak dianjurkan karena piranti tersebut akan menguras habis energi yang tersimpan di aki dengan cepat.

2. Memasang Lampu Berjenis HID
Perlu diketahui, lampu HID memerlukan suplai listrik yang sangat besar untuk dapat menyala. Apabila kebutuhan listrik tersebut tidak dapat dicukupi aki dengan baik, akibatnya kondisi aki yang akan tekor. Oleh karena itu, penggantian lampu sepeda motor sebaiknya disesuaikan dengan spul pengisian baterai agar umur aki bisa bertahan lama.
3. Lampu Rem Menyala Terus
Lampu rem atau stop lamp kendaraan yang menyala terus meski tidak ditekan juga bisa merusak aki kendaraan secara perlahan-lahan. Hal ini biasanya disebabkan rusaknya komponen switch rem. Apabila tidak segera diperbaiki, bukan tidak mungkin arus listrik dari aki tersebut akan mengalir terus sampai terkuras habis.
4. Kendaraan Di-bore up
Bore up sepeda motor yang tidak diikuti upgrade komponen elektrik starter juga bisa menyebabkan aki menjadi tekor. Hal ini terjadi karena kompresi terlalu tinggi sehingga kerja elektrik starter semakin bertambah berat untuk memutar mesin. Jika hal tersebut terus dibiarkan, akibatnya aki pun mengalami kerusakan.
5. Kiprok Telah Rusak
Apabila kiprok sepeda motor anda rusak, maka aki akan mengalami overcharging atau sebaliknya. Maka dari itu, perlu dilakukan pengecekan kiprok secara berkala untuk memastikan pengisian listrik pada aki berjalan normal. Caranya yaitu nyalakan mesin antara 4000-5000 RPM, lalu cek tegangan pengisian. Aki yang baik akan memiliki tegangan pengisian berkisar 14-15 volt.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Mengisi/Menambah Angin Ban di SPBU

Bagaimana cara mengisi/menambah angin ban di SPBU? Ban berperan penting dalam menjamin keamanan dan kenyamanan kendaraan bermotor. Itulah kenapa tekanan angin di dalam ban harus senantiasa dijaga. Idealnya tekanan angin pada sepeda motor 29 psi, mobil 32 psi, dan truk 40-50 psi. Beruntung saat ini sudah banyak SPBU (Stasiun Pengisian Bahan bakar Umum) di Indonesia yang memberikan fasilitas pengisian angin ban secara cuma-cuma. Tentu saja hal ini sangat membantu bagi para rider yang kebetulan mampir ke pom bensin tersebut. Mengingat layanan ini bersifat gratis, Anda harus mengoperasikan mesin pompa angin sendiri. Tapi bagaimana cara menggunakannya ya? Nah, berikut ini merupakan tata cara menggunakan kompresor angin yang biasanya terdapat di SPBU : Letakkan kendaraan Anda di samping mesin pompa angin. Tidak perlu terlalu dekat asalkan selang kompresor mampu menjangkau seluruh roda kendaraan. Khusus untuk sepeda motor , posisikan kendaraan bertumpu pada standar tengah sehingga An

Langkah-langkah Cara Coak Body Motor yang Benar

Bagaimana cara coak body motor yang benar? Coak adalah suatu istilah dalam modifikasi sepeda motor yang menyatakan proses pemotongan body kendaraan. Teknik ini biasanya diterapkan di dalam konsep modifikasi yang bergaya drag look dan street racing. Dengan memotong beberapa bagian body yang terdapat pada sepeda motor , maka tampilan kendaraan secara keseluruhan pun akan menjadi semakin keren. Pada dasarnya, proses coak ini tidak terlalu sulit dikerjakan. Malahan Anda bisa menggunakan peralatan tukang yang sederhana. Hanya saja dibutuhkan keahlian dan ketelitian saat mengoperasikan alat-alat tersebut agar hasil potongannya tampak rapi. Biar Anda tidak bingung, silakan coba panduan coak body motor ala Pyurio di bawah ini! Alat dan Bahan yang harus disiapkan : Gergaji besi Gergaji tripleks Bor tangan Selotip Spidol Penggaris Jangka Ampelas halus Langkah-langkah memotong body motor : Buatlah sketsa yang menggambarkan pola pemotongan pada body motor terle

Langkah-langkah Melepas dan Memasang Roda Mobil

Bagaimana langkah-langkah untuk melepas dan memasang roda mobil? Mobil adalah kendaraan darat yang digerakkan oleh mesin, beroda empat, dan biasanya menggunakan bahan bakar minyak untuk menghidupkan mesinnya. Ada kalanya kita ingin melepas dan atau memasang roda mobil untuk keperluan tertentu. Sebelum proses pelepasan/pemasangan roda mobil tersebut dimulai, Anda wajib memperhatikan prosedur keselamatan kerja terlebih dahulu. Di antaranya : Pastikan mengerjakannya di tempat yang memiliki permukaan lantai yang rata Gunakan alat-alat sebagaimana fungsinya Selalu kenakan pakaian penunjang keamanan untuk melindungi diri Untuk mempermudah pengerjaannya, sebaiknya kendurkan mur-mur yang membalut roda terlebih dahulu sebelum mobil didongkrak. Perhatikan seluruh bagian momen pengencangan baut dengan seksama. Selalu gunakan kunci momen pada saat melaksanakan pekerjaan ini. Begitupun ketika mendongkrak dan menopang mobil, disarankan untuk melakukannya di tempat yang berpermukaan rata s