Langsung ke konten utama

Ini Posisi Mengendarai Sepeda Motor yang Baik dan Benar

Saat anda mengendarai sepeda motor, penting bagi anda untuk mempertahankan posisi tubuh yang baik dan benar supaya aman. Posisi tubuh yang salah tentu akan mengurangi tingkat kenyamanan dan keamanan saat berkendara. Bahkan bukan tidak mungkin anda bisa mengalami kecelakaan saat mengerem atau bermanuver jika keliru memposisikan tubuh selama berkendara.
Tujuan utama mempertahankan posisi yang ideal ketika mengendarai sepeda motor adalah untuk menjaga keseimbangan tubuh. Diharapkan jika anda sudah terbiasa memposisikan sikap berkendara yang tepat, maka keselamantan anda pun lebih terjamin. Nah, berikut ini adalah posisi-posisi angota tubuh yang benar dan harus dipertahankan ketika mengendarai sepeda motor!

  • Mata - Selama berkendara, mata harus melihat ke arah depan dan menangkap pandangan yang luas. Perhatikan dengan seksama kondisi jalan yang dilalui agar anda bisa mengantisipasi jika ada sesuatu yang mengejutkan. Hindari terlalu banyak melihat pemandangan di samping kiri dan kanan, terlebih menoleh ke belakang sangat dilarang.
  • Pundak - Pundak harus dibuat sesantai dan serileks mungkin. Sikap pundak yang terlalu tegang justru akan menyulitkan diri sendiri saat ingin bermanuver dan terasa kaku.
  • Siku - Posisi siku yang paling tepat adalah siku harus sedikit ditekuk. Apabila siku terlalu tegak, maka anda bakal kesulitan dalam menguasai laju kendaraan. Itu sebabnya, posisi tempat duduk yang diambil perlu disesuaikan dengan panjang siku.
  • Tangan - Cara memegang grip kemudi yang benar adalah memegangnya dengan santai, tidak terlalu kuat, dengan tiga jari memegang grip dan dua jari lainnya memegang rem. Sementara untuk tangan kiri juga menerapkan teknik penggenggaman serupa, terutama saat mengendarai sepeda motor matic dan sport.
  • Pinggul - Posisi pinggul juga memberikan pengaruh pada keamanan dan kenyamanan selama berkendara. Atur posisi pinggul dengan duduk senyaman mungkin dan memungkinkan anda tetap merasa rileks dalam berkendara.
  • Lutut - Lutut pengendara sepeda motor sport harus disejajarkan dengan leg shield dan menjepit tangki guna mempermudah berbelok. Sedangkan lutut pengendara motor matic tidak boleh mengenai bodi bagian depan sebab akan mengganggu ketika bermanuver dan berhenti. Lain lagi dengan pengendara sepeda motor bebek, lutut sebaiknya agak dirapatkan supaya gampang menginjak gigi dan rem.
  • Kaki - Saat kaki menginjak rem atau gigi, pandangan mata harus tetap bertumpu ke depan. Begitu pula bagi pengendara matic, ketika kaki menginjak bagasi tengah, pandangan wajib mengarah ke depan.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Mengisi/Menambah Angin Ban di SPBU

Bagaimana cara mengisi/menambah angin ban di SPBU? Ban berperan penting dalam menjamin keamanan dan kenyamanan kendaraan bermotor. Itulah kenapa tekanan angin di dalam ban harus senantiasa dijaga. Idealnya tekanan angin pada sepeda motor 29 psi, mobil 32 psi, dan truk 40-50 psi. Beruntung saat ini sudah banyak SPBU (Stasiun Pengisian Bahan bakar Umum) di Indonesia yang memberikan fasilitas pengisian angin ban secara cuma-cuma. Tentu saja hal ini sangat membantu bagi para rider yang kebetulan mampir ke pom bensin tersebut. Mengingat layanan ini bersifat gratis, Anda harus mengoperasikan mesin pompa angin sendiri. Tapi bagaimana cara menggunakannya ya? Nah, berikut ini merupakan tata cara menggunakan kompresor angin yang biasanya terdapat di SPBU : Letakkan kendaraan Anda di samping mesin pompa angin. Tidak perlu terlalu dekat asalkan selang kompresor mampu menjangkau seluruh roda kendaraan. Khusus untuk sepeda motor , posisikan kendaraan bertumpu pada standar tengah sehingga An

Langkah-langkah Cara Coak Body Motor yang Benar

Bagaimana cara coak body motor yang benar? Coak adalah suatu istilah dalam modifikasi sepeda motor yang menyatakan proses pemotongan body kendaraan. Teknik ini biasanya diterapkan di dalam konsep modifikasi yang bergaya drag look dan street racing. Dengan memotong beberapa bagian body yang terdapat pada sepeda motor , maka tampilan kendaraan secara keseluruhan pun akan menjadi semakin keren. Pada dasarnya, proses coak ini tidak terlalu sulit dikerjakan. Malahan Anda bisa menggunakan peralatan tukang yang sederhana. Hanya saja dibutuhkan keahlian dan ketelitian saat mengoperasikan alat-alat tersebut agar hasil potongannya tampak rapi. Biar Anda tidak bingung, silakan coba panduan coak body motor ala Pyurio di bawah ini! Alat dan Bahan yang harus disiapkan : Gergaji besi Gergaji tripleks Bor tangan Selotip Spidol Penggaris Jangka Ampelas halus Langkah-langkah memotong body motor : Buatlah sketsa yang menggambarkan pola pemotongan pada body motor terle

Langkah-langkah Melepas dan Memasang Roda Mobil

Bagaimana langkah-langkah untuk melepas dan memasang roda mobil? Mobil adalah kendaraan darat yang digerakkan oleh mesin, beroda empat, dan biasanya menggunakan bahan bakar minyak untuk menghidupkan mesinnya. Ada kalanya kita ingin melepas dan atau memasang roda mobil untuk keperluan tertentu. Sebelum proses pelepasan/pemasangan roda mobil tersebut dimulai, Anda wajib memperhatikan prosedur keselamatan kerja terlebih dahulu. Di antaranya : Pastikan mengerjakannya di tempat yang memiliki permukaan lantai yang rata Gunakan alat-alat sebagaimana fungsinya Selalu kenakan pakaian penunjang keamanan untuk melindungi diri Untuk mempermudah pengerjaannya, sebaiknya kendurkan mur-mur yang membalut roda terlebih dahulu sebelum mobil didongkrak. Perhatikan seluruh bagian momen pengencangan baut dengan seksama. Selalu gunakan kunci momen pada saat melaksanakan pekerjaan ini. Begitupun ketika mendongkrak dan menopang mobil, disarankan untuk melakukannya di tempat yang berpermukaan rata s