Langsung ke konten utama

3 Penyebab Knalpot Motor Bau Bensin

Apakah penyebab knalpot motor bau bensin? Pengguna awam pada umumnya tidak terlalu paham dengan kondisi sepeda motornya. Begitu pula ketika ada kerusakan yang terjadi pada sepeda motor tersebut, mereka tidak langsung mengetahuinya. Hal ini dikarenakan gejala awal kerusakan pada motor biasanya tidak terlalu kentara dan tidak serta merta membuat bagian mesinnya langsung mengalami kerusakan fatal. Anda perlu melakukan pengamatan secara seksama terlebih dahulu.

Untuk mendeteksi kerusakan yang terjadi pada mesin, Anda bisa memperhatikan kondisi gas buang yang dikeluarkan oleh knalpot. Anda cukup mengamati dan mengenali warna gas buang hasil pembakaran yang keluar dari knalpot sepeda motor. Caranya yaitu nyalakan mesin motor terlebih dahulu. Kemudian putar tuas gas motor dan tahan selama 2-5 detik. Lalu perhatikan gas buang hasil pembakaran. Dari warna dan bau gas tersebut, Anda bisa mengetahui apakah ada kerusakan pada motor ini atau tidak.

penyebab-knalpot-bau-bensin.jpg

Contohnya adalah kasus di mana gas buang sisa pembakaran mengeluarkan bau bensin. Dari sini kita dapat menebak bahwa ada sesuatu yang tidak beres dari motor Anda. Seharusnya bensin yang sudah terbakar sempurna tidak akan meninggalkan bau apapun. Jadi kalau knalpot motor berbau bensin, kemungkinan besarnya adalah proses pembakaran di ruang bakar tidak berlangsung secara sempurna. Pasti ada suatu masalah di ruang bakarnya. Akibatnya masih ada sisa bensin yang belum terbakar dan keluar melalui knalpot.

Berikut ini faktor-faktor yang mungkin bisa menjadi penyebab utamanya!

  1. Mulai dari penyebab yang paling sederhana ialah knalpot motor terkena tumpahan bensin baik secara sengaja maupun tidak. Kasus ini akan menyebabkan gas pada knalpot berbau bensin cukup menyengat. Anda bisa memeriksa permukaan knalpot untuk mengecek ada tidaknya tumpahan atau cipratan bensin di salah satu permukaannya.
  2. Penyebab kedua yaitu settingan karburator yang tidak pas. Kemungkinan besarnya adalah Anda mengatur penggunaan bensin yang lebih banyak daripada udara supaya motor bisa bergerak lebih cepat. Namun akibatnya motor pun menjadi boros bahan bakar dan tercium bau bensin samar-samar di asap knalpotnya. Silakan atur kembali untuk memperbaikinya.
  3. Terakhir adalah proses pembakaran pada sepeda motor tersebut tidak berlangsung secara sempurna. Hal ini menyebabkan ada bensin yang belum terbakar di ruang bakar dan mengalir keluar melalui knalpot. Anda harus memeriksa satu per satu kondisi semua komponen motor yang berhubungan dengan pembakaran. Gantilah komponen yang telah rusak.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Mengisi/Menambah Angin Ban di SPBU

Bagaimana cara mengisi/menambah angin ban di SPBU? Ban berperan penting dalam menjamin keamanan dan kenyamanan kendaraan bermotor. Itulah kenapa tekanan angin di dalam ban harus senantiasa dijaga. Idealnya tekanan angin pada sepeda motor 29 psi, mobil 32 psi, dan truk 40-50 psi. Beruntung saat ini sudah banyak SPBU (Stasiun Pengisian Bahan bakar Umum) di Indonesia yang memberikan fasilitas pengisian angin ban secara cuma-cuma. Tentu saja hal ini sangat membantu bagi para rider yang kebetulan mampir ke pom bensin tersebut. Mengingat layanan ini bersifat gratis, Anda harus mengoperasikan mesin pompa angin sendiri. Tapi bagaimana cara menggunakannya ya? Nah, berikut ini merupakan tata cara menggunakan kompresor angin yang biasanya terdapat di SPBU : Letakkan kendaraan Anda di samping mesin pompa angin. Tidak perlu terlalu dekat asalkan selang kompresor mampu menjangkau seluruh roda kendaraan. Khusus untuk sepeda motor , posisikan kendaraan bertumpu pada standar tengah sehingga An

Langkah-langkah Cara Coak Body Motor yang Benar

Bagaimana cara coak body motor yang benar? Coak adalah suatu istilah dalam modifikasi sepeda motor yang menyatakan proses pemotongan body kendaraan. Teknik ini biasanya diterapkan di dalam konsep modifikasi yang bergaya drag look dan street racing. Dengan memotong beberapa bagian body yang terdapat pada sepeda motor , maka tampilan kendaraan secara keseluruhan pun akan menjadi semakin keren. Pada dasarnya, proses coak ini tidak terlalu sulit dikerjakan. Malahan Anda bisa menggunakan peralatan tukang yang sederhana. Hanya saja dibutuhkan keahlian dan ketelitian saat mengoperasikan alat-alat tersebut agar hasil potongannya tampak rapi. Biar Anda tidak bingung, silakan coba panduan coak body motor ala Pyurio di bawah ini! Alat dan Bahan yang harus disiapkan : Gergaji besi Gergaji tripleks Bor tangan Selotip Spidol Penggaris Jangka Ampelas halus Langkah-langkah memotong body motor : Buatlah sketsa yang menggambarkan pola pemotongan pada body motor terle

Langkah-langkah Melepas dan Memasang Roda Mobil

Bagaimana langkah-langkah untuk melepas dan memasang roda mobil? Mobil adalah kendaraan darat yang digerakkan oleh mesin, beroda empat, dan biasanya menggunakan bahan bakar minyak untuk menghidupkan mesinnya. Ada kalanya kita ingin melepas dan atau memasang roda mobil untuk keperluan tertentu. Sebelum proses pelepasan/pemasangan roda mobil tersebut dimulai, Anda wajib memperhatikan prosedur keselamatan kerja terlebih dahulu. Di antaranya : Pastikan mengerjakannya di tempat yang memiliki permukaan lantai yang rata Gunakan alat-alat sebagaimana fungsinya Selalu kenakan pakaian penunjang keamanan untuk melindungi diri Untuk mempermudah pengerjaannya, sebaiknya kendurkan mur-mur yang membalut roda terlebih dahulu sebelum mobil didongkrak. Perhatikan seluruh bagian momen pengencangan baut dengan seksama. Selalu gunakan kunci momen pada saat melaksanakan pekerjaan ini. Begitupun ketika mendongkrak dan menopang mobil, disarankan untuk melakukannya di tempat yang berpermukaan rata s