4 Cara Alternatif Memperbaiki Knalpot yang Bocor

Permasalahan knalpot motor yang bocor biasanya disebabkan oleh packing di bagian lehernya yang mulai mengecil, penyok, gepeng, atau keropos. Hal ini mengakibatkan timbulnya celah pada klem yang menjepit packing tersebut. Sehingga gas buang yang dihasilkan oleh mesin pun tidak bisa mengalir lancar menuju ke bafel, defuser, dan filter karena sebagian ada yang keluar melalui celah tadi.

Sayangnya, sulit sekali untuk bisa mendeteksi kebocoran pada knalpot motor ini. Keluarnya gas buang memang sangat tipis sehingga susah dilihat maupun dirasakan. Begitupun dengan suara knalpot yang tidak begitu berubah dan penurunan tenaga motor yang juga tak terlalu drastis.

cara-mengatasi-knalpot-bocor.jpg

Jadi bagaimana cara untuk bisa mengetahui ada tidaknya kebocoran pada knalpot? Kita bisa merasakan power yang dihasilkan dari top speed menjadi kurang bertenaga karena turbulensi-nya kurang optimal dan gas buangnya terlalu los. Alhasil, pengendara motor harus meningkatkan bukaan hand grip-nya sehingga konsumsi bahan bakar pun kian bertambah.

Solusi yang paling mudah untuk memperbaiki masalah ini yaitu mengganti bagian packing leher knalpot stainless steel dengan yang baru. Sebaiknya pilih packing leher model ring spy berbahan almu sehingga ketika leher tersebut dipasang dan klem dikencangkan, bagian packing akan lebih mudah tersambung dengan rapat.

Nah, sebagai solusi alternatif dari permasalahan di atas, Pyurio mempunyai kiat-kiat jitu yang bisa Anda coba!

1. Alumunium Foil

Ternyata alumunium foil cukup handal dimanfaatkan untuk mengganjal paking knalpot karena tahan terhadap panas. Lipat kertas alumunium foil ini sehingga membentuk tali, kemudian bulatkan membentuk lingkaran. Pasang bulatan ini di antara bagian paking dan pipa knalpot sedemikian rupa.

2. Plastik Steel

Plastik steel juga bisa dipakai untuk menutupi kebocoran pada knalpot motor. Caranya aplikasikanlah bahan ini tepat pada bagian knalpot yang bocor. Jangan khawatir kalau bekas tambalan ini tidak dapat dibersihkan, sebab Anda tetap bisa menghilangkannya dengan mencongkel sedikit saja.

3. Lem Besi

Anda bisa menemukan lem besi dengan mudah di toko-toko bangunan terdekat. Sebelum lem diterapkan, pastikan permukaan knalpot yang akan dilem benar-benar kering terlebih dahulu. Berikutnya campurkan lem hitam dan lem putih secara merata, kemudian tempelkan segera pada bidang yang bocor. Agar hasilnya lebih maksimal, Anda bisa meratakan lapisan lem tersebut memakai tangan. Tunggu beberapa saat sampai lem mengering.

4. Seal Tape Alumunium

Seal tape alumunium alias plester penambal alumunium yang biasanya digunakan untuk memperbaiki kebocoran pada atap, wajan, panci, dan sebagainya juga ampuh diandalkan untuk mengatasi masalah knalpot yang bocor. Lebih bagus lagi bila Anda berhasil mendapatkan Aluminium Muffler Tape yang memang dibuat khusus untuk menambal knalpot. Untuk memasangnya, lepas kertas penutup perekat yang ada di belakang lembaran alumunium ini terlebih dahulu. Setelah itu, tempelkan lembaran tersebut tepat pada lubang yang ada di knalpot untuk menutupinya. Lalu nyalakan sepeda motor selama 25-30 menit supaya Aluminium Muffler Tape ini terkena panas yang tinggi sehingga akan merekat secara permanen.

1 Response to "4 Cara Alternatif Memperbaiki Knalpot yang Bocor"

  1. Bs gak seal tape alumunium wat nambal knalpot bahan carbon yg bocor krn retak/pecah?

    BalasHapus