Langsung ke konten utama

Agar Mengkilap, Nih Cara Merawat Krom Sepeda Motor

Bagaimana caranya merawat lapisan krom sepeda motor agar mengkilap? Krom merupakan bahan yang dapat memantulkan cahaya. Penerapan lapisan krom pada suatu permukaan mampu menimbulkan kilauan. Sehingga krom sering digunakan sebagai pelapis sepeda motor agar memunculkan kesan mewah dan berkelas tinggi.
Memang benar, penambahan lapisan krom dapat menciptakan kesan glamor. Tetapi bahan ini rentan sekali terkena oksidasi. Apalagi jika pemilik motor tidak begitu rajin dalam merawat dan membersihkan tunggangan besinya. Kalau sudah begini, bukan tidak mungkin bagian tersebut akan berkarat dan tidak sedap dipandang mata.

Di bawah ini merupakan saran perawatan pada komponen sepeda motor yang dilapisi krom seperti blok mesin, setang, dan shock breaker.
Alat dan Bahan :
  • Oxal zuur (pembersih keramik)
  • Air
  • Kuas
  • Sabun deterjen
  • Minyak tanah
  • Pembersih krom
Langkah-langkah :
  1. Campurkan oxal zuur dan air dengan perbandingan sesuai kemasan. Bahan pembersih keramik diklaim dapat mengkilapkan kembali permukaan benda yang licin.
  2. Lalu gunakan kuas untuk mengoleskan campuran tadi ke komponen sepeda motor yang berlapis krom. Hati-hati saat menguaskannya jangan sampai terkena kulit atau cat motor. Biarkan selama 30 menit.
  3. Berikutnya anda bisa membersihkan lapisan krom memakai air sabun. Agar pembersihan lebih efektif, anda juga dapat menambahkan sedikit minyak tanah. Cuci hingga bersih komponen berlapis krom tersebut.
  4. Jika kilau krom sepeda motor dinilai kurang bersinar, anda bisa mengoleskannya sekali lagi dengan bahan pembersih khusus krom seperti brasso dan autosol. Namun karena sifat bahan ini sangat keras, kerjakan dengan rapi dan teliti supaya tidak merusak komponen lain.
Kini, sepeda motor milik anda pun bersih bersinar seperti baru lagi. Selamat mencoba.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Mengisi/Menambah Angin Ban di SPBU

Bagaimana cara mengisi/menambah angin ban di SPBU? Ban berperan penting dalam menjamin keamanan dan kenyamanan kendaraan bermotor. Itulah kenapa tekanan angin di dalam ban harus senantiasa dijaga. Idealnya tekanan angin pada sepeda motor 29 psi, mobil 32 psi, dan truk 40-50 psi. Beruntung saat ini sudah banyak SPBU (Stasiun Pengisian Bahan bakar Umum) di Indonesia yang memberikan fasilitas pengisian angin ban secara cuma-cuma. Tentu saja hal ini sangat membantu bagi para rider yang kebetulan mampir ke pom bensin tersebut. Mengingat layanan ini bersifat gratis, Anda harus mengoperasikan mesin pompa angin sendiri. Tapi bagaimana cara menggunakannya ya? Nah, berikut ini merupakan tata cara menggunakan kompresor angin yang biasanya terdapat di SPBU : Letakkan kendaraan Anda di samping mesin pompa angin. Tidak perlu terlalu dekat asalkan selang kompresor mampu menjangkau seluruh roda kendaraan. Khusus untuk sepeda motor , posisikan kendaraan bertumpu pada standar tengah sehingga An...

Langkah-langkah Cara Coak Body Motor yang Benar

Bagaimana cara coak body motor yang benar? Coak adalah suatu istilah dalam modifikasi sepeda motor yang menyatakan proses pemotongan body kendaraan. Teknik ini biasanya diterapkan di dalam konsep modifikasi yang bergaya drag look dan street racing. Dengan memotong beberapa bagian body yang terdapat pada sepeda motor , maka tampilan kendaraan secara keseluruhan pun akan menjadi semakin keren. Pada dasarnya, proses coak ini tidak terlalu sulit dikerjakan. Malahan Anda bisa menggunakan peralatan tukang yang sederhana. Hanya saja dibutuhkan keahlian dan ketelitian saat mengoperasikan alat-alat tersebut agar hasil potongannya tampak rapi. Biar Anda tidak bingung, silakan coba panduan coak body motor ala Pyurio di bawah ini! Alat dan Bahan yang harus disiapkan : Gergaji besi Gergaji tripleks Bor tangan Selotip Spidol Penggaris Jangka Ampelas halus Langkah-langkah memotong body motor : Buatlah sketsa yang menggambarkan pola pemotongan pada body motor terle...

Seperti Ini Cara Setel Pelek Jari-jari Sepeda Motor

Bagaimana caranya menyetel pelek jari-jari sepeda motor? Kepopuleran pelek jari-jari di kalangan penggemar kendaraan bermotor kini kembali meningkat. Pasalnya, pelek ini dinilai mempunyai tampilan tersendiri yang lain daripada pelek racing. Apalagi pelek ruji ini juga bisa digunakan dalam setiap modifikasi motor dengan tema apapun. Sebelum menyetel pelek jari-jari motor, Anda perlu memperhatikan faktor-faktor persiapannya terlebih dahulu sebagai berikut : Selalu pilih pelek sepeda motor dengan spesifikasi yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Pelek yang kuat ditandai dari bentuknya yang standar, baik U shape maupun E shape. Jika Anda memiliki kocek yang berlebih, gunakanlah pelek yang telah diakui kualitasnya secara internasional. Gunakan tromol yang asli sesuai dengan standar dari pabrikan motor tersebut. Hal ini disebabkan tromol asli memiliki bentuk yang lebih presisi sehingga akan mempermudah Anda dalam menyetel jari-jari pelek. Di samping itu, tromol asli juga terbukti lebi...