Butuh petunjuk dasar cara menyetel karburator sepeda motor? Setting karburator bertujuan untuk mengatur jumlah campuran udara dan bensin supaya ideal untuk pembakaran di ruang bakar. Caranya yaitu menyetel ketinggian jarum skep dan pembukaan saluran udara dengan mengendurkan baut penyetel.
Agar lebih aman, proses pengaturan karburator sebaiknya diawali dengan membersihkannya terlebih dahulu. Kemudian nyalakan mesin sepeda motor selama beberapa saat untuk mendapatkan suhu kerja mesin yang ideal. Mesin yang hidup juga memungkinkan pelumas bisa mengalir dan melapisi seluruh bagian mesin.
Di bawah ini petunjuk dasar langkah-langkah menyetel karburator sepeda motor selengkapnya :
1. Kencangkan Baut Penyetel RPM
Kencangkan bau penyetel pada karburator sepeda motor dengan memutarnya secara perlahan. Sembari baut diputar, rasakan putaran mesin akan semakin naik dan suaranya pun terdengar semakin keras. Perlu diperhatikan, jangan mengencangkan baut penyetel sekep ini hingga penuh melainkan cukup seperlunya saja. Tentu hal tersebut dimaksudkan supaya mesin tidak dipaksa bekerja terlalu keras.
2. Kencangkan Baut Penyetel Udara
Selanjutnya adalah mengencangkan baut penyetel udara untuk menutup saluran udara. Caranya yaitu memutar baut tersebut ke arah pengencangan. Perhatikan bahwa ketika anda menutup saluran udara maka RPM mesin akan menurun. Jadi sambil menyetel baut, jangan sampai mesin sepeda motor mati mendadak. Apabila mesin akan mati, kencangkan kembali baut penyetel RPM. Lakukan hingga baut penyetel udara ini benar-benar menutupi saluran udara.
3. Kendurkan Sedikit Baut Penyetel Udara
Mungkin anda bertanya-tanya mengapa tadi baut penyetel udara dikencangkan, lalu sekarang dikendurkan lagi? Hal ini dimaksudkan untuk mendapatkan porsi udara yang pas ke dalam ruang pembakaran. Putar baut penyetel udara ke arah pengenduran sembari mendengarkan suara putaran mesin. Dengarkan dengan seksama bahwa suara mesin akan semakin naik seiring anda mengendorkan baut udaranya. Kendorkan terus untuk mengamati suaranya sampai anda mendapatkan suara mesin yang kembali turun. Ingat suara-suara mesin tersebut karena akan digunakan dalam tahap selanjutnya.
4. Tentukan Penyetelan yang Tepat
Ada dua macam penyetelan karburator yang dapat dipakai yakni penyetelan basah dan penyetelan kering. Penyetelan basah dilakukan dengan memutar baut udara sampai mendapatkan suara mesin yang terkencang. Sedangkan penyetelan kering dikerjakan hingga suara mesin mencapai sesaat sebelum putaran yang paling keras.
5. Dapatkan Putaran Langsam
Setelah anda berhasil memposikan baut udara di kedudukan yang diinginkan, langkah selanjutnya adalah mengatur posisi baut penyetel sekep guna mendapatkan putaran langsam dari mesin sepeda motor. Dengan demikian, kendaraan roda dua kesayangan anda pun mampu melaju kencang tanpa membuang-buang bahan bakar. Selamat mencobanya sendiri.
Komentar
Posting Komentar