Langsung ke konten utama

Petunjuk Dasar Cara Menyetel Karburator Sepeda Motor

Butuh petunjuk dasar cara menyetel karburator sepeda motor? Setting karburator bertujuan untuk mengatur jumlah campuran udara dan bensin supaya ideal untuk pembakaran di ruang bakar. Caranya yaitu menyetel ketinggian jarum skep dan pembukaan saluran udara dengan mengendurkan baut penyetel.
Agar lebih aman, proses pengaturan karburator sebaiknya diawali dengan membersihkannya terlebih dahulu. Kemudian nyalakan mesin sepeda motor selama beberapa saat untuk mendapatkan suhu kerja mesin yang ideal. Mesin yang hidup juga memungkinkan pelumas bisa mengalir dan melapisi seluruh bagian mesin.

Di bawah ini petunjuk dasar langkah-langkah menyetel karburator sepeda motor selengkapnya :
1. Kencangkan Baut Penyetel RPM
Kencangkan bau penyetel pada karburator sepeda motor dengan memutarnya secara perlahan. Sembari baut diputar, rasakan putaran mesin akan semakin naik dan suaranya pun terdengar semakin keras. Perlu diperhatikan, jangan mengencangkan baut penyetel sekep ini hingga penuh melainkan cukup seperlunya saja. Tentu hal tersebut dimaksudkan supaya mesin tidak dipaksa bekerja terlalu keras.
2. Kencangkan Baut Penyetel Udara
Selanjutnya adalah mengencangkan baut penyetel udara untuk menutup saluran udara. Caranya yaitu memutar baut tersebut ke arah pengencangan. Perhatikan bahwa ketika anda menutup saluran udara maka RPM mesin akan menurun. Jadi sambil menyetel baut, jangan sampai mesin sepeda motor mati mendadak. Apabila mesin akan mati, kencangkan kembali baut penyetel RPM. Lakukan hingga baut penyetel udara ini benar-benar menutupi saluran udara.
3. Kendurkan Sedikit Baut Penyetel Udara
Mungkin anda bertanya-tanya mengapa tadi baut penyetel udara dikencangkan, lalu sekarang dikendurkan lagi? Hal ini dimaksudkan untuk mendapatkan porsi udara yang pas ke dalam ruang pembakaran. Putar baut penyetel udara ke arah pengenduran sembari mendengarkan suara putaran mesin. Dengarkan dengan seksama bahwa suara mesin akan semakin naik seiring anda mengendorkan baut udaranya. Kendorkan terus untuk mengamati suaranya sampai anda mendapatkan suara mesin yang kembali turun. Ingat suara-suara mesin tersebut karena akan digunakan dalam tahap selanjutnya.
4. Tentukan Penyetelan yang Tepat
Ada dua macam penyetelan karburator yang dapat dipakai yakni penyetelan basah dan penyetelan kering. Penyetelan basah dilakukan dengan memutar baut udara sampai mendapatkan suara mesin yang terkencang. Sedangkan penyetelan kering dikerjakan hingga suara mesin mencapai sesaat sebelum putaran yang paling keras.
5. Dapatkan Putaran Langsam
Setelah anda berhasil memposikan baut udara di kedudukan yang diinginkan, langkah selanjutnya adalah mengatur posisi baut penyetel sekep guna mendapatkan putaran langsam dari mesin sepeda motor. Dengan demikian, kendaraan roda dua kesayangan anda pun mampu melaju kencang tanpa membuang-buang bahan bakar. Selamat mencobanya sendiri.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Mengisi/Menambah Angin Ban di SPBU

Bagaimana cara mengisi/menambah angin ban di SPBU? Ban berperan penting dalam menjamin keamanan dan kenyamanan kendaraan bermotor. Itulah kenapa tekanan angin di dalam ban harus senantiasa dijaga. Idealnya tekanan angin pada sepeda motor 29 psi, mobil 32 psi, dan truk 40-50 psi. Beruntung saat ini sudah banyak SPBU (Stasiun Pengisian Bahan bakar Umum) di Indonesia yang memberikan fasilitas pengisian angin ban secara cuma-cuma. Tentu saja hal ini sangat membantu bagi para rider yang kebetulan mampir ke pom bensin tersebut. Mengingat layanan ini bersifat gratis, Anda harus mengoperasikan mesin pompa angin sendiri. Tapi bagaimana cara menggunakannya ya? Nah, berikut ini merupakan tata cara menggunakan kompresor angin yang biasanya terdapat di SPBU : Letakkan kendaraan Anda di samping mesin pompa angin. Tidak perlu terlalu dekat asalkan selang kompresor mampu menjangkau seluruh roda kendaraan. Khusus untuk sepeda motor , posisikan kendaraan bertumpu pada standar tengah sehingga An

Langkah-langkah Cara Coak Body Motor yang Benar

Bagaimana cara coak body motor yang benar? Coak adalah suatu istilah dalam modifikasi sepeda motor yang menyatakan proses pemotongan body kendaraan. Teknik ini biasanya diterapkan di dalam konsep modifikasi yang bergaya drag look dan street racing. Dengan memotong beberapa bagian body yang terdapat pada sepeda motor , maka tampilan kendaraan secara keseluruhan pun akan menjadi semakin keren. Pada dasarnya, proses coak ini tidak terlalu sulit dikerjakan. Malahan Anda bisa menggunakan peralatan tukang yang sederhana. Hanya saja dibutuhkan keahlian dan ketelitian saat mengoperasikan alat-alat tersebut agar hasil potongannya tampak rapi. Biar Anda tidak bingung, silakan coba panduan coak body motor ala Pyurio di bawah ini! Alat dan Bahan yang harus disiapkan : Gergaji besi Gergaji tripleks Bor tangan Selotip Spidol Penggaris Jangka Ampelas halus Langkah-langkah memotong body motor : Buatlah sketsa yang menggambarkan pola pemotongan pada body motor terle

Langkah-langkah Melepas dan Memasang Roda Mobil

Bagaimana langkah-langkah untuk melepas dan memasang roda mobil? Mobil adalah kendaraan darat yang digerakkan oleh mesin, beroda empat, dan biasanya menggunakan bahan bakar minyak untuk menghidupkan mesinnya. Ada kalanya kita ingin melepas dan atau memasang roda mobil untuk keperluan tertentu. Sebelum proses pelepasan/pemasangan roda mobil tersebut dimulai, Anda wajib memperhatikan prosedur keselamatan kerja terlebih dahulu. Di antaranya : Pastikan mengerjakannya di tempat yang memiliki permukaan lantai yang rata Gunakan alat-alat sebagaimana fungsinya Selalu kenakan pakaian penunjang keamanan untuk melindungi diri Untuk mempermudah pengerjaannya, sebaiknya kendurkan mur-mur yang membalut roda terlebih dahulu sebelum mobil didongkrak. Perhatikan seluruh bagian momen pengencangan baut dengan seksama. Selalu gunakan kunci momen pada saat melaksanakan pekerjaan ini. Begitupun ketika mendongkrak dan menopang mobil, disarankan untuk melakukannya di tempat yang berpermukaan rata s