Langsung ke konten utama

Penyebab-penyebab Motor Berasap Hitam

Apakah penyebab motor berasap hitam? Para pemilik kendaraan bermotor pastinya ingin kendaraannya selalu dalam kondisi yang prima. Akan tetapi motor juga bisa mengalami kerusakan. Biasanya muncul gejala-gejala tertentu yang menandakan kalau motor sedang rusak. Lantas, apa arti dari keluarnya asap berwarna hitam dari dalam sepeda motor?

Sebenarnya ada dua faktor utama yang kerap mengakibatkan masalah tersebut. Faktor pertama yaitu sepeda motor mempunyai bahan bakar yang terlalu banyak. Hal ini membuat kapasitas bensin yang masuk dari pilot jet akan terhisap lebih banyak sehingga menimbulkan efek asam hitam sejak motor tidak digas. Sedangkan faktor kedua yakni adanya tumpukan karbon di dalam knalpot.

penyebab-motor-berasap-hitam.jpg

Dari kedua faktor utama penyebab timbulnya asap hitam dari dalam knalpot motor di atas, kita bisa membaginya lagi ke dalam enam kelompok antara lain :

Penyebab 1. Filter Udara Kotor

Sering kali pemilik sepeda motor tidak melakukan servis rutin terhadap kendaraannya. Akibatnya debu dan kotoran pun menumpuk di beberapa bagian motor yang penting. Apabila kotoran ini sampai memenuhi bagian filter udara, hal ini berakibat pada terjadinya penyumbatan di filter tersebut sehingga tidak dapat berfungsi dengan baik. Alhasil kapasitas udara yang masuk pun menjadi jauh berkurang akibat tertahan oleh kotoran tadi.

Penyebab 2. Setelah Langsam Keliru

Setelan langsam pada karburator harus dilakukan dengan tepat agar proses pembakaran dapat berlangsung secara sempurna. Namun karena usia pakai atau kesalahan dalam pengaturan mengakibatkan setelan langsam ini kurang tepat. Khususnya pada setelan udara yang terlalu kecil sehingga akan mengurangi jumlah udara yang masuk.

Penyebab 3. Lubang Main Jet Aus

Ausnya lubang yang terdapat pada main jet/slow jet juga dapat menyebabkan munculnya asap berwarna hitam dari motor. Hal ini dikarenakan lubang main jet yang aus akan membuat jumlah bahan bakar yang masuk ke ruang pembakaran menjadi semakin banyak. Jika Anda menemukan masalah ini, mau tidak mau Anda mesti mengganti bagian sepuyer dengan yang baru.

Penyebab 4. Busi Tak Layak Pakai

Pengendara yang masih awam umumnya belum terlalu mengerti betul komponen-komponen sepeda motor. Bahkan untuk busi yang notabene merupakan bagian yang paling sering diotak-atik pun mereka tidak mengetahuinya sama sekali. Akibatnya busi tidak mendapatkan perawatan apapun sehingga mengakibatkan kondisinya memburuk. Penggunaan busi yang sudah jelek ini akan mengurangi kesempurnaan proses pembakaran.

Penyebab 5. Klep IN Bocor

Penyebab kelima dari kasus motor yang berasap hitam bukan lain yaitu klep In sudah bocor. Apabila klep ini bocor, bahan bakar yang masuk ke ruang pembakaran pun menjadi tidak terkontrol dengan baik. Bahkan sering ditemukan bahan bakar lebih banyak masuk ke ruang bakar akibat dari bocornya klep in.

Penyebab 6. Tumpukan Kerak Karbon

Berkendara dengan hati-hati memang sangat direkomendasikan kepada seluruh pengguna jalan raya. Tetapi kalau Anda mengemudikan motor terlalu pelan dengan kecepatan maksimal sekitar 40-60 km/jam, lama-kelamaan kebiasaan ini akan menyebabkan timbulnya kerak karbon di dalam knalpot. Jika knalpot sudah terlanjur berkerak, Anda bisa mengikisnya dengan memacu motor lebih cepat atau membersihkannya secara manual.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Mengisi/Menambah Angin Ban di SPBU

Bagaimana cara mengisi/menambah angin ban di SPBU? Ban berperan penting dalam menjamin keamanan dan kenyamanan kendaraan bermotor. Itulah kenapa tekanan angin di dalam ban harus senantiasa dijaga. Idealnya tekanan angin pada sepeda motor 29 psi, mobil 32 psi, dan truk 40-50 psi. Beruntung saat ini sudah banyak SPBU (Stasiun Pengisian Bahan bakar Umum) di Indonesia yang memberikan fasilitas pengisian angin ban secara cuma-cuma. Tentu saja hal ini sangat membantu bagi para rider yang kebetulan mampir ke pom bensin tersebut. Mengingat layanan ini bersifat gratis, Anda harus mengoperasikan mesin pompa angin sendiri. Tapi bagaimana cara menggunakannya ya? Nah, berikut ini merupakan tata cara menggunakan kompresor angin yang biasanya terdapat di SPBU : Letakkan kendaraan Anda di samping mesin pompa angin. Tidak perlu terlalu dekat asalkan selang kompresor mampu menjangkau seluruh roda kendaraan. Khusus untuk sepeda motor , posisikan kendaraan bertumpu pada standar tengah sehingga An

Langkah-langkah Cara Coak Body Motor yang Benar

Bagaimana cara coak body motor yang benar? Coak adalah suatu istilah dalam modifikasi sepeda motor yang menyatakan proses pemotongan body kendaraan. Teknik ini biasanya diterapkan di dalam konsep modifikasi yang bergaya drag look dan street racing. Dengan memotong beberapa bagian body yang terdapat pada sepeda motor , maka tampilan kendaraan secara keseluruhan pun akan menjadi semakin keren. Pada dasarnya, proses coak ini tidak terlalu sulit dikerjakan. Malahan Anda bisa menggunakan peralatan tukang yang sederhana. Hanya saja dibutuhkan keahlian dan ketelitian saat mengoperasikan alat-alat tersebut agar hasil potongannya tampak rapi. Biar Anda tidak bingung, silakan coba panduan coak body motor ala Pyurio di bawah ini! Alat dan Bahan yang harus disiapkan : Gergaji besi Gergaji tripleks Bor tangan Selotip Spidol Penggaris Jangka Ampelas halus Langkah-langkah memotong body motor : Buatlah sketsa yang menggambarkan pola pemotongan pada body motor terle

Langkah-langkah Melepas dan Memasang Roda Mobil

Bagaimana langkah-langkah untuk melepas dan memasang roda mobil? Mobil adalah kendaraan darat yang digerakkan oleh mesin, beroda empat, dan biasanya menggunakan bahan bakar minyak untuk menghidupkan mesinnya. Ada kalanya kita ingin melepas dan atau memasang roda mobil untuk keperluan tertentu. Sebelum proses pelepasan/pemasangan roda mobil tersebut dimulai, Anda wajib memperhatikan prosedur keselamatan kerja terlebih dahulu. Di antaranya : Pastikan mengerjakannya di tempat yang memiliki permukaan lantai yang rata Gunakan alat-alat sebagaimana fungsinya Selalu kenakan pakaian penunjang keamanan untuk melindungi diri Untuk mempermudah pengerjaannya, sebaiknya kendurkan mur-mur yang membalut roda terlebih dahulu sebelum mobil didongkrak. Perhatikan seluruh bagian momen pengencangan baut dengan seksama. Selalu gunakan kunci momen pada saat melaksanakan pekerjaan ini. Begitupun ketika mendongkrak dan menopang mobil, disarankan untuk melakukannya di tempat yang berpermukaan rata s