Langsung ke konten utama

Kiat-kiat Mengatasi Motor Matic Kebanjiran

Apakah kiat-kiat yang perlu dilakukan ketika motor matic kebanjiran? Walaupun kondisi jalan di beberapa perkotaan sudah lumayan bagus, tetapi jalan tersebut masih menyimpan potensi merusak kendaraan bermotor. Salah satunya ialah banjir yang mudah terjadi di jalan raya akibat saluran air yang melengkapinya tidak berjalan dengan baik. Bagi beberapa pengendara motor yang nekat, banjir bukan sebuah kendala untuk melanjutkan perjalanan. Mereka lebih memilih menerjang banjir daripada memilih jalan lain yang lebih aman tetapi harus memutar.

Sepeda motor matic yang kebanjiran memiliki risiko mengalami kerusakan yang lebih besar dibandingkan dengan sepeda motor jenis bebek atau sport. Hal ini dikarenakan letak mesin pada motor tersebut berada di posisi yang lebih rendah sehingga air semakin gampang memasukinya. Jadi apabila motor kesayangan Anda terpaksa melintasi banjir yang memiliki ketinggian mencapai saringan udara, maka kemungkinan besar air dapat masuk ke bagian mesinnya.

sepeda-motor-matic-kebanjiran.jpg

Ada kiat-kiat yang harus dibiasakan untuk segera dilakukan manakala sepeda motor matic Anda kebanjiran. Apa saja?

  1. Jangan langsung menyalakan mesin kendaraan yang sudah kemasukan air. Hindari pula mencoba melakukan starter kendaraan khususnya menggunakan kick-starter sebab justru akan membengkokkan connecting rod-nya.
  2. Disarankan untuk melepaskan busi terlebih dahulu, lalu cobalah starter hanya bertujuan untuk mengeluarkan air dari ruang bakar. Biasanya air yang terjebak di dalam knalpot akan keluar melalui lubang pembuangan air yang sudah tersedia.
  3. Cek kondisi oli mesin apakah masih layak pakai atau sudah bercampur dengan air. Ciri-ciri oli yang telah terkena air yaitu warnanya berubah menjadi keputih-putihan. Kalau sudah begini, Anda harus menguras tangki oli sampai beberapa kali hingga benar-benar bebas dari air. Kemudian mengganti oli mesin tersebut dengan yang baru.
  4. Periksa pula kondisi box filter udara untuk memastikannya bersih dari air. Dalam kondisi yang darurat, komponen ini dapat dilepaskan untuk sementara waktu. Tetapi Anda harus segera menggantinya dengan box filter udara baru sebelum timbul masalah selanjutnya.
  5. Lihat ruang CVT dan pastikan tidak terdapat air di dalamnya. Caranya yakni lepaskan selang pembuangan CVT di bagian bawah serta copot juga filter CVT yang melengkapinya. Perlu diketahui, kondisi ruang ini wajib selalu kering untuk mencegah terjadinya selip pada belt CVT maupun korosi pada area CVT.
  6. Selanjutnya Anda bisa mengecek oli gear transmisi guna memastikannya tidak tercampur air. Anda cukup menguras oli tersebut dan memperhatikan warnanya. Jika warna oli gear tampak keputih-putihan seperti susu artinya oli tersebut sudah tercampur air. Oli gear transmisi yang bercampur air akan mengakibatkan timbulnya suara dengung dari bagian gear ratio.
  7. Berikanlah perawatan pada motor Anda secara menyeluruh. Dimulai dengan membersihkan busi dan mengeringkannya, menyetel ulang klep, membersihkan karburator, dan lain-lain. Setelah motor Anda sudah mau menyala lagi, jangan lupa memeriksa bagian kompresi gauge untuk memastikan bahwa tidak terjadi kebocoran terutama pada mesin motor matic tersebut.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Mengisi/Menambah Angin Ban di SPBU

Bagaimana cara mengisi/menambah angin ban di SPBU? Ban berperan penting dalam menjamin keamanan dan kenyamanan kendaraan bermotor. Itulah kenapa tekanan angin di dalam ban harus senantiasa dijaga. Idealnya tekanan angin pada sepeda motor 29 psi, mobil 32 psi, dan truk 40-50 psi. Beruntung saat ini sudah banyak SPBU (Stasiun Pengisian Bahan bakar Umum) di Indonesia yang memberikan fasilitas pengisian angin ban secara cuma-cuma. Tentu saja hal ini sangat membantu bagi para rider yang kebetulan mampir ke pom bensin tersebut. Mengingat layanan ini bersifat gratis, Anda harus mengoperasikan mesin pompa angin sendiri. Tapi bagaimana cara menggunakannya ya? Nah, berikut ini merupakan tata cara menggunakan kompresor angin yang biasanya terdapat di SPBU : Letakkan kendaraan Anda di samping mesin pompa angin. Tidak perlu terlalu dekat asalkan selang kompresor mampu menjangkau seluruh roda kendaraan. Khusus untuk sepeda motor , posisikan kendaraan bertumpu pada standar tengah sehingga An

Langkah-langkah Cara Coak Body Motor yang Benar

Bagaimana cara coak body motor yang benar? Coak adalah suatu istilah dalam modifikasi sepeda motor yang menyatakan proses pemotongan body kendaraan. Teknik ini biasanya diterapkan di dalam konsep modifikasi yang bergaya drag look dan street racing. Dengan memotong beberapa bagian body yang terdapat pada sepeda motor , maka tampilan kendaraan secara keseluruhan pun akan menjadi semakin keren. Pada dasarnya, proses coak ini tidak terlalu sulit dikerjakan. Malahan Anda bisa menggunakan peralatan tukang yang sederhana. Hanya saja dibutuhkan keahlian dan ketelitian saat mengoperasikan alat-alat tersebut agar hasil potongannya tampak rapi. Biar Anda tidak bingung, silakan coba panduan coak body motor ala Pyurio di bawah ini! Alat dan Bahan yang harus disiapkan : Gergaji besi Gergaji tripleks Bor tangan Selotip Spidol Penggaris Jangka Ampelas halus Langkah-langkah memotong body motor : Buatlah sketsa yang menggambarkan pola pemotongan pada body motor terle

Langkah-langkah Melepas dan Memasang Roda Mobil

Bagaimana langkah-langkah untuk melepas dan memasang roda mobil? Mobil adalah kendaraan darat yang digerakkan oleh mesin, beroda empat, dan biasanya menggunakan bahan bakar minyak untuk menghidupkan mesinnya. Ada kalanya kita ingin melepas dan atau memasang roda mobil untuk keperluan tertentu. Sebelum proses pelepasan/pemasangan roda mobil tersebut dimulai, Anda wajib memperhatikan prosedur keselamatan kerja terlebih dahulu. Di antaranya : Pastikan mengerjakannya di tempat yang memiliki permukaan lantai yang rata Gunakan alat-alat sebagaimana fungsinya Selalu kenakan pakaian penunjang keamanan untuk melindungi diri Untuk mempermudah pengerjaannya, sebaiknya kendurkan mur-mur yang membalut roda terlebih dahulu sebelum mobil didongkrak. Perhatikan seluruh bagian momen pengencangan baut dengan seksama. Selalu gunakan kunci momen pada saat melaksanakan pekerjaan ini. Begitupun ketika mendongkrak dan menopang mobil, disarankan untuk melakukannya di tempat yang berpermukaan rata s