Langsung ke konten utama

Memilih Oli Mobil yang Tepat sesuai Kebutuhan

Butuh panduan dalam memilih oli mobil yang benar? Segala sesuatu akan dirasakan tepat apabila sesuai dengan kebutuhannya. Begitu pula pada saat Anda bingung dalam menentukan mana sih oli yang paling bagus untuk mobil. Tinggal pilih saja oli yang sesuai dengan mobil Anda karena setiap mobil mempunyai spesifikasi yang berbeda-beda. Ketepatan dalam menggunakan oli terbukti mampu memperpanjang usia mobil secara signifikan.

Begitu pula jika Anda salah dalam memilih oli, mobil Anda yang bakal menjadi korbannya. Memang sih dampaknya tidak akan dirasakan langsung, tetapi akibat yang ditimbulkannya bisa sangat fatal terhadap kondisi mesin. Kesalahan umum yang sering dilakukan oleh para pemilik mobil yaitu menilai kualitas oli hanya berdasarkan harganya. Mereka menganggap kualitas oli yang mahal lebih baik daripada oli yang harganya terjangkau.

Faktanya semua oli mobil mempunyai mutu yang baik. Hal ini tidak terlepas dari pembuatan produk oli tersebut yang membutuhkan serangkaian proses sangat panjang dan dilakukan oleh para ahli. Namun suatu oli akan berubah menjadi tidak bagus jika digunakan kepada mobil yang bukan peruntukannya. Perlu Anda ketahui, oli tidak hanya berfungsi sebagai pelumas, tetapi juga mempunyai kegunaan sebagai pendingin, penutup celah, dan anti karat.

tips-memilih-oli-mobil.jpg

Di bawah ini kiat-kiat dalam menentukan oli mobil yang paling tepat!

  1. Sesuaikan dengan Spesifikasi Mobil

Ada banyak sekali ragam mobil yang sudah diciptakan saat ini dan semuanya mempunyai spesifikasi yang berbeda-beda. Tugas Anda adalah memilihkan oli yang paling cocok. Oli yang bagus untuk mobil A bisa menjadi jelek jika dipakai untuk mobil B. Anda bisa memperhatikan parameter SAE (Society of Automotive Engineers) yang biasa dilampirkan pada kemasan oli. Misalnya seperti 5W-50, 15W-50, 15W-40, dan lain-lain. Contoh cara membaca SAE 5W-50 artinya oli memiliki kekentalan SAE 5 pada kondisi dingin serta SAE 50 pada kondisi panas.

  1. Pastikan Oli Lolos Uji Sertifikasi

Beruntung sekali kita karena sekarang sudah banyak lembaga sertifikasi yang bekerja dengan menguji mutu oli secara profesional. Di antaranya yaitu PI, ACEA, ILSAC, dan JASO. Kalau Anda tidak yakin dengan kemampuan pribadi dalam menilai kualitas oli, silakan tinggal lihat apakah oli tersebut telah lolos uji sertifikasi atau tidak. Semakin banyak sertifikat dari badan sertifikasi tepercaya yang melampiri produk oli tersebut, maka dijamin kualitasnya akan semakin bagus.

  1. Ikuti Saran dari Pihak Pabrikan Mobil

Pihak pabrikan mobil tentu saja sudah memberikan saran tentang oli dengan kriteria seperti apa yang cocok untuk mobil buatannya. Cuma terkadang orang-orang suka malas mencari tahu informasi tersebut. Padahal informasi ini sudah jelas tertulis di dalam buku panduan pemilik mobil. Di dalam buku panduan ini biasanya dijelaskan tentang oli yang sesuai dengan kebutuhan mobil Anda.

  1. Kenali Jenis Oli yang Paling Cocok

Berdasarkan bahan pembuatnya, ada dua jenis oli yakni oli mineral dan oli sintetis. Oli mineral terbuat dari minyak bumi yang diesktrak sedemikian rupa. Sementara oli sintetis merupakan oli yang dibuat dari campuran bahan-bahan kimia. Kelebihan oli mineral ialah dapat merawat kondisi mesin mobil dengan sangat baik. Sedangkan keunggulan oli sintetis yaitu memiliki kemampuan yang bagus dalam mengatasi perubahan suhu sehingga dapat melumasi mesin dengan sempurna pada kondisi suhu apapun.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Mengisi/Menambah Angin Ban di SPBU

Bagaimana cara mengisi/menambah angin ban di SPBU? Ban berperan penting dalam menjamin keamanan dan kenyamanan kendaraan bermotor. Itulah kenapa tekanan angin di dalam ban harus senantiasa dijaga. Idealnya tekanan angin pada sepeda motor 29 psi, mobil 32 psi, dan truk 40-50 psi. Beruntung saat ini sudah banyak SPBU (Stasiun Pengisian Bahan bakar Umum) di Indonesia yang memberikan fasilitas pengisian angin ban secara cuma-cuma. Tentu saja hal ini sangat membantu bagi para rider yang kebetulan mampir ke pom bensin tersebut. Mengingat layanan ini bersifat gratis, Anda harus mengoperasikan mesin pompa angin sendiri. Tapi bagaimana cara menggunakannya ya? Nah, berikut ini merupakan tata cara menggunakan kompresor angin yang biasanya terdapat di SPBU : Letakkan kendaraan Anda di samping mesin pompa angin. Tidak perlu terlalu dekat asalkan selang kompresor mampu menjangkau seluruh roda kendaraan. Khusus untuk sepeda motor , posisikan kendaraan bertumpu pada standar tengah sehingga An

Langkah-langkah Melepas dan Memasang Roda Mobil

Bagaimana langkah-langkah untuk melepas dan memasang roda mobil? Mobil adalah kendaraan darat yang digerakkan oleh mesin, beroda empat, dan biasanya menggunakan bahan bakar minyak untuk menghidupkan mesinnya. Ada kalanya kita ingin melepas dan atau memasang roda mobil untuk keperluan tertentu. Sebelum proses pelepasan/pemasangan roda mobil tersebut dimulai, Anda wajib memperhatikan prosedur keselamatan kerja terlebih dahulu. Di antaranya : Pastikan mengerjakannya di tempat yang memiliki permukaan lantai yang rata Gunakan alat-alat sebagaimana fungsinya Selalu kenakan pakaian penunjang keamanan untuk melindungi diri Untuk mempermudah pengerjaannya, sebaiknya kendurkan mur-mur yang membalut roda terlebih dahulu sebelum mobil didongkrak. Perhatikan seluruh bagian momen pengencangan baut dengan seksama. Selalu gunakan kunci momen pada saat melaksanakan pekerjaan ini. Begitupun ketika mendongkrak dan menopang mobil, disarankan untuk melakukannya di tempat yang berpermukaan rata s

Tata Cara Mengganti Lampu Utama Sepeda Motor

Bagaimana cara mengganti lampu utama sepeda motor? Pada kendaraan roda dua, lampu utama berfungsi sebagai penerang jalan dan pemberitahu pengendara lain akan keberadaan kita. Oleh sebab itu, lampu utama ini harus selalu menyala, baik saat malam maupun siang hari. Lampu Sepeda Motor Pada dasarnya, mengganti lampu sepeda motor dapat dilakukan dengan mudah. Kuncinya adalah kesabaran untuk membuka casing secara hati-hati agar tidak menimbulkan goresan dan lecet. Di bawah ini tata cara panduannya oleh Pyurio untuk anda! Alat dan Bahan : Lampu utama Obeng Kuas Langkah-langkah : Posisikan sepeda motor dengan bersandar pada standar tengah sehingga lebih mudah diotak-atik. Gunakan obeng untuk melepas seluruh sekrup yang menahan casing batok pembungkus lampu utama. Bersihkanlah bagian dalam casing memakai kuas untuk menghilangkan debu yang menumpuk. Buka karet penutup fitting dan lepaskan fitting dengan menekan lalu memutarnya berlawanan arah jarum jam. Rogoh bohlam l