Langsung ke konten utama

Cara Melepas Ban Belakang Sepeda Motor

Bagaimana cara melepas ban belakang sepeda motor? Pengetahuan ini sangat dibutuhkan khususnya buat Anda yang ingin membuka usaha tambal ban. Atau boleh jika dipelajari Anda yang senang bepergian dengan mengendarai kendaraan roda dua. Jadi bila sewaktu-waktu ban sepeda motor Anda bocor di tengah jalan, Anda tidak perlu bingung mencari tukang tambal ban karena sudah bisa memperbaikinya sendiri. Cukup lepaskan ban tersebut, lakukan penambalan pada bagian yang bocor, lalu pasang ban kembali seperti semula.

Usaha bengkel tambal ban sebenarnya memiliki peluang yang sangat bagus. Bisa kita perhatikan bahwa jumlah pemakai sepeda motor terus mengalami peningkatan setiap tahunnya. Ini berarti jumlah calon konsumen kita pun ikut bertambah. Faktor lokasi sangat menentukan keberhasilan Anda di sini. Sebisa mungkin pilih lokasi yang ramai. Berikanlah pelayanan yang terbaik kepada semua konsumen sebab konsumen yang puas tidak akan segan mempromosikan bengkel Anda kepada rekannya.

melepas-ban-belakang-motor.jpg

Mari kita belajar melepaskan ban motor dimulai dari bagian belakang yang notabene lebih sulit ketimbang ban depan. Berikut ini langkah-langkahnya :

  1. Posisikan sepeda motor bertumpu pada standar tengah agar kedudukannya stabil. Kemudian lepaskan roda belakang dengan hati-hati.
  2. Bukalah pentil ban menggunakan kunci pentil. Lalu dilanjutkan dengan membuka mur pengunci/penguat pentil memakai kunci ring nomor 12. Itu untuk ban tubetype. Sedangkan untuk ban tubeless Anda tidak perlu membuka mur pengunci pentil.
  3. Tekanlah bagian samping ban/bead menggunakan kedua tangan Anda. Jika tekanannya terlalu keras sehingga tenaga Anda tidak kuat, cobalah injak memakai kaki.
  4. Selipkan sendok ban di antara bagian bead dan pinggiran velg pada jarak sekitar 10-15 cm. Setelah itu, gerakkan sendok ban tadi untuk mencongkel keluar lapisan bead ban luar. Setelah berhasil, Anda bisa menahan posisi sendok ban tersebut menggunakan tangan kiri.
  5. Perhatikan bahwa velg yang terbuat dari aluminium rentang tergores oleh sendok ban. Untuk mencegah hal buruk ini terjadi, Anda bisa memakai kain lap atau karet ban bekas sebagai landasannya. Selipkan kain/karet bekas tersebut di antara bead dan pinggiran velg sesaat sebelum Anda menyelipkan sendok ban.
  6. Langkah berikutnya adalah menyelipkan sendok ban yang lain di antara bead dan pinggiran velg, lalu congkel untuk mengeluarkan bead ban luar. Usahakan jarak pencongkelan memakai sendok ban ini jangan terlalu jauh antara satu dengan lainnya agar terasa lebih ringan.
  7. Ulangi langkah-langkah di atas sampai Anda berhasil mengeluarkan semua bagian bead dari dalam pinggiran velg. Jika sudah, Anda bisa mulai mengeluarkan ban dalam yang tersembunyi dari balik ban luarnya.
  8. Sementara itu, apabila Anda juga ingin melepaskan ban luar dari velg, caranya kurang lebih sama seperti di atas. Anda hanya perlu mengeluarkan bead yang berada di sisi yang satunya lagi. Cobalah keluarkan bagian bead ban luar tersebut sedikit demi sedikit hingga seluruh bagiannya berhasil dikeluarkan.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Mengisi/Menambah Angin Ban di SPBU

Bagaimana cara mengisi/menambah angin ban di SPBU? Ban berperan penting dalam menjamin keamanan dan kenyamanan kendaraan bermotor. Itulah kenapa tekanan angin di dalam ban harus senantiasa dijaga. Idealnya tekanan angin pada sepeda motor 29 psi, mobil 32 psi, dan truk 40-50 psi. Beruntung saat ini sudah banyak SPBU (Stasiun Pengisian Bahan bakar Umum) di Indonesia yang memberikan fasilitas pengisian angin ban secara cuma-cuma. Tentu saja hal ini sangat membantu bagi para rider yang kebetulan mampir ke pom bensin tersebut. Mengingat layanan ini bersifat gratis, Anda harus mengoperasikan mesin pompa angin sendiri. Tapi bagaimana cara menggunakannya ya? Nah, berikut ini merupakan tata cara menggunakan kompresor angin yang biasanya terdapat di SPBU : Letakkan kendaraan Anda di samping mesin pompa angin. Tidak perlu terlalu dekat asalkan selang kompresor mampu menjangkau seluruh roda kendaraan. Khusus untuk sepeda motor , posisikan kendaraan bertumpu pada standar tengah sehingga An

Langkah-langkah Cara Coak Body Motor yang Benar

Bagaimana cara coak body motor yang benar? Coak adalah suatu istilah dalam modifikasi sepeda motor yang menyatakan proses pemotongan body kendaraan. Teknik ini biasanya diterapkan di dalam konsep modifikasi yang bergaya drag look dan street racing. Dengan memotong beberapa bagian body yang terdapat pada sepeda motor , maka tampilan kendaraan secara keseluruhan pun akan menjadi semakin keren. Pada dasarnya, proses coak ini tidak terlalu sulit dikerjakan. Malahan Anda bisa menggunakan peralatan tukang yang sederhana. Hanya saja dibutuhkan keahlian dan ketelitian saat mengoperasikan alat-alat tersebut agar hasil potongannya tampak rapi. Biar Anda tidak bingung, silakan coba panduan coak body motor ala Pyurio di bawah ini! Alat dan Bahan yang harus disiapkan : Gergaji besi Gergaji tripleks Bor tangan Selotip Spidol Penggaris Jangka Ampelas halus Langkah-langkah memotong body motor : Buatlah sketsa yang menggambarkan pola pemotongan pada body motor terle

Langkah-langkah Melepas dan Memasang Roda Mobil

Bagaimana langkah-langkah untuk melepas dan memasang roda mobil? Mobil adalah kendaraan darat yang digerakkan oleh mesin, beroda empat, dan biasanya menggunakan bahan bakar minyak untuk menghidupkan mesinnya. Ada kalanya kita ingin melepas dan atau memasang roda mobil untuk keperluan tertentu. Sebelum proses pelepasan/pemasangan roda mobil tersebut dimulai, Anda wajib memperhatikan prosedur keselamatan kerja terlebih dahulu. Di antaranya : Pastikan mengerjakannya di tempat yang memiliki permukaan lantai yang rata Gunakan alat-alat sebagaimana fungsinya Selalu kenakan pakaian penunjang keamanan untuk melindungi diri Untuk mempermudah pengerjaannya, sebaiknya kendurkan mur-mur yang membalut roda terlebih dahulu sebelum mobil didongkrak. Perhatikan seluruh bagian momen pengencangan baut dengan seksama. Selalu gunakan kunci momen pada saat melaksanakan pekerjaan ini. Begitupun ketika mendongkrak dan menopang mobil, disarankan untuk melakukannya di tempat yang berpermukaan rata s