Langsung ke konten utama

Cara Merawat Ban Mobil supaya Tahan Lama

Bagaimana cara merawat ban mobil supaya tahan lama? Setiap mobil selalu dilengkapi dengan empat buah roda sekaligus. Dua roda terletak di bagian depan dan sisanya berada di bagian belakang. Roda mobil tersebut terdiri atas ban dan velg. Sayangnya karena langsung bergesekan dengan permukaan jalan, ban mudah sekali mengalami kerusakan. Apalagi jika si Pemilik malas merawatnya.

Ban harus mendapatkan perawatan yang benar secara berkala. Jika tidak, ban bisa mengalami kerusakan sewaktu-waktu tanpa pernah diduga sebelumnya. Kerusakan pada ban dapat menjadi ancaman yang serius karena dampak yang ditimbulkannya sangat fatal. Misalnya ban mobil yang tiba-tiba meledak di tengah jalan akan mengakibatkan kemudinya susah dikendalikan. Pada kondisi tersebut, pengendara bakal mengalami ancaman serius.

tips-merawat-ban-mobil.jpg

Ada beberapa pekerjaan yang wajib diperhatikan buat Anda yang ingin merawat ban mobil yang dimiliki!

  1. Pastikan ban mobil Anda sudah dilengkapi dengan standar dari SNI (Standar Nasional Indonesia). Jauh lebih bagus lagi apabila ada standar lain dari lembaga luar negeri yang melengkapinya. Artinya kualitas ban tersebut tidak perlu diragukan lagi. Selalu gunakan ban orisinal yang sesuai dengan spesifikasi mobil. Jangan pernah mencoba mengganti ukuran ban tanpa berkonsultasi terlebih dahulu kepada para ahlinya. Ban yang tidak sesuai dengan velg membuatnya gampang pecah di tengah jalan.
  2. Biasakan untuk memeriksa kondisi ban sebelum Anda mengendarai mobil. Cek apakah tekanan angin pada semua ban sudah pas atau belum. Sebab kondisi ini akan berpengaruh terhadap performa mobil dan pemakaian bahan bakarnya. Pastikan pula tidak ada benda-benda tajam yang menempel di alur ban tersebut. Kalau misalnya ban mengalami kebocoran, segera tepikan kendaraan Anda untuk mencari pertolongan. Jangan memaksakan diri mengemudikan mobil yang bannya bocor.
  3. Berkendaralah dengan cara yang baik dan benar. Di samping dapat menyelamatkan Anda dan pengendara yang lain, usia pakai komponen-komponen di dalam mobil Anda pun bakal awet. Ubah kebiasaan buruk Anda yang suka berkendara dengan kecepatan tinggi lalu mengerem secara mendadak. Hal ini sangat tidak bagus karena dapat menyebabkan kecelakaan dan menggunduli permukaan ban. Selain itu, sistem pengereman pada mobil Anda pun bakal cepat rusak.
  4. Pilihlah lokasi parkir yang paling bagus untuk mobil Anda. Tempat parkir yang baik harus memiliki naungan untuk melindungi kendaraan dari sinar matahari dan air hujan. Cahaya mentari tidak bagus untuk mobil Anda sebab bisa mengikis lapisan cat pada body-nya. Ban yang terus-menerus terkena terik matahari juga mengakibatkan ukurannya semakin melebar akibat pemuaian.
  5. Anda mungkin sudah merawat ban mobil dengan sepenuh hati hingga usia pakainya sangat panjang. Bahkan kondisi ban tetap tampak bagus dan nyaman dipakai walaupun sudah dipasang di mobil cukup lama. Tetapi ketika Anda menyadari kalau permukaan ban mobil sudah halus/gundul, sebaiknya ganti segera dengan ban baru. Ban mobil yang sudah gundul mudah tergelincir saat Anda melewati jalan yang licin. Dampak yang paling terasa ialah Anda sulit mengendalikan laju mobil tersebut ketika di belokan.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Mengisi/Menambah Angin Ban di SPBU

Bagaimana cara mengisi/menambah angin ban di SPBU? Ban berperan penting dalam menjamin keamanan dan kenyamanan kendaraan bermotor. Itulah kenapa tekanan angin di dalam ban harus senantiasa dijaga. Idealnya tekanan angin pada sepeda motor 29 psi, mobil 32 psi, dan truk 40-50 psi. Beruntung saat ini sudah banyak SPBU (Stasiun Pengisian Bahan bakar Umum) di Indonesia yang memberikan fasilitas pengisian angin ban secara cuma-cuma. Tentu saja hal ini sangat membantu bagi para rider yang kebetulan mampir ke pom bensin tersebut. Mengingat layanan ini bersifat gratis, Anda harus mengoperasikan mesin pompa angin sendiri. Tapi bagaimana cara menggunakannya ya? Nah, berikut ini merupakan tata cara menggunakan kompresor angin yang biasanya terdapat di SPBU : Letakkan kendaraan Anda di samping mesin pompa angin. Tidak perlu terlalu dekat asalkan selang kompresor mampu menjangkau seluruh roda kendaraan. Khusus untuk sepeda motor , posisikan kendaraan bertumpu pada standar tengah sehingga An

Langkah-langkah Cara Coak Body Motor yang Benar

Bagaimana cara coak body motor yang benar? Coak adalah suatu istilah dalam modifikasi sepeda motor yang menyatakan proses pemotongan body kendaraan. Teknik ini biasanya diterapkan di dalam konsep modifikasi yang bergaya drag look dan street racing. Dengan memotong beberapa bagian body yang terdapat pada sepeda motor , maka tampilan kendaraan secara keseluruhan pun akan menjadi semakin keren. Pada dasarnya, proses coak ini tidak terlalu sulit dikerjakan. Malahan Anda bisa menggunakan peralatan tukang yang sederhana. Hanya saja dibutuhkan keahlian dan ketelitian saat mengoperasikan alat-alat tersebut agar hasil potongannya tampak rapi. Biar Anda tidak bingung, silakan coba panduan coak body motor ala Pyurio di bawah ini! Alat dan Bahan yang harus disiapkan : Gergaji besi Gergaji tripleks Bor tangan Selotip Spidol Penggaris Jangka Ampelas halus Langkah-langkah memotong body motor : Buatlah sketsa yang menggambarkan pola pemotongan pada body motor terle

Langkah-langkah Melepas dan Memasang Roda Mobil

Bagaimana langkah-langkah untuk melepas dan memasang roda mobil? Mobil adalah kendaraan darat yang digerakkan oleh mesin, beroda empat, dan biasanya menggunakan bahan bakar minyak untuk menghidupkan mesinnya. Ada kalanya kita ingin melepas dan atau memasang roda mobil untuk keperluan tertentu. Sebelum proses pelepasan/pemasangan roda mobil tersebut dimulai, Anda wajib memperhatikan prosedur keselamatan kerja terlebih dahulu. Di antaranya : Pastikan mengerjakannya di tempat yang memiliki permukaan lantai yang rata Gunakan alat-alat sebagaimana fungsinya Selalu kenakan pakaian penunjang keamanan untuk melindungi diri Untuk mempermudah pengerjaannya, sebaiknya kendurkan mur-mur yang membalut roda terlebih dahulu sebelum mobil didongkrak. Perhatikan seluruh bagian momen pengencangan baut dengan seksama. Selalu gunakan kunci momen pada saat melaksanakan pekerjaan ini. Begitupun ketika mendongkrak dan menopang mobil, disarankan untuk melakukannya di tempat yang berpermukaan rata s