Langsung ke konten utama

Bolehkah Sepeda Motor Pakai Oli Mobil?

Apakah boleh oli mobil dipakai untuk sepeda motor? Begitulah kira-kira pertanyaan yang dikirimkan ke redaksi kami belakangan ini. Kami kira pertanyaan ini muncul karena masih banyak pemilik motor yang belum tahu pasti tentang seluk-beluk oli. Mereka menganggap semua produk oli kendaraan itu sama. Akibatnya ada yang sampai salah membeli oli. Bahkan tidak sedikit pula pemilik motor yang mengaku sengaja memakai oli mobil yang menurutnya memiliki kualitas lebih baik.

Sebenarnya bukan tidak boleh bagi kita untuk memakai oli mobil pada sepeda motor. Tetapi sangat tidak dianjurkan. Hal ini dikarenakan bahan pembuat oli mobil tersebut berbeda dengan bahan-bahan yang memang ditujukan untuk oli motor. Perbedaan yang paling mendasar ialah oli mobil menggunakan bahan-bahan aditif jenis friction modifier yang berguna untuk meningkatkan pelumasan seiring dengan bertambahnya waktu. Bahan inilah yang membuat oli mobil tidak cocok untuk sepeda motor, khususnya motor dengan kopling basah sebab dapat memicu terjadinya selip kopling hingga gosong.

oli-untuk-sepeda-motor.jpg

Hal yang sama juga berlaku untuk sepeda motor matic yang sejatinya memakai sistem transmisi yang terpisah dengan mesin. Walaupun mesin motor matic agak mirip seperti mobil, namun pada kenyataannya kondisi mesin motor tersebut lebih rentan mengalami kerusakan. Putaran mesin motor bisa mencapai lebih dari 9.000 rpm sehingga membutuhkan oli yang tahan banting serta mampu melumasi tiga bagian utama yaitu mesin, kopling, serta gearbox. Lain halnya dengan putaran mesin pada mobil yang hanya 6.000 rpm.

Jika Anda memaksakan diri memakai oli mobil untuk sepeda motor, maka dapat berimbas pada mesin secara fatal. Oli mobil hanya diformulasikan untuk bagian mesin. Sehingga performanya gampang menurun serta tingkat kekentalannya pun mudah berubah. Anda pun harus sering mengganti oli tersebut supaya tetap dapat melumasi komponen-komponen mesin dengan baik. Bila Anda malas menggantinya secara rutin, oli tidak mampu bekerja maksimal dalam melindung mesin hingga akhirnya bisa menimbulkan kerusakan.

Lantas bagaimana sih caranya membedakan oli motor dan oli mobil? Cara yang paling mudah tentunya dengan mencermati kemasan produk oli tersebut. Oli untuk motor selalu menggunakan background berupa sepeda motor, baik itu motor bebek, motor matic, atau motor seport. Demikian pula dengan oli mobil yang dilengkapi gambar mobil sebagai latarnya. Selain itu, kode pada oli motor selalu diawali dengan tulisan 4T. Kode lainnya yang harus diketahui ialah JASO MA yang berarti untuk motor kopling basah serta JASO MB untuk motor matic.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Mengisi/Menambah Angin Ban di SPBU

Bagaimana cara mengisi/menambah angin ban di SPBU? Ban berperan penting dalam menjamin keamanan dan kenyamanan kendaraan bermotor. Itulah kenapa tekanan angin di dalam ban harus senantiasa dijaga. Idealnya tekanan angin pada sepeda motor 29 psi, mobil 32 psi, dan truk 40-50 psi. Beruntung saat ini sudah banyak SPBU (Stasiun Pengisian Bahan bakar Umum) di Indonesia yang memberikan fasilitas pengisian angin ban secara cuma-cuma. Tentu saja hal ini sangat membantu bagi para rider yang kebetulan mampir ke pom bensin tersebut. Mengingat layanan ini bersifat gratis, Anda harus mengoperasikan mesin pompa angin sendiri. Tapi bagaimana cara menggunakannya ya? Nah, berikut ini merupakan tata cara menggunakan kompresor angin yang biasanya terdapat di SPBU : Letakkan kendaraan Anda di samping mesin pompa angin. Tidak perlu terlalu dekat asalkan selang kompresor mampu menjangkau seluruh roda kendaraan. Khusus untuk sepeda motor , posisikan kendaraan bertumpu pada standar tengah sehingga An

Langkah-langkah Cara Coak Body Motor yang Benar

Bagaimana cara coak body motor yang benar? Coak adalah suatu istilah dalam modifikasi sepeda motor yang menyatakan proses pemotongan body kendaraan. Teknik ini biasanya diterapkan di dalam konsep modifikasi yang bergaya drag look dan street racing. Dengan memotong beberapa bagian body yang terdapat pada sepeda motor , maka tampilan kendaraan secara keseluruhan pun akan menjadi semakin keren. Pada dasarnya, proses coak ini tidak terlalu sulit dikerjakan. Malahan Anda bisa menggunakan peralatan tukang yang sederhana. Hanya saja dibutuhkan keahlian dan ketelitian saat mengoperasikan alat-alat tersebut agar hasil potongannya tampak rapi. Biar Anda tidak bingung, silakan coba panduan coak body motor ala Pyurio di bawah ini! Alat dan Bahan yang harus disiapkan : Gergaji besi Gergaji tripleks Bor tangan Selotip Spidol Penggaris Jangka Ampelas halus Langkah-langkah memotong body motor : Buatlah sketsa yang menggambarkan pola pemotongan pada body motor terle

Langkah-langkah Melepas dan Memasang Roda Mobil

Bagaimana langkah-langkah untuk melepas dan memasang roda mobil? Mobil adalah kendaraan darat yang digerakkan oleh mesin, beroda empat, dan biasanya menggunakan bahan bakar minyak untuk menghidupkan mesinnya. Ada kalanya kita ingin melepas dan atau memasang roda mobil untuk keperluan tertentu. Sebelum proses pelepasan/pemasangan roda mobil tersebut dimulai, Anda wajib memperhatikan prosedur keselamatan kerja terlebih dahulu. Di antaranya : Pastikan mengerjakannya di tempat yang memiliki permukaan lantai yang rata Gunakan alat-alat sebagaimana fungsinya Selalu kenakan pakaian penunjang keamanan untuk melindungi diri Untuk mempermudah pengerjaannya, sebaiknya kendurkan mur-mur yang membalut roda terlebih dahulu sebelum mobil didongkrak. Perhatikan seluruh bagian momen pengencangan baut dengan seksama. Selalu gunakan kunci momen pada saat melaksanakan pekerjaan ini. Begitupun ketika mendongkrak dan menopang mobil, disarankan untuk melakukannya di tempat yang berpermukaan rata s