Langsung ke konten utama

Biar Awet, Nih Tips Perawatan Sepeda Motor Antik

Bagaimana tips merawat sepeda motor antik biar awet? Meskipun usianya sudah puluhan tahun, namun keindahan sepeda motor antik tetap yang paling menarik bagi para pecintanya. Semakin tua usia suatu sepeda motor, maka pesonanya pun akan semakin terlihat menarik.
Sepeda motor antik adalah sebutan untuk sepeda motor yang telah berusia tua tetapi kondisinya masih mulus dan normal. Daya tarik utama dari kendaraan ini adalah pada kenangan yang dimilikinya, di mana motor tersebut telah melewati berbagai zaman. Sebuah keasyikan tersendiri jika kita bisa mengenang pengalaman-pengalaman di masa lampau bersama dengan sepeda motor antik tersebut.

Supaya keawetan motor antik anda terjaga, ikuti tips-tips perawatannya dari Pyurio berikut ini :
  • Ban menjadi komponen paling utama yang harus diperhatikan kondisinya. Meskipun ban terlihat apik, bukan berarti ban tersebut tak luput dari masalah akibat usianya yang sudah tua. Jadi gantilah ban dengan model yang sejenis agar cengkeramannya kembali kuat seperti semula.
  • Anda juga wajib mengganti bearing kemudi jika pergerakannya sudah tidak begitu mulus. Paling tidak bearing kemudi ini harus diganti dengan yang baru setiap lima tahun sekali.
  • Berikan pelumas secara berkala pada rantai dan gir. Sesuaikan tingkat ketegangan rantai seperti rekomendasi pabrikan. Segera ganti gir apabila kondisinya telah aus.
  • Cek tingkat ketebalan kampas rem secara rutin. Jangan lupa periksa juga kondisi kabel penghubung tuas rem. Rem perlu dilumasi ulang setiap dua tahun sekali.
  • Pastikan garpu depan dan setang selalu dalam keadaan prima dan terhubung dengan baik. Bersihkan kedua bagian motor ini secara berkala dan berikan pelumas setiap dua tahun sekali.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Mengisi/Menambah Angin Ban di SPBU

Bagaimana cara mengisi/menambah angin ban di SPBU? Ban berperan penting dalam menjamin keamanan dan kenyamanan kendaraan bermotor. Itulah kenapa tekanan angin di dalam ban harus senantiasa dijaga. Idealnya tekanan angin pada sepeda motor 29 psi, mobil 32 psi, dan truk 40-50 psi. Beruntung saat ini sudah banyak SPBU (Stasiun Pengisian Bahan bakar Umum) di Indonesia yang memberikan fasilitas pengisian angin ban secara cuma-cuma. Tentu saja hal ini sangat membantu bagi para rider yang kebetulan mampir ke pom bensin tersebut. Mengingat layanan ini bersifat gratis, Anda harus mengoperasikan mesin pompa angin sendiri. Tapi bagaimana cara menggunakannya ya? Nah, berikut ini merupakan tata cara menggunakan kompresor angin yang biasanya terdapat di SPBU : Letakkan kendaraan Anda di samping mesin pompa angin. Tidak perlu terlalu dekat asalkan selang kompresor mampu menjangkau seluruh roda kendaraan. Khusus untuk sepeda motor , posisikan kendaraan bertumpu pada standar tengah sehingga An...

Langkah-langkah Cara Coak Body Motor yang Benar

Bagaimana cara coak body motor yang benar? Coak adalah suatu istilah dalam modifikasi sepeda motor yang menyatakan proses pemotongan body kendaraan. Teknik ini biasanya diterapkan di dalam konsep modifikasi yang bergaya drag look dan street racing. Dengan memotong beberapa bagian body yang terdapat pada sepeda motor , maka tampilan kendaraan secara keseluruhan pun akan menjadi semakin keren. Pada dasarnya, proses coak ini tidak terlalu sulit dikerjakan. Malahan Anda bisa menggunakan peralatan tukang yang sederhana. Hanya saja dibutuhkan keahlian dan ketelitian saat mengoperasikan alat-alat tersebut agar hasil potongannya tampak rapi. Biar Anda tidak bingung, silakan coba panduan coak body motor ala Pyurio di bawah ini! Alat dan Bahan yang harus disiapkan : Gergaji besi Gergaji tripleks Bor tangan Selotip Spidol Penggaris Jangka Ampelas halus Langkah-langkah memotong body motor : Buatlah sketsa yang menggambarkan pola pemotongan pada body motor terle...

Seperti Ini Cara Setel Pelek Jari-jari Sepeda Motor

Bagaimana caranya menyetel pelek jari-jari sepeda motor? Kepopuleran pelek jari-jari di kalangan penggemar kendaraan bermotor kini kembali meningkat. Pasalnya, pelek ini dinilai mempunyai tampilan tersendiri yang lain daripada pelek racing. Apalagi pelek ruji ini juga bisa digunakan dalam setiap modifikasi motor dengan tema apapun. Sebelum menyetel pelek jari-jari motor, Anda perlu memperhatikan faktor-faktor persiapannya terlebih dahulu sebagai berikut : Selalu pilih pelek sepeda motor dengan spesifikasi yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Pelek yang kuat ditandai dari bentuknya yang standar, baik U shape maupun E shape. Jika Anda memiliki kocek yang berlebih, gunakanlah pelek yang telah diakui kualitasnya secara internasional. Gunakan tromol yang asli sesuai dengan standar dari pabrikan motor tersebut. Hal ini disebabkan tromol asli memiliki bentuk yang lebih presisi sehingga akan mempermudah Anda dalam menyetel jari-jari pelek. Di samping itu, tromol asli juga terbukti lebi...