Langsung ke konten utama

4 Ciri-ciri Mobil yang Pernah Mengalami Kecelakaan

Bagaimana cara mengetahui ciri-ciri mobil bekas yang pernah mengalami kecelakaan? Permintaan mobil bekas setiap hari kian bertambah. Salah satu alasannya karena harga mobil bekas lebih murah dibandingkan mobil baru.
Namun membeli mobil bekas perlu kejelian dalam pemilihaannya. Salah-salah anda malah buntung karena mengambil mobil bekas kecelakaan yang tentu kondisi dan performanya sudah menurun drastis. Dengan dalih mempertahankan harga mobil, para penjual seringkali tidak berkata jujur terhadap kondisi mobil-mobil yang dijajakannya.

Kali ini Pyurio akan mengulas seputar trik mengetahui mobil yang pernah mengalami kecelakaan. Di bawah ini ciri-cirinya!
1. Mobil Berwarna Belang-belang
Tabrakan sedikit saja pasti akan menimbulkan goresan pada permukaan mobil. Untuk menutupinya, pemilik mobil sering mengecat bekas goresan tadi agar tidak tampak. Tentu saja penerapan warna baru ini tidak bisa seratus persen menyatu dengan warna lama mobil. Jika diperhatikan secara cermat, anda bakal menemukan warna yang belang-belang. Tandanya warna mobil sudah tidak orisinil dari pabrik dan kemungkinan besar mobil pernah mengalami kecelakaan.
2. Kaca Depan atau Belakang Tidak Presisi
Bagian mobil yang paling rawan mengalami kerusakan saat terjadi kecelakaan adalah kaca film mobil, baik bagian depan maupun belakang. Jika kaca sampai pecah, mau tidak mau pemilik pun harus menggantinya dengan yang baru. Sayangnya kebanyakan pemasangan ulang kaca ini tidak bisa sempurna seperti semula alias kaca tidak presisi sesuai bingkai lagi. Langkah termudah untuk mengeceknya adalah dengan menyemprotkan air ke seluruh permukaan kaca. Apabila air bisa merembes masuk ke interior mobil, artinya mobil tersebut bisa jadi pernah tertabrak.
3. Dimensi Bodi Tidak Simetris
Kecelakaan biasanya menimbulkan penyok pada bodi mobil. Walaupun sudah diperbaiki di bengkel ketok magic, bodi yang sudah penyok ini tidak bisa benar-benar simetris kembali. Jika anda cermat memperhatikannya, anda bisa menemukan sejumlah garis lekukan di bodi yang arahnya melenceng dan tampak tidak selaras. Jadi mobil yang memiliki garis-garis bodi yang janggal hendaknya jangan dibeli karena pernah mengalami insiden fatal.
4. Kendali Mobil Tidak Stabil
Cobalah meminta izin kepada penjual untuk melakukan test drive mobil secara langsung. Pacu mobil hingga kecepatannya 60 km/jam lalu rasakan bagaimana kelancaran kendalinya. Kendali pada mobil yang pernah mengalami kecelakaan umumnya bakal condong ke kanan atau ke kiri. Sudah pasti hal ini membuat anda merasa kurang nyaman sebab radius putar kanan dan putar kiri tidak sama. Jangan buang uang anda untuk mobil yang memiliki performa buruk seperti ini.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Mengisi/Menambah Angin Ban di SPBU

Bagaimana cara mengisi/menambah angin ban di SPBU? Ban berperan penting dalam menjamin keamanan dan kenyamanan kendaraan bermotor. Itulah kenapa tekanan angin di dalam ban harus senantiasa dijaga. Idealnya tekanan angin pada sepeda motor 29 psi, mobil 32 psi, dan truk 40-50 psi. Beruntung saat ini sudah banyak SPBU (Stasiun Pengisian Bahan bakar Umum) di Indonesia yang memberikan fasilitas pengisian angin ban secara cuma-cuma. Tentu saja hal ini sangat membantu bagi para rider yang kebetulan mampir ke pom bensin tersebut. Mengingat layanan ini bersifat gratis, Anda harus mengoperasikan mesin pompa angin sendiri. Tapi bagaimana cara menggunakannya ya? Nah, berikut ini merupakan tata cara menggunakan kompresor angin yang biasanya terdapat di SPBU : Letakkan kendaraan Anda di samping mesin pompa angin. Tidak perlu terlalu dekat asalkan selang kompresor mampu menjangkau seluruh roda kendaraan. Khusus untuk sepeda motor , posisikan kendaraan bertumpu pada standar tengah sehingga An...

Langkah-langkah Cara Coak Body Motor yang Benar

Bagaimana cara coak body motor yang benar? Coak adalah suatu istilah dalam modifikasi sepeda motor yang menyatakan proses pemotongan body kendaraan. Teknik ini biasanya diterapkan di dalam konsep modifikasi yang bergaya drag look dan street racing. Dengan memotong beberapa bagian body yang terdapat pada sepeda motor , maka tampilan kendaraan secara keseluruhan pun akan menjadi semakin keren. Pada dasarnya, proses coak ini tidak terlalu sulit dikerjakan. Malahan Anda bisa menggunakan peralatan tukang yang sederhana. Hanya saja dibutuhkan keahlian dan ketelitian saat mengoperasikan alat-alat tersebut agar hasil potongannya tampak rapi. Biar Anda tidak bingung, silakan coba panduan coak body motor ala Pyurio di bawah ini! Alat dan Bahan yang harus disiapkan : Gergaji besi Gergaji tripleks Bor tangan Selotip Spidol Penggaris Jangka Ampelas halus Langkah-langkah memotong body motor : Buatlah sketsa yang menggambarkan pola pemotongan pada body motor terle...

Seperti Ini Cara Setel Pelek Jari-jari Sepeda Motor

Bagaimana caranya menyetel pelek jari-jari sepeda motor? Kepopuleran pelek jari-jari di kalangan penggemar kendaraan bermotor kini kembali meningkat. Pasalnya, pelek ini dinilai mempunyai tampilan tersendiri yang lain daripada pelek racing. Apalagi pelek ruji ini juga bisa digunakan dalam setiap modifikasi motor dengan tema apapun. Sebelum menyetel pelek jari-jari motor, Anda perlu memperhatikan faktor-faktor persiapannya terlebih dahulu sebagai berikut : Selalu pilih pelek sepeda motor dengan spesifikasi yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Pelek yang kuat ditandai dari bentuknya yang standar, baik U shape maupun E shape. Jika Anda memiliki kocek yang berlebih, gunakanlah pelek yang telah diakui kualitasnya secara internasional. Gunakan tromol yang asli sesuai dengan standar dari pabrikan motor tersebut. Hal ini disebabkan tromol asli memiliki bentuk yang lebih presisi sehingga akan mempermudah Anda dalam menyetel jari-jari pelek. Di samping itu, tromol asli juga terbukti lebi...