Langsung ke konten utama

Berlatih Cara Memundurkan Mobil Manual

Bagaimana cara memundurkan mobil manual? Salah satu keahlian yang harus dikuasai oleh para pemilik mobil adalah bagaimana langkah-langkah untuk dapat memundurkan gerakan kendaraan tersebut dengan benar. Kemampuan ini biasanya sangat dibutuhkan pada saat Anda hendak memarkirkan mobil tersebut.

Pada dasarnya, proses yang harus dilakukan untuk dapat menciptakan gerakan memundurkan mobil itu tidak terlalu sulit kok. Anda hanya perlu menginjak kopling dan memindahkan posisi persneling ke gigi mundur, kemudian melepas injakan kopling tersebut secara perlahan-lahan. Maka secara otomatis mobil pun akan bergerak dengan arah mundur sendiri.

cara-memundurkan-mobil.jpg

Untuk lebih jelasnya, simak panduan dari Pyurio berikut ini!

  1. Perhatikan kondisi tempat di belakang mobil. Pastikan kondisinya aman dan tidak terhalangi oleh benda apapun. Sangat dianjurkan berlatih lah di lapangan serta tempat-tempat luas yang tidak ramai lainnya.
  2. Injak kopling dengan tekanan penuh menggunakan kaki sebelah kiri. Setelah itu, tahan posisinya dan jangan sampai tekanannya berubah.
  3. Pindahkan posisi persneling dari gigi netral (N) ke gigi mundur (R). Caranya tuas persneling digerakkan memakai tangan kiri, mulai dari posisi netral lalu didorong ke arah kanan pojok dan tarik ke arah bawah.
  4. Setelah posisi tuas persneling sudah benar, Anda bisa melepas injakan kopling secara perlahan-lahan. Ingat harus perlahan-lahan ya sebab kalau Anda terlalu cepat melepas kopling akan menimbulkan kejutan. Semakin cepat Anda melepas injakan pada kopling, semakin cepat pula gerakan mundur yang tercipta.
  5. Pada saat injakan kopling dilepas itulah, maka secara otomatis mobil pun akan bergerak dengan sendirinya.
  6. Selama proses pembelajaran mengemudi sebaiknya Anda jangan pernah menginjak pedal gas sama sekali. Hal ini dikarenakan pemakaian gas dapat menyebabkan laju mobil saat mundur akan meningkatkan kecepatan gerakannya.
  7. Apabila Anda ingin mengurangi kecepatan mobil saat berjalan mundur, Anda bisa memanfaatkan kopling dan rem. Caranya yaitu injaklah kopling sekali lagi dengan tekanan yang penuh lalu injak pula rem secara perlahan-lahan sehingga gerakan mobil pun akan melambat.
  8. Sedangkan untuk menghentikan laju kendaraan pada saat bergerak mundur, Anda bisa menginjak kembali pedal kopling kemudian pelan-pelan injak pedal rem sampai gerakan mobil pun terhenti.
  9. Jika sudah cukup mahir, Anda bisa berlatih memundurkan mobil sambil membelokkan arah gerakannya. Putaran setir ke arah kanan akan memundurkan mobil ke arah kanan. Begitu pula putaran setir ke arah kiri akan memundurkan mobil ke arah kiri.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Mengisi/Menambah Angin Ban di SPBU

Bagaimana cara mengisi/menambah angin ban di SPBU? Ban berperan penting dalam menjamin keamanan dan kenyamanan kendaraan bermotor. Itulah kenapa tekanan angin di dalam ban harus senantiasa dijaga. Idealnya tekanan angin pada sepeda motor 29 psi, mobil 32 psi, dan truk 40-50 psi. Beruntung saat ini sudah banyak SPBU (Stasiun Pengisian Bahan bakar Umum) di Indonesia yang memberikan fasilitas pengisian angin ban secara cuma-cuma. Tentu saja hal ini sangat membantu bagi para rider yang kebetulan mampir ke pom bensin tersebut. Mengingat layanan ini bersifat gratis, Anda harus mengoperasikan mesin pompa angin sendiri. Tapi bagaimana cara menggunakannya ya? Nah, berikut ini merupakan tata cara menggunakan kompresor angin yang biasanya terdapat di SPBU : Letakkan kendaraan Anda di samping mesin pompa angin. Tidak perlu terlalu dekat asalkan selang kompresor mampu menjangkau seluruh roda kendaraan. Khusus untuk sepeda motor , posisikan kendaraan bertumpu pada standar tengah sehingga An

Langkah-langkah Cara Coak Body Motor yang Benar

Bagaimana cara coak body motor yang benar? Coak adalah suatu istilah dalam modifikasi sepeda motor yang menyatakan proses pemotongan body kendaraan. Teknik ini biasanya diterapkan di dalam konsep modifikasi yang bergaya drag look dan street racing. Dengan memotong beberapa bagian body yang terdapat pada sepeda motor , maka tampilan kendaraan secara keseluruhan pun akan menjadi semakin keren. Pada dasarnya, proses coak ini tidak terlalu sulit dikerjakan. Malahan Anda bisa menggunakan peralatan tukang yang sederhana. Hanya saja dibutuhkan keahlian dan ketelitian saat mengoperasikan alat-alat tersebut agar hasil potongannya tampak rapi. Biar Anda tidak bingung, silakan coba panduan coak body motor ala Pyurio di bawah ini! Alat dan Bahan yang harus disiapkan : Gergaji besi Gergaji tripleks Bor tangan Selotip Spidol Penggaris Jangka Ampelas halus Langkah-langkah memotong body motor : Buatlah sketsa yang menggambarkan pola pemotongan pada body motor terle

Langkah-langkah Melepas dan Memasang Roda Mobil

Bagaimana langkah-langkah untuk melepas dan memasang roda mobil? Mobil adalah kendaraan darat yang digerakkan oleh mesin, beroda empat, dan biasanya menggunakan bahan bakar minyak untuk menghidupkan mesinnya. Ada kalanya kita ingin melepas dan atau memasang roda mobil untuk keperluan tertentu. Sebelum proses pelepasan/pemasangan roda mobil tersebut dimulai, Anda wajib memperhatikan prosedur keselamatan kerja terlebih dahulu. Di antaranya : Pastikan mengerjakannya di tempat yang memiliki permukaan lantai yang rata Gunakan alat-alat sebagaimana fungsinya Selalu kenakan pakaian penunjang keamanan untuk melindungi diri Untuk mempermudah pengerjaannya, sebaiknya kendurkan mur-mur yang membalut roda terlebih dahulu sebelum mobil didongkrak. Perhatikan seluruh bagian momen pengencangan baut dengan seksama. Selalu gunakan kunci momen pada saat melaksanakan pekerjaan ini. Begitupun ketika mendongkrak dan menopang mobil, disarankan untuk melakukannya di tempat yang berpermukaan rata s