Langsung ke konten utama

4 Tips Memilih Knalpot Mobil yang Tepat

Apakah Anda membutuhkan tips dalam memilih knalpot mobil yang tepat? Pada sebuah mobil, knalpot memegang peranan yang penting pada sistem pembuangan (exhaust system) kendaraan bermotor. Pemilihan knalpot yang benar terbukti mampu meningkatkan performa kendaraan harian asalkan terjadi sinkronisasi antara sistem pembuangan dan mesin mobil itu sendiri. Kesalahan dalam memilih knalpot dapat menyebabkan mesin menjadi kempos, tenaganya loyo, timbul suara berisik, dan pemakaian bensin semakin boros.

Faktanya, knalpot bawaan pabrik sebenarnya sudah sangat mumpuni terutama dalam menghasilkan kecepatan mobil. Selain itu, knalpot standar ini tentunya juga sudah melalui serangkaian ujicoba yang lengkap sehingga keamanan, kenyamanan, dan keindahannya pun telah diperhitungkan dengan matang. Namun demikian, tidak masalah kok apabila Anda ingin mengganti knalpot tersebut dengan produk costum dengan memperhatikan bentuk dan jenis knalpot yang diinginkan.

memilih-knalpot-mobil.jpg

Lalu bagaimana tips-tips memilih knalpot untuk melengkapi sistem pembuangan mobil yang benar. Perhatikan saran-saran dari kami di bawah ini!

Saran 1 : Ketahui Bahan Knalpot

Kebanyakan knalpot yang dijual di pasar Indonesia terbuat dari bahan stainless steel. Bahan ini memiliki kelebihan yaitu tahan terhadap air, antikarat, dan kompresinya bersih. Sebaliknya knalpot dari besi biasanya gampang berkarat dan mudah sekali kotor pada bagian ujungnya. Saat ini, ada pula knalpot titanium yang mempunyai karakteristik lebih baik daripada dua material sebelumnya.

Saran 2 : Ukur Diameter Kepala Knalpot

Anda harus memastikan ukuran diameter kepala knalpot sesuai dengan kapasitaas silinder mesin. Hal ini umumnya sudah ditentukan oleh rasio masing-masing jenis dan merek kendaraan. Penggunaan knalpot yang memiliki rasio tepat antara kapasitas mesin dan besar kepala knalpot sanggup menghasilkan tarikan mesin yang sangat memuaskan.

Saran 3 : Sesuaikan dengan Kebutuhan

Knalpot untuk mobil harian tentu berbeda dengan knalpot yang diperuntukkan bagi mobil balap. Hal tersebut dikarenakan spesifikasi mesin dan piranti-piranti pendukung kedua jenis mobil ini berbeda pula. Anda bisa mendapatkan gambaran tentang spesifikasi knalpot yang mobil Anda butuhkan di dalam buku manual yang melengkapinya.

Saran 4 : Perhatikan Keindahan dan Kenyamanan

Salah satu anggapan keliru yang ada di masyarakat ialah knalpot costum pasti berisik. Sebenarnya tidak begitu semua kok, terutama untuk knalpot yang tergolong tipe bukan knalpot racing. Sedikit trik agar knalpot costum tidak berisik, Anda bisa memadukan antara tabung peredam (muffler bolt on) dan tailpipe dengan kombinasi yang pas sehingga tercipta suara knalpot yang tidak berisik. Mengenai faktor keindahan, mayoritas knalpot costum dirancang dengan desain sporty.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Mengisi/Menambah Angin Ban di SPBU

Bagaimana cara mengisi/menambah angin ban di SPBU? Ban berperan penting dalam menjamin keamanan dan kenyamanan kendaraan bermotor. Itulah kenapa tekanan angin di dalam ban harus senantiasa dijaga. Idealnya tekanan angin pada sepeda motor 29 psi, mobil 32 psi, dan truk 40-50 psi. Beruntung saat ini sudah banyak SPBU (Stasiun Pengisian Bahan bakar Umum) di Indonesia yang memberikan fasilitas pengisian angin ban secara cuma-cuma. Tentu saja hal ini sangat membantu bagi para rider yang kebetulan mampir ke pom bensin tersebut. Mengingat layanan ini bersifat gratis, Anda harus mengoperasikan mesin pompa angin sendiri. Tapi bagaimana cara menggunakannya ya? Nah, berikut ini merupakan tata cara menggunakan kompresor angin yang biasanya terdapat di SPBU : Letakkan kendaraan Anda di samping mesin pompa angin. Tidak perlu terlalu dekat asalkan selang kompresor mampu menjangkau seluruh roda kendaraan. Khusus untuk sepeda motor , posisikan kendaraan bertumpu pada standar tengah sehingga An

Langkah-langkah Cara Coak Body Motor yang Benar

Bagaimana cara coak body motor yang benar? Coak adalah suatu istilah dalam modifikasi sepeda motor yang menyatakan proses pemotongan body kendaraan. Teknik ini biasanya diterapkan di dalam konsep modifikasi yang bergaya drag look dan street racing. Dengan memotong beberapa bagian body yang terdapat pada sepeda motor , maka tampilan kendaraan secara keseluruhan pun akan menjadi semakin keren. Pada dasarnya, proses coak ini tidak terlalu sulit dikerjakan. Malahan Anda bisa menggunakan peralatan tukang yang sederhana. Hanya saja dibutuhkan keahlian dan ketelitian saat mengoperasikan alat-alat tersebut agar hasil potongannya tampak rapi. Biar Anda tidak bingung, silakan coba panduan coak body motor ala Pyurio di bawah ini! Alat dan Bahan yang harus disiapkan : Gergaji besi Gergaji tripleks Bor tangan Selotip Spidol Penggaris Jangka Ampelas halus Langkah-langkah memotong body motor : Buatlah sketsa yang menggambarkan pola pemotongan pada body motor terle

Langkah-langkah Melepas dan Memasang Roda Mobil

Bagaimana langkah-langkah untuk melepas dan memasang roda mobil? Mobil adalah kendaraan darat yang digerakkan oleh mesin, beroda empat, dan biasanya menggunakan bahan bakar minyak untuk menghidupkan mesinnya. Ada kalanya kita ingin melepas dan atau memasang roda mobil untuk keperluan tertentu. Sebelum proses pelepasan/pemasangan roda mobil tersebut dimulai, Anda wajib memperhatikan prosedur keselamatan kerja terlebih dahulu. Di antaranya : Pastikan mengerjakannya di tempat yang memiliki permukaan lantai yang rata Gunakan alat-alat sebagaimana fungsinya Selalu kenakan pakaian penunjang keamanan untuk melindungi diri Untuk mempermudah pengerjaannya, sebaiknya kendurkan mur-mur yang membalut roda terlebih dahulu sebelum mobil didongkrak. Perhatikan seluruh bagian momen pengencangan baut dengan seksama. Selalu gunakan kunci momen pada saat melaksanakan pekerjaan ini. Begitupun ketika mendongkrak dan menopang mobil, disarankan untuk melakukannya di tempat yang berpermukaan rata s