Langsung ke konten utama

3 Cara Mengecek Kondisi Mobil yang Masih Bagus

Bagaimana cara mengecek kondisi mobil yang masih bagus? Tidak sedikit orang yang ingin mempunyai mobil sesegera mungkin. Selain dapat mempermudah aksesibilitas sehari-hari, mobil juga dapat menaikkan gengsi pemiliknya. Namun apa mau di kata, mahalnya harga sebuah mobil baru terkadang menuntut kita untuk mengambil opsi lain yaitu membeli mobil bekas secara kredit.

Kebanyakan calon pembeli hanya memperhatikan tampilan fisik semata. Mobil bekas yang dilapisi cat mengkilap, bodi mulus tanpa goresan, dan kabin yang harum langsung dinilai sebagai mobil yang bagus. Padahal sebelum menjajakan barang dagangannya, pemilik mobil bekas hampir bisa dipastikan selalu akan mencuci dan membersihkan kabin mobil serta memoles eksteriornya terlebih dahulu.

cara-mengecek-kondisi-mobil.jpg

Oleh karena itu, Anda wajib memeriksa mesin mobil untuk mengetahui kondisi yang sesungguhnya. Buat apa kan mobil yang dari luarnya tampak bagus, tetapi sering mogok akibat mesinnya sudah rusak? Nah, berikut ini panduan bagi Anda untuk melakukan pengecekan terhadap kondisi mesin mobil yang benar!

Cara I : Perhatikan Deru Suara Mesin

Cermati suara mesin mobil incaran Anda ketika dihidupkan tanpa hentakan serta perangkat audio dan AC dalam kondisi nonaktif. Suara mesin yang masih bagus akan terdengar halus dan stabil. Sebaliknya, bila terdengar suara tersendat-sendat atau suara seperti logam yang berbenturan/bergesekan, artinya ada masalah pada mesin tersebut.

Cara II : Cek Tidak Ada Rembesan Oli

Periksa terlebih dahulu bagian bawah mobil untuk memastikan tidak ada rembesan oli yang menetes di lantai. Kemudian lakukan pengecekan lebih mendetail dengan memeriksa mesin langsung. Caranya bukalah kap mobil, lalu amati kondisi komponen-komponen penyusun mesin mobil. Bila ada baut baru yang terpasang, tandanya pernah ada masalah pada mesin yang serius sehingga memaksa penggantian baut tadi.

Cara III : Lihat Kondisi Ujung Knalpot

Bekas pembakaran yang tercetak di ujung knalpot bisa menjadi petunjuk yang akurat untuk menggambarkan kondisi suatu mobil. Untuk itulah, Anda bisa membersihkan knalpot ini dahulu kemudian cobalah menyalakan mesin dengan memberikannya sedikit hentakan pedal gas beberapa kali. Mesin yang masih bagus ditandai dari ujung knalpot yang tetap bersih dan berwarna cokelat kemerahan.

Jika setelah diujicoba tadi warna ujung knalpot berubah menjadi kehitam-hitaman dan berminyak, hal ini menandakan proses pencampuran bahan bakar dan udara di ruang pembakaran tidak lancar sehingga tenaganya loyo. Sedangkan kalau di ujung knalpot ada bekas rembesan oli/banyak asap yang menyembur, berarti mesin mengalami kebocoran yang mengakibatkan oli merembes masuk ke ruang bakar. Hal ini menyebabkan performa dan akselerasi mobil menurun drastis.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Mengisi/Menambah Angin Ban di SPBU

Bagaimana cara mengisi/menambah angin ban di SPBU? Ban berperan penting dalam menjamin keamanan dan kenyamanan kendaraan bermotor. Itulah kenapa tekanan angin di dalam ban harus senantiasa dijaga. Idealnya tekanan angin pada sepeda motor 29 psi, mobil 32 psi, dan truk 40-50 psi. Beruntung saat ini sudah banyak SPBU (Stasiun Pengisian Bahan bakar Umum) di Indonesia yang memberikan fasilitas pengisian angin ban secara cuma-cuma. Tentu saja hal ini sangat membantu bagi para rider yang kebetulan mampir ke pom bensin tersebut. Mengingat layanan ini bersifat gratis, Anda harus mengoperasikan mesin pompa angin sendiri. Tapi bagaimana cara menggunakannya ya? Nah, berikut ini merupakan tata cara menggunakan kompresor angin yang biasanya terdapat di SPBU : Letakkan kendaraan Anda di samping mesin pompa angin. Tidak perlu terlalu dekat asalkan selang kompresor mampu menjangkau seluruh roda kendaraan. Khusus untuk sepeda motor , posisikan kendaraan bertumpu pada standar tengah sehingga An

Langkah-langkah Cara Coak Body Motor yang Benar

Bagaimana cara coak body motor yang benar? Coak adalah suatu istilah dalam modifikasi sepeda motor yang menyatakan proses pemotongan body kendaraan. Teknik ini biasanya diterapkan di dalam konsep modifikasi yang bergaya drag look dan street racing. Dengan memotong beberapa bagian body yang terdapat pada sepeda motor , maka tampilan kendaraan secara keseluruhan pun akan menjadi semakin keren. Pada dasarnya, proses coak ini tidak terlalu sulit dikerjakan. Malahan Anda bisa menggunakan peralatan tukang yang sederhana. Hanya saja dibutuhkan keahlian dan ketelitian saat mengoperasikan alat-alat tersebut agar hasil potongannya tampak rapi. Biar Anda tidak bingung, silakan coba panduan coak body motor ala Pyurio di bawah ini! Alat dan Bahan yang harus disiapkan : Gergaji besi Gergaji tripleks Bor tangan Selotip Spidol Penggaris Jangka Ampelas halus Langkah-langkah memotong body motor : Buatlah sketsa yang menggambarkan pola pemotongan pada body motor terle

Langkah-langkah Melepas dan Memasang Roda Mobil

Bagaimana langkah-langkah untuk melepas dan memasang roda mobil? Mobil adalah kendaraan darat yang digerakkan oleh mesin, beroda empat, dan biasanya menggunakan bahan bakar minyak untuk menghidupkan mesinnya. Ada kalanya kita ingin melepas dan atau memasang roda mobil untuk keperluan tertentu. Sebelum proses pelepasan/pemasangan roda mobil tersebut dimulai, Anda wajib memperhatikan prosedur keselamatan kerja terlebih dahulu. Di antaranya : Pastikan mengerjakannya di tempat yang memiliki permukaan lantai yang rata Gunakan alat-alat sebagaimana fungsinya Selalu kenakan pakaian penunjang keamanan untuk melindungi diri Untuk mempermudah pengerjaannya, sebaiknya kendurkan mur-mur yang membalut roda terlebih dahulu sebelum mobil didongkrak. Perhatikan seluruh bagian momen pengencangan baut dengan seksama. Selalu gunakan kunci momen pada saat melaksanakan pekerjaan ini. Begitupun ketika mendongkrak dan menopang mobil, disarankan untuk melakukannya di tempat yang berpermukaan rata s