Langsung ke konten utama

Cara Menghilangkan Karat di Permukaan Mobil

Bagaimana caranya menghilangkan karat di permukaan mobil? Mobil bisa diibaratkan sebagai kendaraan besi karena sebagian besar material penyusunnya terbuat dari logam. Agar performa dan penampilannya tetap terjaga dengan baik, mobil perlu dipelihara semaksimal mungkin. Jika tidak, maka cepat atau lambat komponen-komponen pembentuk mobil pun akan kotor dan akhirnya berkarat. Tentu saja adanya karat tersebut akan mengakibatkan kondisi mobil menjadi semakin ringkih.

Ada banyak fator pemicu yang dapat menyebabkan mobil Anda berkarat. Salah satunya disebabkan oleh cat pelapis yang sudah terkelupas. Karena tidak terlindung lagi, rangka mobil tersebut pun mengalami percepatan proses oksidasi akibat kelembaban udara yang tinggi sehingga menimbulkan karat. Jadi peran cat ini sangat penting untuk menjaga mobil tetap terawat dengan baik.

cara-menghilangkan-karat-mobil.jpg

Lantas apabila mobil sudah berkarat, bagaimanakah cara menghilangkan karat tersebut?

Alat dan Bahan :

  • Ampelas
  • Gerinda
  • Kacamata
  • Masker
  • Sarung tangan
  • Kertas koran
  • Asam phosphat
  • Dempul mobil
  • Thinner
  • Cat primer mobil
  • Cat vernish mobil

Langkah-langkah :

  1. Bersihkan karat yang menempel pada bagian-bagian mobil, terutama yang berbahan logam, menggunakan gerinda. Kemudian haluskan permukaannya memakai ampelas 150 grit. Untuk menyempurnakan hasil pengampelasan, Anda bisa menuangkan asam phosphat secukupnya pada bagian yang telah diampelas tadi.
  2. Seringkali proses penghalusan memakai ampelas mengakibatkan tekstur permukaan part logam menjadi bergelombang. Untuk meratakannya kembali, Anda bisa mengoleskan dempul mobil pada permukaan part tersebut. Setelah kondisinya cukup kering, haluskan kembali menggunakan ampelas 120 grit.
  3. Kini bagian-bagian mobil yang sudah di-finishing tadi pun telah siap untuk dilapisi kembali dengan cat. Sebelumnya, komponen yang akan dicat ini perlu dilapisi thinner terlebih dahulu supaya hasil pengecatannya lebih maksimal. Cara memakai thinner ialah menuangkan ke kain lap, lalu menggosokkannya ke permukaan part mobil.
  4. Proses berikutnya adalah pengecatan dengan cat dasar. Sebelum dimulai, Anda perlu menutupi komponen-komponen yang tidak ingin dicat memakai kertas koran sehingga tetap bersih. Setelah itu, barulah cat dasar disemprotkan ke bagian yang dimaksud secara merata. Lakukan penyemprotan memakai cat dasar ini minimal sebanyak 3 kali agar lapisannya awet. Diamkan mobil selama kurang lebih 12 jam supaya lapisan cat dasar ini dapat mengering sempurna.
  5. Keesokan harinya cek kondisi cat dasar untuk memastikannya sudah benar-benar mengering. Kemudian Anda bisa mengaplikasikan cat vernish untuk memberikan perlindungan yang lebih baik pada part mobil. Tunggu agar cat vernish mengering selama 48 jam, selanjutnya Anda bisa mencucinya sampai bersih.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Mengisi/Menambah Angin Ban di SPBU

Bagaimana cara mengisi/menambah angin ban di SPBU? Ban berperan penting dalam menjamin keamanan dan kenyamanan kendaraan bermotor. Itulah kenapa tekanan angin di dalam ban harus senantiasa dijaga. Idealnya tekanan angin pada sepeda motor 29 psi, mobil 32 psi, dan truk 40-50 psi. Beruntung saat ini sudah banyak SPBU (Stasiun Pengisian Bahan bakar Umum) di Indonesia yang memberikan fasilitas pengisian angin ban secara cuma-cuma. Tentu saja hal ini sangat membantu bagi para rider yang kebetulan mampir ke pom bensin tersebut. Mengingat layanan ini bersifat gratis, Anda harus mengoperasikan mesin pompa angin sendiri. Tapi bagaimana cara menggunakannya ya? Nah, berikut ini merupakan tata cara menggunakan kompresor angin yang biasanya terdapat di SPBU : Letakkan kendaraan Anda di samping mesin pompa angin. Tidak perlu terlalu dekat asalkan selang kompresor mampu menjangkau seluruh roda kendaraan. Khusus untuk sepeda motor , posisikan kendaraan bertumpu pada standar tengah sehingga An...

Langkah-langkah Cara Coak Body Motor yang Benar

Bagaimana cara coak body motor yang benar? Coak adalah suatu istilah dalam modifikasi sepeda motor yang menyatakan proses pemotongan body kendaraan. Teknik ini biasanya diterapkan di dalam konsep modifikasi yang bergaya drag look dan street racing. Dengan memotong beberapa bagian body yang terdapat pada sepeda motor , maka tampilan kendaraan secara keseluruhan pun akan menjadi semakin keren. Pada dasarnya, proses coak ini tidak terlalu sulit dikerjakan. Malahan Anda bisa menggunakan peralatan tukang yang sederhana. Hanya saja dibutuhkan keahlian dan ketelitian saat mengoperasikan alat-alat tersebut agar hasil potongannya tampak rapi. Biar Anda tidak bingung, silakan coba panduan coak body motor ala Pyurio di bawah ini! Alat dan Bahan yang harus disiapkan : Gergaji besi Gergaji tripleks Bor tangan Selotip Spidol Penggaris Jangka Ampelas halus Langkah-langkah memotong body motor : Buatlah sketsa yang menggambarkan pola pemotongan pada body motor terle...

Seperti Ini Cara Setel Pelek Jari-jari Sepeda Motor

Bagaimana caranya menyetel pelek jari-jari sepeda motor? Kepopuleran pelek jari-jari di kalangan penggemar kendaraan bermotor kini kembali meningkat. Pasalnya, pelek ini dinilai mempunyai tampilan tersendiri yang lain daripada pelek racing. Apalagi pelek ruji ini juga bisa digunakan dalam setiap modifikasi motor dengan tema apapun. Sebelum menyetel pelek jari-jari motor, Anda perlu memperhatikan faktor-faktor persiapannya terlebih dahulu sebagai berikut : Selalu pilih pelek sepeda motor dengan spesifikasi yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Pelek yang kuat ditandai dari bentuknya yang standar, baik U shape maupun E shape. Jika Anda memiliki kocek yang berlebih, gunakanlah pelek yang telah diakui kualitasnya secara internasional. Gunakan tromol yang asli sesuai dengan standar dari pabrikan motor tersebut. Hal ini disebabkan tromol asli memiliki bentuk yang lebih presisi sehingga akan mempermudah Anda dalam menyetel jari-jari pelek. Di samping itu, tromol asli juga terbukti lebi...