Langsung ke konten utama

Cara Menyetel Rem Tromol Belakang Motor yang Tidak Pakem

Bagaimana cara menyetel rem tromol belakang motor yang tidak pakem? Rem tromol adalah salah satu jenis rem yang banyak diaplikasikan pada kendaraan bermotor, khususnya sepeda motor. Meskipun teknologi yang ditanamkan di rem ini terbilang sederhana, tetapi hasil cengkeramannya terbilang sangat memuaskan. Rem tromol mampu menurunkan laju perputaran roda motor dengan baik sekali.

Secara prinsip, rem tromol bekerja dengan mengandalkan kanvas yang ditekan oleh tuas. Agar performa rem ini selalu terjaga, kuncinya yaitu mempertahankan kondisi rem tromol senantiasa bersih. Bagaimanakah cara melakukannya? Ikuti panduan dari kami berikut ini!

cara-menyetel-rem-tromol.jpg

1. Pembongkaran Rem Tromol

Mulailah dengan mengendurkan terlebih dahulu baut as roda belakang sepeda motor untuk melepaskan rodanya. Kemudian copot juga dudukan kampas tromol beserta tromolnya. Setelah itu, Anda bisa membongkar unit rem tersebut dengan hati-hati.

2. Pembersihan Rem Tromol

Bersihkan rem tromol dari debu dan kotoran menggunakan kain lap sampai tuntas. Bila diperlukan, Anda bisa menyemprotkan angin ke sela-sela tromol memakai kompresor. Selanjutnya cucilah rem dan kampas dengan air sabun lalu jemur di bawah terik matahari sampai kering.

3. Pemeriksaan Kampas Rem

Cek kondisi kelayakan kampas rem. Jika permukaannya terasa licin, Anda bisa mengampelasnya supaya teksturnya lebih kasar lalu sikat hingga bersih. Periksa juga ukuran ketebalan kampas, apabila sudah di luar ketentuan sebaiknya ganti saja satu set langsung.

4. Pengecekan Pegas Rem

Rem belakang motor bekerja dengan memanfaatkan sistem pegas yang ditekan memakai kaki kanan sebelah depan. Ketika kondisi pegas tersebut mengalami kerusakan atau kendur, maka kinerjanya pun tidak akan optimal. Jadi jangan lupa untuk mengecek keadaan pegas-pegas pengembalian ini. Komponen pegas yang sudah patah, lemah, atau pun macet wajib diganti dengan yang baru.

5. Perakitan Rem Tromol

Setelah dirasakan semua kondisi komponen penyusun rem tromol sudah beres, Anda bisa merakitnya kembali seperti semula. Proses perakitan ini sama dengan kebalikan dari pembongkaran rem tromol. Selanjutnya pasang kembali roda belakang sepeda motor. Kemudian setel bagian rem tromol yang terhubung langsung dengan roda belakang dengan cara mengungkit pengait rem memakai obeng, lalu mengatur posisi baut penahan pegas di tempat yang paling pas. Pemeriksaan terhadap ketepatan posisi baut penahan pegas dapat dilakukan dengan menggerakan roda belakang sampai berputar dengan lancar, serta menekan tuas rem belakang hingga didapatkan rem berhasil menahan perputaran roda tersebut dengan pakem.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Mengisi/Menambah Angin Ban di SPBU

Bagaimana cara mengisi/menambah angin ban di SPBU? Ban berperan penting dalam menjamin keamanan dan kenyamanan kendaraan bermotor. Itulah kenapa tekanan angin di dalam ban harus senantiasa dijaga. Idealnya tekanan angin pada sepeda motor 29 psi, mobil 32 psi, dan truk 40-50 psi. Beruntung saat ini sudah banyak SPBU (Stasiun Pengisian Bahan bakar Umum) di Indonesia yang memberikan fasilitas pengisian angin ban secara cuma-cuma. Tentu saja hal ini sangat membantu bagi para rider yang kebetulan mampir ke pom bensin tersebut. Mengingat layanan ini bersifat gratis, Anda harus mengoperasikan mesin pompa angin sendiri. Tapi bagaimana cara menggunakannya ya? Nah, berikut ini merupakan tata cara menggunakan kompresor angin yang biasanya terdapat di SPBU : Letakkan kendaraan Anda di samping mesin pompa angin. Tidak perlu terlalu dekat asalkan selang kompresor mampu menjangkau seluruh roda kendaraan. Khusus untuk sepeda motor , posisikan kendaraan bertumpu pada standar tengah sehingga An

Langkah-langkah Cara Coak Body Motor yang Benar

Bagaimana cara coak body motor yang benar? Coak adalah suatu istilah dalam modifikasi sepeda motor yang menyatakan proses pemotongan body kendaraan. Teknik ini biasanya diterapkan di dalam konsep modifikasi yang bergaya drag look dan street racing. Dengan memotong beberapa bagian body yang terdapat pada sepeda motor , maka tampilan kendaraan secara keseluruhan pun akan menjadi semakin keren. Pada dasarnya, proses coak ini tidak terlalu sulit dikerjakan. Malahan Anda bisa menggunakan peralatan tukang yang sederhana. Hanya saja dibutuhkan keahlian dan ketelitian saat mengoperasikan alat-alat tersebut agar hasil potongannya tampak rapi. Biar Anda tidak bingung, silakan coba panduan coak body motor ala Pyurio di bawah ini! Alat dan Bahan yang harus disiapkan : Gergaji besi Gergaji tripleks Bor tangan Selotip Spidol Penggaris Jangka Ampelas halus Langkah-langkah memotong body motor : Buatlah sketsa yang menggambarkan pola pemotongan pada body motor terle

Langkah-langkah Melepas dan Memasang Roda Mobil

Bagaimana langkah-langkah untuk melepas dan memasang roda mobil? Mobil adalah kendaraan darat yang digerakkan oleh mesin, beroda empat, dan biasanya menggunakan bahan bakar minyak untuk menghidupkan mesinnya. Ada kalanya kita ingin melepas dan atau memasang roda mobil untuk keperluan tertentu. Sebelum proses pelepasan/pemasangan roda mobil tersebut dimulai, Anda wajib memperhatikan prosedur keselamatan kerja terlebih dahulu. Di antaranya : Pastikan mengerjakannya di tempat yang memiliki permukaan lantai yang rata Gunakan alat-alat sebagaimana fungsinya Selalu kenakan pakaian penunjang keamanan untuk melindungi diri Untuk mempermudah pengerjaannya, sebaiknya kendurkan mur-mur yang membalut roda terlebih dahulu sebelum mobil didongkrak. Perhatikan seluruh bagian momen pengencangan baut dengan seksama. Selalu gunakan kunci momen pada saat melaksanakan pekerjaan ini. Begitupun ketika mendongkrak dan menopang mobil, disarankan untuk melakukannya di tempat yang berpermukaan rata s