Langsung ke konten utama

Cara Menyetel Rantai Keteng pada Motor

Bagaimana cara menyetel rantai keteng pada motor? Sepeda motor yang menggunakan mesin bertenaga 4 tak sudah menggunakan rantai keteng sebagai penghubung antara poros engkol (kruck as) pada bak mesin dan noken as pada kop silinder. Agar performanya optimal, rantai keteng tersebut harus disetel dengan pengaturan yang benar dan sesuai ketentuan yang berlaku.

Faktor utama yang wajib diperhatikan saat menyetel rantai ini adalah posisi top mesin jangan sampai berubah. Pemasangan rantai keteng yang salah akan mengakibatkan mesin motor susah dinyalakan. Kalaupun mesin bisa hidup, maka suaranya akan terdengar berebet dan tidak normal. Fatalnya lagi, kesalahan tersebut juga dapat menyebabkan klep menjadi bengkok.

cara-menyetel-rantai-keteng.jpg

Biar tidak keliru dalam melakukan penyetelan rantai keteng pada sepeda motor, Anda bisa mengikuti langkah-langkah kerja sebagai berikut!

I. Pengecekan Posisi Top

  1. Bukalah bagian penutup tanda top yang terletak di bak maghnit terlebih dahulu. Pastikan posisi huruf T pada bak maghnit tersebut sudah sejajar dengan garis/coakan yang ada di bak maghnit.
  2. Bukalah bagian penutup gigi (gear timming) yang terletak di kop silinder. Periksa untuk memastikan letak tanda titik yang terdapat pada gear telah berada di posisi yang sejajar dengan coakan pada kop silinder tersebut.
  3. Bukalah bagian penutup klep. Usahakan posisi top pada kedua rocker arm/temlar berada di level netral serta tidak menekan klep.
  4. Bukalah bagian busi untuk mengecek apakah posisi piston sudah berada di atas TMA (Titik Mati Atas) atau belum. Ingat saat kedudukannya top, maka posisi piston wajib ada di ata TMA.

II. Pelepasan Rantai Keteng

  1. Lepaskan bagian bak maghnit, maghnit, gear starter, dan komponen-komponen lainyang berada di dalam bak maghnit.
  2. Lepaskan pula baut gear timming pada kop silinder, lalu lepaskan bagian penekan rantai keteng (automatic timming). Barulah setelah itu, Anda bisa melepaskan rantai keteng tersebut.

III. Pemasangan Rantai Keteng

  1. Pastikan posisi rantai keteng berada di kedudukan atas, kemudian pasanglah rantai tersebut dan atur posisinya dengan tepat.
  2. Setelah proses pemasangan rantai keteng selesai, Anda bisa mengecek ulang hasil pemasangannya terutama pada bagian setelah klep apakah sudah benar atau belum.
  3. Setelan klep yang masih salah perlu diatur ulang sampai benar khusus pada bagian klep tersebut saja.

Demikian tata cara yang dapat Anda lakukan untuk melakukan penyetelan rantai keteng pada sepeda motor. Semoga bermanfaat.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Mengisi/Menambah Angin Ban di SPBU

Bagaimana cara mengisi/menambah angin ban di SPBU? Ban berperan penting dalam menjamin keamanan dan kenyamanan kendaraan bermotor. Itulah kenapa tekanan angin di dalam ban harus senantiasa dijaga. Idealnya tekanan angin pada sepeda motor 29 psi, mobil 32 psi, dan truk 40-50 psi. Beruntung saat ini sudah banyak SPBU (Stasiun Pengisian Bahan bakar Umum) di Indonesia yang memberikan fasilitas pengisian angin ban secara cuma-cuma. Tentu saja hal ini sangat membantu bagi para rider yang kebetulan mampir ke pom bensin tersebut. Mengingat layanan ini bersifat gratis, Anda harus mengoperasikan mesin pompa angin sendiri. Tapi bagaimana cara menggunakannya ya? Nah, berikut ini merupakan tata cara menggunakan kompresor angin yang biasanya terdapat di SPBU : Letakkan kendaraan Anda di samping mesin pompa angin. Tidak perlu terlalu dekat asalkan selang kompresor mampu menjangkau seluruh roda kendaraan. Khusus untuk sepeda motor , posisikan kendaraan bertumpu pada standar tengah sehingga An

Langkah-langkah Cara Coak Body Motor yang Benar

Bagaimana cara coak body motor yang benar? Coak adalah suatu istilah dalam modifikasi sepeda motor yang menyatakan proses pemotongan body kendaraan. Teknik ini biasanya diterapkan di dalam konsep modifikasi yang bergaya drag look dan street racing. Dengan memotong beberapa bagian body yang terdapat pada sepeda motor , maka tampilan kendaraan secara keseluruhan pun akan menjadi semakin keren. Pada dasarnya, proses coak ini tidak terlalu sulit dikerjakan. Malahan Anda bisa menggunakan peralatan tukang yang sederhana. Hanya saja dibutuhkan keahlian dan ketelitian saat mengoperasikan alat-alat tersebut agar hasil potongannya tampak rapi. Biar Anda tidak bingung, silakan coba panduan coak body motor ala Pyurio di bawah ini! Alat dan Bahan yang harus disiapkan : Gergaji besi Gergaji tripleks Bor tangan Selotip Spidol Penggaris Jangka Ampelas halus Langkah-langkah memotong body motor : Buatlah sketsa yang menggambarkan pola pemotongan pada body motor terle

Langkah-langkah Melepas dan Memasang Roda Mobil

Bagaimana langkah-langkah untuk melepas dan memasang roda mobil? Mobil adalah kendaraan darat yang digerakkan oleh mesin, beroda empat, dan biasanya menggunakan bahan bakar minyak untuk menghidupkan mesinnya. Ada kalanya kita ingin melepas dan atau memasang roda mobil untuk keperluan tertentu. Sebelum proses pelepasan/pemasangan roda mobil tersebut dimulai, Anda wajib memperhatikan prosedur keselamatan kerja terlebih dahulu. Di antaranya : Pastikan mengerjakannya di tempat yang memiliki permukaan lantai yang rata Gunakan alat-alat sebagaimana fungsinya Selalu kenakan pakaian penunjang keamanan untuk melindungi diri Untuk mempermudah pengerjaannya, sebaiknya kendurkan mur-mur yang membalut roda terlebih dahulu sebelum mobil didongkrak. Perhatikan seluruh bagian momen pengencangan baut dengan seksama. Selalu gunakan kunci momen pada saat melaksanakan pekerjaan ini. Begitupun ketika mendongkrak dan menopang mobil, disarankan untuk melakukannya di tempat yang berpermukaan rata s