Langsung ke konten utama

5 Penyebab Rantai Motor Bunyi Krek Krek

Anda mungkin merasa bingung sendiri karena saat sedang asyik-asyiknya berkendara sepeda motor tiba-tiba terdengar bunyi krek krek dari bagian rantai. Lantas, Anda pun mencoba untuk mencari tahu apa yang terjadi dan apa pula penyebab sebenarnya. Karena seharusnya rantai motor yang normal itu bergerak dengan mulus dan lancar. Kalau ada sesuatu yang tidak beres, pasti ada masalah yang terjadi.
Tetapi masalah apa yang menyebabkan rantai motor mengeluarkan bunyi krek krek? Inilah pokok pembahasan utama yang akan kami coba jelaskan kali ini. Pasalnya rantai yang berbunyi krek krek ini tidak hanya akan mengganggu pengalaman Anda dalam mengendarai sepeda motor sehingga menimbulkan perasaan yang tidak nyaman, tetapi juga bisa menyebabkan kerusakan pada rantai itu sendiri. Jadi Anda harus segera memperbaikinya.
penyebab-rantai-bunyi-krek-krek.jpg
Lantas, apa sih faktor-faktor yang menyebabkan timbulnya bunyi krek krek pada rantai?
Penyebab 1. Rantai yang Kendur
Seharusnya rantai terpasang pas di gear. Dengan demikian, maka pergerakan rantai tersebut menjadi mulus. Rantai akan berputar secara pas pada gigi gear. Namun seiring dengan berjalannya waktu, rantai motor yang notabene terbuat dari besi akan memuai. Lama-kelamaan kondisinya akan menjadi kendur. Salah satu ciri-ciri rantai yang kendur ialah timbul bunyi berisik terdengar seperti krek krek. Anda bisa mengatasinya dengan memotong sebagian rantai atau menggantinya dengan rantai baru.
Penyebab 2. Rantai Terlalu Kering
Rantai diharuskan untuk terus bergesekan dengan mata gear pada saat sepeda motor berjalan. Dari gesekan ini timbul gaya gesek yang dapat berdampak negatif bagi kedua komponen itu sendiri yaitu strukturnya bisa menjadi aus. Guna mengatasinya, Anda harus memberikan pelumas di permukaan rantai dan gear sehingga gesekan antar kedua komponen ini bisa berlangsung secara mulus. Rantai yang pelumasnya sudah habis akan menjadi kering sehingga meningkatkan kembali risiko gaya gesek.
Penyebab 3. Kondisi Rantai Berkarat
Rantai juga bisa menjadi berkarat. Masalah ini biasanya timbul karena rantai tersebut terus dibiarkan tidak dilindungi oleh pelumas. Kotoran yang melekat di sela-sela rantai ditambah dengan air, apalagi air hujan dan air laut, dapat mempercepat timbulnya karat pada rantai. Jika Anda mengalami masalah ini, segera ambil tindakan dengan membersihkan karat yang ada di permukaan rantai tersebut. Kemudian Anda bisa melapisinya menggunakan oli khusus untuk rantai.
Penyebab 4. Karet Rumah Kopling Aus
Timbulnya bunyi krek krek pada rantai sepeda motor juga bisa disebabkan oleh kondisi karet rumah kopling yang sudah aus atau oblak. Anda juga patut mewaspadai masalah ini. Karet rumah kopling yang aus/oblak tersebut mengakibatkan gerakan antara gear reduksi primer dan rumah kopling pada saat Anda tidak menekannya. Dari sinilah timbul bunyi krek krek. Cobalah periksa kondisi karet rumah kopling dan lakukan upaya perbaikan seperlunya.
Penyebab 5. Karet Pelindung sudah Rusak
Anda perlu mengetahui bahwa rantai di sepeda motor tidak berdiri sendiri. Ada banyak komponen yang berhubungan langsung dengan rantai tersebut. Rantai juga terhubung dengan bagian swing arm. Ada karet khusus yang melindungi antara swing arm dengan rantai. Kalau karet pelindung ini mengalami kerusakan, maka salah satu dampak pertama yang muncul ialah terdengarnya suara berisik dari bagian rantai.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Mengisi/Menambah Angin Ban di SPBU

Bagaimana cara mengisi/menambah angin ban di SPBU? Ban berperan penting dalam menjamin keamanan dan kenyamanan kendaraan bermotor. Itulah kenapa tekanan angin di dalam ban harus senantiasa dijaga. Idealnya tekanan angin pada sepeda motor 29 psi, mobil 32 psi, dan truk 40-50 psi. Beruntung saat ini sudah banyak SPBU (Stasiun Pengisian Bahan bakar Umum) di Indonesia yang memberikan fasilitas pengisian angin ban secara cuma-cuma. Tentu saja hal ini sangat membantu bagi para rider yang kebetulan mampir ke pom bensin tersebut. Mengingat layanan ini bersifat gratis, Anda harus mengoperasikan mesin pompa angin sendiri. Tapi bagaimana cara menggunakannya ya? Nah, berikut ini merupakan tata cara menggunakan kompresor angin yang biasanya terdapat di SPBU : Letakkan kendaraan Anda di samping mesin pompa angin. Tidak perlu terlalu dekat asalkan selang kompresor mampu menjangkau seluruh roda kendaraan. Khusus untuk sepeda motor , posisikan kendaraan bertumpu pada standar tengah sehingga An

Langkah-langkah Melepas dan Memasang Roda Mobil

Bagaimana langkah-langkah untuk melepas dan memasang roda mobil? Mobil adalah kendaraan darat yang digerakkan oleh mesin, beroda empat, dan biasanya menggunakan bahan bakar minyak untuk menghidupkan mesinnya. Ada kalanya kita ingin melepas dan atau memasang roda mobil untuk keperluan tertentu. Sebelum proses pelepasan/pemasangan roda mobil tersebut dimulai, Anda wajib memperhatikan prosedur keselamatan kerja terlebih dahulu. Di antaranya : Pastikan mengerjakannya di tempat yang memiliki permukaan lantai yang rata Gunakan alat-alat sebagaimana fungsinya Selalu kenakan pakaian penunjang keamanan untuk melindungi diri Untuk mempermudah pengerjaannya, sebaiknya kendurkan mur-mur yang membalut roda terlebih dahulu sebelum mobil didongkrak. Perhatikan seluruh bagian momen pengencangan baut dengan seksama. Selalu gunakan kunci momen pada saat melaksanakan pekerjaan ini. Begitupun ketika mendongkrak dan menopang mobil, disarankan untuk melakukannya di tempat yang berpermukaan rata s

Tata Cara Mengganti Lampu Utama Sepeda Motor

Bagaimana cara mengganti lampu utama sepeda motor? Pada kendaraan roda dua, lampu utama berfungsi sebagai penerang jalan dan pemberitahu pengendara lain akan keberadaan kita. Oleh sebab itu, lampu utama ini harus selalu menyala, baik saat malam maupun siang hari. Lampu Sepeda Motor Pada dasarnya, mengganti lampu sepeda motor dapat dilakukan dengan mudah. Kuncinya adalah kesabaran untuk membuka casing secara hati-hati agar tidak menimbulkan goresan dan lecet. Di bawah ini tata cara panduannya oleh Pyurio untuk anda! Alat dan Bahan : Lampu utama Obeng Kuas Langkah-langkah : Posisikan sepeda motor dengan bersandar pada standar tengah sehingga lebih mudah diotak-atik. Gunakan obeng untuk melepas seluruh sekrup yang menahan casing batok pembungkus lampu utama. Bersihkanlah bagian dalam casing memakai kuas untuk menghilangkan debu yang menumpuk. Buka karet penutup fitting dan lepaskan fitting dengan menekan lalu memutarnya berlawanan arah jarum jam. Rogoh bohlam l