Cara Pemasangan Lampu Tembak yang Benar

Bagaimana cara pemasangan lampu tembak yang benar? Lampu tembak/sorot/LED cree biasanya dipasang dengan menggunakan relay. Lampu ini berfungsi sebagai lampu pengganti dari lampu standar karena memiliki daya pancar yang lebih terang dan lebih cerah. Bagi sebagian pemilik sepeda motor, lampu ini wajib ditambahkan ke kendaraan, terutama mereka yang sering bepergian hingga larut malam.

Di pasaran, terdapat banyak sekali lampu motor tambahan yang dijual secara bebas. Salah satu yang paling banyak digunakan ialah lampu yang menggunakan LED misalnya LED luxeon, LED cree, atau LED worklight/LED offroad. Nah, pada percobaan kali ini kita akan belajar tentang cara memasang lampu tembak yang berjenis LED worklight atau LED offroad.

Ada dua metode yang dapat diaplikasikan untuk memasang lampu tembak ke sepeda motor. Metode pertama adalah cara yang mudah dan praktis yaitu menyambungkan langsung antara kabel positif dari lampu LED ke aki serta kabel massa LED ke massa bodi kendaraan. Berikutnya Anda bisa menambahkan sakelar pada bagian kabel massa sebagai pengatur on-off supaya aman. Kelemahan dari metode ini adalah lampu tidak otomatis padam ketika mesin dimatikan karena terhubung langsung dengan aki.

Sementara itu, metode kedua ialah memasang lampu tembak dengan bantuan relay. Tujuannya yaitu supaya nyala lampu tambahan akan berjalan secara otomatis pada saat posisi kontak dalam kondisi aktif. Kelebihan lainnya yakni arus listrik yang menuju ke LED cree juga lebih stabil sebab langsung terkoneksi dengan aki dan tidak mengganggu kabel bodi standar motor.

cara-pemasangan-lampu-tembak.jpg

Alat dan Bahan :

  • Kabel
  • Skun
  • Isolasi listrik
  • Sakelar on/off
  • Relay
  • Lampu tembak

Langkah-langkah :

  1. Buat rangkaian dengan cara menyambungkan kabel dari positif aki ke kaki relay nomor 30.
  2. Hubungkan kabel positif LED cree ke kaki relay nomor 87.
  3. Sambungkan pula kabel dari kaki relay nomor 86 ke kabel kunci kontak. Khusus untuk sepeda motor tipe Honda CB150R, kabel tersebut berwarna merah. Dengan begini, arus listrik yang menuju ke LED cree hanya bisa aktif pada saat kondisi kontak dalam posisi on.
  4. Terakhir, koneksikan kabel dari kaki relay nomor 85 ke ground/massa. Sebagai alternatif, Anda bisa memasang sebuah sakelar tambahan untuk menghidupkan dan mematikan LED cree.

Ternyata, mudah banget kan proses pemasangan lampu tembak ini?

1 Response to "Cara Pemasangan Lampu Tembak yang Benar"