Langsung ke konten utama

Cara Mengganti Minyak Rem Cakram Motor

Bagaimana cara mengganti minyak rem cakram motor? Kebanyakan produk sepeda motor varian terbaru dibekali dengan rem yang berjenis cakram. Dibandingkan dengan rem tromol, rem ini dinilai memiliki performa cengkeraman yang lebih baik. Dengan kemampuannya tersebut, rem cakram dapat mempercepat proses perlambatan perputaran roda kendaraan.

Meskipun memiliki performa yang tidak perlu diragukan lagi, rem cakram harus senantiasa dirawat dengan benar supaya daya kerjanya bisa tetap terjaga. Kesalahan yang kerap dilakukan oleh pemilik motor adalah tidak memerdulikan kondisi minyak rem yang ada di dalam. Tanpa disadari volume minyak ini berkurang drastis sehingga kemampuan rem cakram pun turut menurun.

cara-mengganti-minyak-rem.jpg

Sebetulnya tata cara penggantian minyak rem cakram pada sepeda motor ini terbilang lumayan gampang kok. Untuk memudahkan pekerjaan Anda, ikuti langkah-langkah selengkapnya di bawah ini!

Alat dan Bahan :

  • Obeng plus berukuran sedang untuk membuka penutup master rem
  • Gayung berisi air secukupnya untuk menguras minyak rem
  • Kain lap yang basah untuk membersihkan minyak rem yang tumpah
  • Selang kecil berwarna bening untuk memeriksa udara yang terjebak di selang rem
  • Minyak rem jenis dot 3 atau dot 4 sesuai spesifikasi motor

Langkah-langkah :

  1. Bukalah baut yang terletak pada master rem menggunakan obeng.
  2. Tuangkan minyak rem ke dalam master tersebut secara perlahan-lahan.
  3. Perhatikan dengan seksama, minyak rem tadi akan bergerak ke selang pada bagian nipel kaliper rem cakram.
  4. Sembari mengisikan minyak rem, Anda bisa memompa handle rem secara terus-menerus sampai handle tersebut terasa keras.
  5. Jika tekanan pada handle rem sudah terasa keras, Anda bisa menahan posisinya lalu kendurkan ikatan baut pada nipel kaliper sampai terlihat ada minyak rem dan gelembung udara yang keluar. Setelah itu, keraskan sekali lagi nipel kaliper tersebut.
  6. Ulangi langkah di atas selama beberapa kali sampai minyak rem terisi penuh dan tidak ada gelembung udara yang terjebak di dalamnya.
  7. Hati-hati saat melakukan pekerjaan ini karena sifat minyak rem yang keras sanggup merusak lapisan cat pada bodi sepeda motor. Apabila minyak rem tersebut tidak sengaja tumpah, Anda harus mengelapnya sesegera mungkin hingga bersih.
  8. Setelah Anda yakin pekerjaan kali ini sudah beres, segeralah pasang kembali bagian baut master rem seperti semula. Silakan periksa juga kekerasan rem untuk memastikan sudah sesuai dengan kenyamanan. Kemudian Anda bisa mengencangkan baut-baut master rem beserta nipel pada kaliper rem tersebut.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Mengisi/Menambah Angin Ban di SPBU

Bagaimana cara mengisi/menambah angin ban di SPBU? Ban berperan penting dalam menjamin keamanan dan kenyamanan kendaraan bermotor. Itulah kenapa tekanan angin di dalam ban harus senantiasa dijaga. Idealnya tekanan angin pada sepeda motor 29 psi, mobil 32 psi, dan truk 40-50 psi. Beruntung saat ini sudah banyak SPBU (Stasiun Pengisian Bahan bakar Umum) di Indonesia yang memberikan fasilitas pengisian angin ban secara cuma-cuma. Tentu saja hal ini sangat membantu bagi para rider yang kebetulan mampir ke pom bensin tersebut. Mengingat layanan ini bersifat gratis, Anda harus mengoperasikan mesin pompa angin sendiri. Tapi bagaimana cara menggunakannya ya? Nah, berikut ini merupakan tata cara menggunakan kompresor angin yang biasanya terdapat di SPBU : Letakkan kendaraan Anda di samping mesin pompa angin. Tidak perlu terlalu dekat asalkan selang kompresor mampu menjangkau seluruh roda kendaraan. Khusus untuk sepeda motor , posisikan kendaraan bertumpu pada standar tengah sehingga An...

Langkah-langkah Cara Coak Body Motor yang Benar

Bagaimana cara coak body motor yang benar? Coak adalah suatu istilah dalam modifikasi sepeda motor yang menyatakan proses pemotongan body kendaraan. Teknik ini biasanya diterapkan di dalam konsep modifikasi yang bergaya drag look dan street racing. Dengan memotong beberapa bagian body yang terdapat pada sepeda motor , maka tampilan kendaraan secara keseluruhan pun akan menjadi semakin keren. Pada dasarnya, proses coak ini tidak terlalu sulit dikerjakan. Malahan Anda bisa menggunakan peralatan tukang yang sederhana. Hanya saja dibutuhkan keahlian dan ketelitian saat mengoperasikan alat-alat tersebut agar hasil potongannya tampak rapi. Biar Anda tidak bingung, silakan coba panduan coak body motor ala Pyurio di bawah ini! Alat dan Bahan yang harus disiapkan : Gergaji besi Gergaji tripleks Bor tangan Selotip Spidol Penggaris Jangka Ampelas halus Langkah-langkah memotong body motor : Buatlah sketsa yang menggambarkan pola pemotongan pada body motor terle...

Seperti Ini Cara Setel Pelek Jari-jari Sepeda Motor

Bagaimana caranya menyetel pelek jari-jari sepeda motor? Kepopuleran pelek jari-jari di kalangan penggemar kendaraan bermotor kini kembali meningkat. Pasalnya, pelek ini dinilai mempunyai tampilan tersendiri yang lain daripada pelek racing. Apalagi pelek ruji ini juga bisa digunakan dalam setiap modifikasi motor dengan tema apapun. Sebelum menyetel pelek jari-jari motor, Anda perlu memperhatikan faktor-faktor persiapannya terlebih dahulu sebagai berikut : Selalu pilih pelek sepeda motor dengan spesifikasi yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Pelek yang kuat ditandai dari bentuknya yang standar, baik U shape maupun E shape. Jika Anda memiliki kocek yang berlebih, gunakanlah pelek yang telah diakui kualitasnya secara internasional. Gunakan tromol yang asli sesuai dengan standar dari pabrikan motor tersebut. Hal ini disebabkan tromol asli memiliki bentuk yang lebih presisi sehingga akan mempermudah Anda dalam menyetel jari-jari pelek. Di samping itu, tromol asli juga terbukti lebi...