Bagaimana cara memasang klakson keong pada sepeda motor? Penggunaan klakson keong saat ini semakin meningkat seiring dengan pamornya yang semakin naik. Tidak hanya sepeda motor bebek saja, tetapi motor tipe sport dan matic pun ramai-ramai menggunakan klakson dari jenis ini. Bahkan beberapa mobil pun ikut-ikutan memakai klakson yang memiliki suara lebih keras ini.
Pada dasarnya, pemakaian klakson motor tipe standar saja sudah cukup mumpuni untuk memberikan peringatan kepada pengendara lain. Namun dalam beberapa kasus, seperti di kota-kota besar, bunyi klakson standar ini seakan sudah terdengar biasa dan tidak begitu dipedulikan oleh orang lain. Ingin membunyikan klakson beberapa kali, tetapi sungkan karena bisa membuat orang lain merasa kesal. Di sinilah klakson keong hadir untuk menarik perhatian orang lain hanya dengan sekali bunyi saja.
Pemasangan klakson keong tidak boleh dilakukan secara sebarangan karena dapat menyebabkan aki motor mengalami tekor. Yang benar, pemasangan klakson ini harus dilengkapi dengan relay. Tujuannya adalah untuk mencegah terjadinya arus closed circuit yang dapat menguras tenaga listrik pada aki. Adapun tahap-tahap pemasangan klakson keong adalah sebagai berikut :
Alat dan Bahan :
- Klakson keong
- Relay DPDT
- Kabel
- Sekring
Langkah-langkah :
- Perhatikan rupa pada kaki relay dengan seksama. Pada setiap kaki-kaki relay tersebut terdapat angka yang menunjukkan bagian yang akan dihubungkan dengan kabel.
- Kaki relay dengan angka 30 bisa Anda sambungkan dengan sekring. Lalu dari sekring, koneksikan lagi ke kutub positif pada aki motor.
- Kaki relay dengan angka 85 dan 86 bisa Anda hubungkan dengan sakelar klakson/soket yang menghubungkan ke klakson bawaan. Tak usah khawatir, tidak masalah kok apabila Anda terbalik dalam memasang menghubungkan kaki-kaki relay ini.
- Silakan tekan tombol klakson yang biasanya terletak di bagian holder setang. Amati suara yang dihasilkannya. Jika terdengar suara hentakan kecil yang berasal dari relay, artinya pemasangan yang Anda lakukan sudah benar. Sedangkan bila belum betul, Anda bisa mengecek kondisi pada bagian aki, sekring, sambungan kabel, dan relay.
- Kaki relay dengan angka 87 dapat Anda koneksikan dengan salah satu kaki klakson. Sambungkan bagian positif pada relay ke kutub positif pada klakson. Begitu pun dengan kaki klakson yang satunya lagi bisa dihubungkan dengan rangka motor/massa.
- Tahap terakhir adalah melakukan pemeriksaan terhadap hasil pekerjaan Anda. Rapikan juga jalur kabel instalasi klakson supaya terlihat lebih sedap di pandang mata.
Komentar
Posting Komentar