Langsung ke konten utama

Cara Memasang Klakson Keong Sepeda Motor

Bagaimana cara memasang klakson keong pada sepeda motor? Penggunaan klakson keong saat ini semakin meningkat seiring dengan pamornya yang semakin naik. Tidak hanya sepeda motor bebek saja, tetapi motor tipe sport dan matic pun ramai-ramai menggunakan klakson dari jenis ini. Bahkan beberapa mobil pun ikut-ikutan memakai klakson yang memiliki suara lebih keras ini.

Pada dasarnya, pemakaian klakson motor tipe standar saja sudah cukup mumpuni untuk memberikan peringatan kepada pengendara lain. Namun dalam beberapa kasus, seperti di kota-kota besar, bunyi klakson standar ini seakan sudah terdengar biasa dan tidak begitu dipedulikan oleh orang lain. Ingin membunyikan klakson beberapa kali, tetapi sungkan karena bisa membuat orang lain merasa kesal. Di sinilah klakson keong hadir untuk menarik perhatian orang lain hanya dengan sekali bunyi saja.

Pemasangan klakson keong tidak boleh dilakukan secara sebarangan karena dapat menyebabkan aki motor mengalami tekor. Yang benar, pemasangan klakson ini harus dilengkapi dengan relay. Tujuannya adalah untuk mencegah terjadinya arus closed circuit yang dapat menguras tenaga listrik pada aki. Adapun tahap-tahap pemasangan klakson keong adalah sebagai berikut :

cara-memasang-klakson-keong.jpg

Alat dan Bahan :

  • Klakson keong
  • Relay DPDT
  • Kabel
  • Sekring

Langkah-langkah :

  1. Perhatikan rupa pada kaki relay dengan seksama. Pada setiap kaki-kaki relay tersebut terdapat angka yang menunjukkan bagian yang akan dihubungkan dengan kabel.
  2. Kaki relay dengan angka 30 bisa Anda sambungkan dengan sekring. Lalu dari sekring, koneksikan lagi ke kutub positif pada aki motor.
  3. Kaki relay dengan angka 85 dan 86 bisa Anda hubungkan dengan sakelar klakson/soket yang menghubungkan ke klakson bawaan. Tak usah khawatir, tidak masalah kok apabila Anda terbalik dalam memasang menghubungkan kaki-kaki relay ini.
  4. Silakan tekan tombol klakson yang biasanya terletak di bagian holder setang. Amati suara yang dihasilkannya. Jika terdengar suara hentakan kecil yang berasal dari relay, artinya pemasangan yang Anda lakukan sudah benar. Sedangkan bila belum betul, Anda bisa mengecek kondisi pada bagian aki, sekring, sambungan kabel, dan relay.
  5. Kaki relay dengan angka 87 dapat Anda koneksikan dengan salah satu kaki klakson. Sambungkan bagian positif pada relay ke kutub positif pada klakson. Begitu pun dengan kaki klakson yang satunya lagi bisa dihubungkan dengan rangka motor/massa.
  6. Tahap terakhir adalah melakukan pemeriksaan terhadap hasil pekerjaan Anda. Rapikan juga jalur kabel instalasi klakson supaya terlihat lebih sedap di pandang mata.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Mengisi/Menambah Angin Ban di SPBU

Bagaimana cara mengisi/menambah angin ban di SPBU? Ban berperan penting dalam menjamin keamanan dan kenyamanan kendaraan bermotor. Itulah kenapa tekanan angin di dalam ban harus senantiasa dijaga. Idealnya tekanan angin pada sepeda motor 29 psi, mobil 32 psi, dan truk 40-50 psi. Beruntung saat ini sudah banyak SPBU (Stasiun Pengisian Bahan bakar Umum) di Indonesia yang memberikan fasilitas pengisian angin ban secara cuma-cuma. Tentu saja hal ini sangat membantu bagi para rider yang kebetulan mampir ke pom bensin tersebut. Mengingat layanan ini bersifat gratis, Anda harus mengoperasikan mesin pompa angin sendiri. Tapi bagaimana cara menggunakannya ya? Nah, berikut ini merupakan tata cara menggunakan kompresor angin yang biasanya terdapat di SPBU : Letakkan kendaraan Anda di samping mesin pompa angin. Tidak perlu terlalu dekat asalkan selang kompresor mampu menjangkau seluruh roda kendaraan. Khusus untuk sepeda motor , posisikan kendaraan bertumpu pada standar tengah sehingga An

Langkah-langkah Cara Coak Body Motor yang Benar

Bagaimana cara coak body motor yang benar? Coak adalah suatu istilah dalam modifikasi sepeda motor yang menyatakan proses pemotongan body kendaraan. Teknik ini biasanya diterapkan di dalam konsep modifikasi yang bergaya drag look dan street racing. Dengan memotong beberapa bagian body yang terdapat pada sepeda motor , maka tampilan kendaraan secara keseluruhan pun akan menjadi semakin keren. Pada dasarnya, proses coak ini tidak terlalu sulit dikerjakan. Malahan Anda bisa menggunakan peralatan tukang yang sederhana. Hanya saja dibutuhkan keahlian dan ketelitian saat mengoperasikan alat-alat tersebut agar hasil potongannya tampak rapi. Biar Anda tidak bingung, silakan coba panduan coak body motor ala Pyurio di bawah ini! Alat dan Bahan yang harus disiapkan : Gergaji besi Gergaji tripleks Bor tangan Selotip Spidol Penggaris Jangka Ampelas halus Langkah-langkah memotong body motor : Buatlah sketsa yang menggambarkan pola pemotongan pada body motor terle

Langkah-langkah Melepas dan Memasang Roda Mobil

Bagaimana langkah-langkah untuk melepas dan memasang roda mobil? Mobil adalah kendaraan darat yang digerakkan oleh mesin, beroda empat, dan biasanya menggunakan bahan bakar minyak untuk menghidupkan mesinnya. Ada kalanya kita ingin melepas dan atau memasang roda mobil untuk keperluan tertentu. Sebelum proses pelepasan/pemasangan roda mobil tersebut dimulai, Anda wajib memperhatikan prosedur keselamatan kerja terlebih dahulu. Di antaranya : Pastikan mengerjakannya di tempat yang memiliki permukaan lantai yang rata Gunakan alat-alat sebagaimana fungsinya Selalu kenakan pakaian penunjang keamanan untuk melindungi diri Untuk mempermudah pengerjaannya, sebaiknya kendurkan mur-mur yang membalut roda terlebih dahulu sebelum mobil didongkrak. Perhatikan seluruh bagian momen pengencangan baut dengan seksama. Selalu gunakan kunci momen pada saat melaksanakan pekerjaan ini. Begitupun ketika mendongkrak dan menopang mobil, disarankan untuk melakukannya di tempat yang berpermukaan rata s