Langsung ke konten utama

Cara Memperbaiki Aki Basah yang Soak dengan Bodrex

Percayakah Anda kalau bodrex ternyata bisa digunakan untuk memperbaiki aki basah yang soak? Hal ini dikarenakan bodrex yang dikenal sebagai obat pereda sakit kepala mampu melepaskan deposit kotoran yang menjadi penyebab utama rusaknya aki kendaraan. Dengan membersihkan area di bagian dalamnya, maka aki pun dapat digunakan kembali seperti sediakala.

memperbaiki-aki-soak.jpg

Aki merupakan komponen kendaraan yang berfungsi untuk menyimpan energi listrik. Terdapat dua macam aki menurut wujud elektrodanya yaitu aki basah dan aki kering. Penggunaan aki basah lebih digemari karena selain harganya lebih murah, aki basah juga lebih sesuai dengan kondisi iklim di Indonesia.

Sayangnya, di balik kelebihan-kelebihannya tersebut, aki basah rentan mengalami kerusakan. Apalagi kalau sudah soak artinya aki tersebut harus diganti dengan yang baru. Aki basah mengalami soak karena lempengan cell di dalamnya tertutupi oleh deposit sulfat sehingga tidak mampu menghantarkan arus listrik.

Tapi tenang, sekarang Anda juga bisa memperbaiki sendiri aki basah yang telah soak. Bahkan metodenya pun terbilang unik karena memanfaatkan bodrex yang notabene dikenal sebagai obat pereda sakit kepala. Sifat bodrex yang mirip seperti EDTA memungkinkannya dapat meluruhkan deposit sulfat yang menempel di lempengan cell sehingga performa aki bisa pulih kembali seperti semula.

Bagaimanakah caranya?

Alat dan Bahan :

  • Bodrex
  • Cairan pemutih pakaian
  • Deterjen pakaian
  • Air
  • Accu zuur
  • Kuas berbulu kasar
  • Obeng minus

Langkah-langkah :

  1. Buka penutup aki menggunakan obeng. Lalu buang cairan elektroda di dalamnya ke tempat yang aman. Daripada dibuang percuma, Anda bisa memanfaatkan air aki tersebut untuk membersihkan kamar mandi terutama membasmi lumut dan jamur.
  2. Larutkan 3-5 butir bodrex dengan 300 cc air hangat bersuhu sekitar 70 derajat celcius, lalu aduk supaya keduanya tercampur rata. Hindari menggunakan air panas atau air semprotan bertekanan tinggi karena justru bisa memperparah kerusakan aki.
  3. Isilah masing-masing lubang di aki dengan cairan bodrex yang sudah dibuat tadi hingga penuh. Biarkan selama 24 jam sehingga cairan tersebut berkerja maksimal membersihkan interior aki.
  4. Keesokan harinya, buanglah cairan bodrex di dalam aki lalu ganti dengan cairan pemutih pakaian. Diamkan selama 3-5 jam. Setelah itu, keluarkan cairan pemutih pakaian dari aki dan bilas memakai air bersih.
  5. Bersihkan bagian di dalam aki menggunakan deterjen dan kuas. Hal ini bertujuan untuk mengeluarkan endapan deposit sulfat dari dalam aki. Bila perlu, Anda juga bisa menggoyang-goyang dan menggetok aki secara perlahan sambil posisinya dibalikkan agar endapan sulfatnya mudah keluar. Ulangi langkah ini beberapa kali samsi kondisi di dalam aki benar-benar bersih.
  6. Jangan lupa bilas kembali aki tersebut memakai air bersih. Lantas Anda bisa menjemur aki selama 3-5 hari supaya kondisi di dalamnya benar-benar mengering.
  7. Isi kembali aki dengan cairan accu zuur. Charge dengan mode pengisian normal sampai daya listriknya penuh. Berikutnya lakukan pengujian dengan memasang aki yang telah diperbaiki ini ke kendaraan.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Mengisi/Menambah Angin Ban di SPBU

Bagaimana cara mengisi/menambah angin ban di SPBU? Ban berperan penting dalam menjamin keamanan dan kenyamanan kendaraan bermotor. Itulah kenapa tekanan angin di dalam ban harus senantiasa dijaga. Idealnya tekanan angin pada sepeda motor 29 psi, mobil 32 psi, dan truk 40-50 psi. Beruntung saat ini sudah banyak SPBU (Stasiun Pengisian Bahan bakar Umum) di Indonesia yang memberikan fasilitas pengisian angin ban secara cuma-cuma. Tentu saja hal ini sangat membantu bagi para rider yang kebetulan mampir ke pom bensin tersebut. Mengingat layanan ini bersifat gratis, Anda harus mengoperasikan mesin pompa angin sendiri. Tapi bagaimana cara menggunakannya ya? Nah, berikut ini merupakan tata cara menggunakan kompresor angin yang biasanya terdapat di SPBU : Letakkan kendaraan Anda di samping mesin pompa angin. Tidak perlu terlalu dekat asalkan selang kompresor mampu menjangkau seluruh roda kendaraan. Khusus untuk sepeda motor , posisikan kendaraan bertumpu pada standar tengah sehingga An

Langkah-langkah Cara Coak Body Motor yang Benar

Bagaimana cara coak body motor yang benar? Coak adalah suatu istilah dalam modifikasi sepeda motor yang menyatakan proses pemotongan body kendaraan. Teknik ini biasanya diterapkan di dalam konsep modifikasi yang bergaya drag look dan street racing. Dengan memotong beberapa bagian body yang terdapat pada sepeda motor , maka tampilan kendaraan secara keseluruhan pun akan menjadi semakin keren. Pada dasarnya, proses coak ini tidak terlalu sulit dikerjakan. Malahan Anda bisa menggunakan peralatan tukang yang sederhana. Hanya saja dibutuhkan keahlian dan ketelitian saat mengoperasikan alat-alat tersebut agar hasil potongannya tampak rapi. Biar Anda tidak bingung, silakan coba panduan coak body motor ala Pyurio di bawah ini! Alat dan Bahan yang harus disiapkan : Gergaji besi Gergaji tripleks Bor tangan Selotip Spidol Penggaris Jangka Ampelas halus Langkah-langkah memotong body motor : Buatlah sketsa yang menggambarkan pola pemotongan pada body motor terle

Langkah-langkah Melepas dan Memasang Roda Mobil

Bagaimana langkah-langkah untuk melepas dan memasang roda mobil? Mobil adalah kendaraan darat yang digerakkan oleh mesin, beroda empat, dan biasanya menggunakan bahan bakar minyak untuk menghidupkan mesinnya. Ada kalanya kita ingin melepas dan atau memasang roda mobil untuk keperluan tertentu. Sebelum proses pelepasan/pemasangan roda mobil tersebut dimulai, Anda wajib memperhatikan prosedur keselamatan kerja terlebih dahulu. Di antaranya : Pastikan mengerjakannya di tempat yang memiliki permukaan lantai yang rata Gunakan alat-alat sebagaimana fungsinya Selalu kenakan pakaian penunjang keamanan untuk melindungi diri Untuk mempermudah pengerjaannya, sebaiknya kendurkan mur-mur yang membalut roda terlebih dahulu sebelum mobil didongkrak. Perhatikan seluruh bagian momen pengencangan baut dengan seksama. Selalu gunakan kunci momen pada saat melaksanakan pekerjaan ini. Begitupun ketika mendongkrak dan menopang mobil, disarankan untuk melakukannya di tempat yang berpermukaan rata s