Langsung ke konten utama

Ini Penyebab Asap Knalpot Mobil Berwarna Putih

Permasalahan asap knalpot berwarna putih seringkali menimpa mobil yang usianya sudah lumayan tua. Bagi para pemilik mobil yang mengeluarkan asap putih tipis seperti demikian, tentu saja hal ini bakal merusak citra kendaraan yang dimilikinya. Parahnya lagi, munculnya asap putih juga bisa menjadi suatu pertanda bahwa telah terjadi kerusakan yang cukup serius pada mobil tersebut. Lantas, apa sih sebenarnya penyebab dari keluarnya asap tipis dari knalpot itu?

penyebab-asap-knalpot-putih.jpg

1. Ring Seher atau Ring Piston Mengalami Kerusakan

Biasanya, asap putih yang keluar dari knalpot disebabkan oleh sistem kendaraan yang mengalami masalah. Salah satunya yaitu komponen mesin terutama ring seher dan ring piston telah rusak. Jadi Anda perlu memeriksa kedua komponen tersebut terlebih dahulu dan melakukan tindakan perbaikan seperlunya.

2. Embun Terjebak di Dalam Knalpot

Penyebab lain yang berpotensi menimbulkan asap putih pada knalpot mobil ialah adanya embun yang terjebak di dalam knalpot kendaraan. Permasalahan ini paling sering terjadi saat pagi hari. Ketika Anda berniat memanaskan mobil di pagi hari biasanya akan terlihat asap putih yang mengepul dari dalam knalpot. Anda tidak perlu khawatir karena penyebab hal tersebut cuma embun atau uap air yang terperangkap di knalpot. Tetapi bila kejadian tersebut berlangsung terus-menerus, dirasakan untuk memeriksa kondisi mesin mobil secara menyeluruh.

3. PCV Valve Rusak atau Patah

Asap putih juga bisa terjadi karena PCV Valve rusak atau patah. Jika komponen ini rusak, maka otomatis oli akan tersedot ke dalam mesin. Alhasil oli pun terbakar di ruang pembakaran dan menghasilkan kepulan asap berwarna putih.

4. Seal Klep yang Bocor

Penyebab lainnya, seal klep yang bocor dapat memicu timbulnya asap putih dari knalpot kendaraan. Tandanya adalah muncul asap putih ketika kondisi mesin mobil masih belum terlalu panas, serta akan terus berlanjut hingga mobil mulai melaju. Untuk mengatasinya, cobalah memeriksa seal klep dan mengecek takaran oli untuk memastikan kalau tidak ada oli yang terbuang percuma.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Mengisi/Menambah Angin Ban di SPBU

Bagaimana cara mengisi/menambah angin ban di SPBU? Ban berperan penting dalam menjamin keamanan dan kenyamanan kendaraan bermotor. Itulah kenapa tekanan angin di dalam ban harus senantiasa dijaga. Idealnya tekanan angin pada sepeda motor 29 psi, mobil 32 psi, dan truk 40-50 psi. Beruntung saat ini sudah banyak SPBU (Stasiun Pengisian Bahan bakar Umum) di Indonesia yang memberikan fasilitas pengisian angin ban secara cuma-cuma. Tentu saja hal ini sangat membantu bagi para rider yang kebetulan mampir ke pom bensin tersebut. Mengingat layanan ini bersifat gratis, Anda harus mengoperasikan mesin pompa angin sendiri. Tapi bagaimana cara menggunakannya ya? Nah, berikut ini merupakan tata cara menggunakan kompresor angin yang biasanya terdapat di SPBU : Letakkan kendaraan Anda di samping mesin pompa angin. Tidak perlu terlalu dekat asalkan selang kompresor mampu menjangkau seluruh roda kendaraan. Khusus untuk sepeda motor , posisikan kendaraan bertumpu pada standar tengah sehingga An...

Langkah-langkah Cara Coak Body Motor yang Benar

Bagaimana cara coak body motor yang benar? Coak adalah suatu istilah dalam modifikasi sepeda motor yang menyatakan proses pemotongan body kendaraan. Teknik ini biasanya diterapkan di dalam konsep modifikasi yang bergaya drag look dan street racing. Dengan memotong beberapa bagian body yang terdapat pada sepeda motor , maka tampilan kendaraan secara keseluruhan pun akan menjadi semakin keren. Pada dasarnya, proses coak ini tidak terlalu sulit dikerjakan. Malahan Anda bisa menggunakan peralatan tukang yang sederhana. Hanya saja dibutuhkan keahlian dan ketelitian saat mengoperasikan alat-alat tersebut agar hasil potongannya tampak rapi. Biar Anda tidak bingung, silakan coba panduan coak body motor ala Pyurio di bawah ini! Alat dan Bahan yang harus disiapkan : Gergaji besi Gergaji tripleks Bor tangan Selotip Spidol Penggaris Jangka Ampelas halus Langkah-langkah memotong body motor : Buatlah sketsa yang menggambarkan pola pemotongan pada body motor terle...

Seperti Ini Cara Setel Pelek Jari-jari Sepeda Motor

Bagaimana caranya menyetel pelek jari-jari sepeda motor? Kepopuleran pelek jari-jari di kalangan penggemar kendaraan bermotor kini kembali meningkat. Pasalnya, pelek ini dinilai mempunyai tampilan tersendiri yang lain daripada pelek racing. Apalagi pelek ruji ini juga bisa digunakan dalam setiap modifikasi motor dengan tema apapun. Sebelum menyetel pelek jari-jari motor, Anda perlu memperhatikan faktor-faktor persiapannya terlebih dahulu sebagai berikut : Selalu pilih pelek sepeda motor dengan spesifikasi yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Pelek yang kuat ditandai dari bentuknya yang standar, baik U shape maupun E shape. Jika Anda memiliki kocek yang berlebih, gunakanlah pelek yang telah diakui kualitasnya secara internasional. Gunakan tromol yang asli sesuai dengan standar dari pabrikan motor tersebut. Hal ini disebabkan tromol asli memiliki bentuk yang lebih presisi sehingga akan mempermudah Anda dalam menyetel jari-jari pelek. Di samping itu, tromol asli juga terbukti lebi...