Langsung ke konten utama

Penyebab dan Cara Mengatasi Mesin Mobil Berisik

Pernahkah Anda mendengar suara berisik pada mesin mobil kesayangan Anda? Biasanya suara tersebut terdengar seperti ketukan dan akan bertambah jelas saat putaran mesin dipercepat. Penyebab utama dari masalah tersebut umumnya sistem klep/katup yang mengalami gangguan.

Selain itu, suara berisik pada mobil keluarga juga bisa disebabkan penyetelan katup yang tidak sesuai spesifikasi pabrikan. Celah katup yang terlalu longgar dapat menimbulkan suara berisik, sedangkan bila diatur terlalu kecil akan mengakibatkan kemampuan mesin menurun. Bahkan apabila hal ini terus dibiarkan bukan tidak mungkin katup hisap dan katup buang tersebut bakal cepat rusak.

mesin-mobil-berisik.jpg

Beberapa pemilik mobil juga mengaku kalau mesin mobilnya bersuara berisik akibat suatu komponen yang mengalami aus. Sebagai contoh timbulnya suara mirip ketukan logam dan akan menghilang jika gas diinjak selama beberapa waktu. Ada pula suara berisik yang hanya terdengar saat pagi hari atau ketika mobil terlalu lama diparkir. Biasanya hal ini dikarenakan rantai mesin (timing chain) yang telah aus.

Munculnya suara berisik lain seringkali terdengar dari komponen-komponen di dalam mesin yang berderit. Di antara penyebabnya yaitu tali kipas yang kendor atau kompresor AC yang mengalami gangguan. Sedangkan jika suara semakin keras saat AC menyala, masalahnya terletak di bantalan atau seal poros kompresor yang aus. Tetapi bila sebaliknya bunyi terdengar makin keras waktu AC dimatikan, maka kemungkinan besar sumber masalah adalah bantalan puli telah rusak.

Suara gemeretak ketika mesin digas penuh juga acapkali mengganggu kenyamanan dalam berkendara. Kasus tersebut lebih banyak menimpa pada mobil yang mempunyai sistem penggerak roda belakang. Hal ini umumnya disebabkan bagian ujung baling-baling kipas pendingin menyentuh bagian radiator atau bagian pelindung kipas. Jika dudukan mesin kendur atau karetnya mengalami keretakan, maka saat pedal gas diinjak mesin akan bergerak tiba-tiba ke depan. Solusinya adalah memperbaiki sumber masalah tersebut seperti kondisinya sediakala.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Mengisi/Menambah Angin Ban di SPBU

Bagaimana cara mengisi/menambah angin ban di SPBU? Ban berperan penting dalam menjamin keamanan dan kenyamanan kendaraan bermotor. Itulah kenapa tekanan angin di dalam ban harus senantiasa dijaga. Idealnya tekanan angin pada sepeda motor 29 psi, mobil 32 psi, dan truk 40-50 psi. Beruntung saat ini sudah banyak SPBU (Stasiun Pengisian Bahan bakar Umum) di Indonesia yang memberikan fasilitas pengisian angin ban secara cuma-cuma. Tentu saja hal ini sangat membantu bagi para rider yang kebetulan mampir ke pom bensin tersebut. Mengingat layanan ini bersifat gratis, Anda harus mengoperasikan mesin pompa angin sendiri. Tapi bagaimana cara menggunakannya ya? Nah, berikut ini merupakan tata cara menggunakan kompresor angin yang biasanya terdapat di SPBU : Letakkan kendaraan Anda di samping mesin pompa angin. Tidak perlu terlalu dekat asalkan selang kompresor mampu menjangkau seluruh roda kendaraan. Khusus untuk sepeda motor , posisikan kendaraan bertumpu pada standar tengah sehingga An

Langkah-langkah Melepas dan Memasang Roda Mobil

Bagaimana langkah-langkah untuk melepas dan memasang roda mobil? Mobil adalah kendaraan darat yang digerakkan oleh mesin, beroda empat, dan biasanya menggunakan bahan bakar minyak untuk menghidupkan mesinnya. Ada kalanya kita ingin melepas dan atau memasang roda mobil untuk keperluan tertentu. Sebelum proses pelepasan/pemasangan roda mobil tersebut dimulai, Anda wajib memperhatikan prosedur keselamatan kerja terlebih dahulu. Di antaranya : Pastikan mengerjakannya di tempat yang memiliki permukaan lantai yang rata Gunakan alat-alat sebagaimana fungsinya Selalu kenakan pakaian penunjang keamanan untuk melindungi diri Untuk mempermudah pengerjaannya, sebaiknya kendurkan mur-mur yang membalut roda terlebih dahulu sebelum mobil didongkrak. Perhatikan seluruh bagian momen pengencangan baut dengan seksama. Selalu gunakan kunci momen pada saat melaksanakan pekerjaan ini. Begitupun ketika mendongkrak dan menopang mobil, disarankan untuk melakukannya di tempat yang berpermukaan rata s

Tata Cara Mengganti Lampu Utama Sepeda Motor

Bagaimana cara mengganti lampu utama sepeda motor? Pada kendaraan roda dua, lampu utama berfungsi sebagai penerang jalan dan pemberitahu pengendara lain akan keberadaan kita. Oleh sebab itu, lampu utama ini harus selalu menyala, baik saat malam maupun siang hari. Lampu Sepeda Motor Pada dasarnya, mengganti lampu sepeda motor dapat dilakukan dengan mudah. Kuncinya adalah kesabaran untuk membuka casing secara hati-hati agar tidak menimbulkan goresan dan lecet. Di bawah ini tata cara panduannya oleh Pyurio untuk anda! Alat dan Bahan : Lampu utama Obeng Kuas Langkah-langkah : Posisikan sepeda motor dengan bersandar pada standar tengah sehingga lebih mudah diotak-atik. Gunakan obeng untuk melepas seluruh sekrup yang menahan casing batok pembungkus lampu utama. Bersihkanlah bagian dalam casing memakai kuas untuk menghilangkan debu yang menumpuk. Buka karet penutup fitting dan lepaskan fitting dengan menekan lalu memutarnya berlawanan arah jarum jam. Rogoh bohlam l