Langsung ke konten utama

Cara Meningkatkan Nilai Oktan Premium dengan Kapur Barus

Berbagai jalan bisa dilalui untuk pergi menuju ke Roma. Sama halnya dengan ada beberapa cara yang bisa diperbuat untuk meningkatkan nilai oktan premium. Kenapa ingin dinaikkan? Sebab bahan bakar yang memiliki oktan tinggi dinilai lebih berkualitas daripada yang beroktan rendah. Selain itu, bahan bakar yang mempunyai oktan tinggi ini juga mampu menghasilkan kompresi yang lebih baik sehingga performa mesin lebih bertenaga dan tarikannya pun semakin enteng.

Salah satu langkah yang bisa ditempuh untuk meningkatkan bilangan oktan yaitu menambahkan kapur barus ke dalam bensin. Yap, kapur barus atau disebut juga kamper mempunyai kandungan naphtalene. Nah, naphtalene inilah yang merupakan bahan kimia dengan nilai oktan tinggi. Sehingga secara otomatis apabila Anda mencampurkan naphtalene ke dalam premium, maka oktan premium akan terangkat naik.

premium-dengan-kapur-barus.jpg

Lantas, bagaimana sih langkah-langkah yang perlu dilakukan guna memanfaatkan kapur barus sebagai pengerek bilangan oktan pada premium?

Alat dan Bahan :

  • 1 butir kapur barus
  • 10 liter bensin premium
  • Palu
  • Pisau
  • Kertas
  • Ember
  • Tongkat pengaduk

PERINGATAN : Kami tidak bertanggungjawab terhadap segala risiko dan kerusakan yang ditimbulkan oleh metode peningkatan nilai oktan premium dengan kapur barus ini serta terbebas dari semua tuntutan hukum.

Langkah-langkah :

  1. Sebutir kapur barus sebaiknya digunakan untuk 10 liter premium. Jadi 1/2 butir kapur barus untuk 5 liter premium dan 1/4 butir kapur barus untuk 2,5 liter premium. Jangan menggunakan kapur barus dalam jumlah yang berlebihan.
  2. Letakkan kapur barus tersebut di atas selembar kertas. Kemudian haluskan memakai palu sehingga kapur barus yang semula berbentuk butiran menjadi bubuk. Bubuk kamper dianggap lebih cepat tercampur ke dalam bensin dibandingkan yang masih berwujud butiran.
  3. Tuangkan bensin premium ke dalam ember. Tambahkan bubuk kapur barus sesuai takarannya. Setelah itu, aduk sampai keduannya tercampur rata.
  4. Isikan cairan premium yang telah mengandung kapur barus ini ke dalam tangki bensin. Tunggu sekitar 3-5 menit. Kini anda pun siap mencoba sensasi premium oplosan yang terasa seperti pertamax.

Penambahan Kapur Barus pada Premium Sangat Berbahaya

Sebuah fakta terbaru menyebutkan kalau penambahan kapur barus ke dalam premium berbahaya, baik bagi kendaraan bermotor tersebut maupun kesehatan manusia. Bubuk kapur barus yang sudah tercampur dengan premium ternyata tidak sepenuhnya terbakar sehingga menimbulkan endapan di tangki mesin. Dari segi kesehatan, premium yang telah dioplos ini mampu menghasilkan gas buang yang mengandung timbal sehingga dapat merusak sel-sel otak. Jadi berhentilah menggunakan metode ini untuk mendapatkan bahan bakar yang bermutu bagus. Direkomendasikan pakailah pertamax dan pertamax plus yang sudah teruji spesifikasinya.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Mengisi/Menambah Angin Ban di SPBU

Bagaimana cara mengisi/menambah angin ban di SPBU? Ban berperan penting dalam menjamin keamanan dan kenyamanan kendaraan bermotor. Itulah kenapa tekanan angin di dalam ban harus senantiasa dijaga. Idealnya tekanan angin pada sepeda motor 29 psi, mobil 32 psi, dan truk 40-50 psi. Beruntung saat ini sudah banyak SPBU (Stasiun Pengisian Bahan bakar Umum) di Indonesia yang memberikan fasilitas pengisian angin ban secara cuma-cuma. Tentu saja hal ini sangat membantu bagi para rider yang kebetulan mampir ke pom bensin tersebut. Mengingat layanan ini bersifat gratis, Anda harus mengoperasikan mesin pompa angin sendiri. Tapi bagaimana cara menggunakannya ya? Nah, berikut ini merupakan tata cara menggunakan kompresor angin yang biasanya terdapat di SPBU : Letakkan kendaraan Anda di samping mesin pompa angin. Tidak perlu terlalu dekat asalkan selang kompresor mampu menjangkau seluruh roda kendaraan. Khusus untuk sepeda motor , posisikan kendaraan bertumpu pada standar tengah sehingga An...

Langkah-langkah Cara Coak Body Motor yang Benar

Bagaimana cara coak body motor yang benar? Coak adalah suatu istilah dalam modifikasi sepeda motor yang menyatakan proses pemotongan body kendaraan. Teknik ini biasanya diterapkan di dalam konsep modifikasi yang bergaya drag look dan street racing. Dengan memotong beberapa bagian body yang terdapat pada sepeda motor , maka tampilan kendaraan secara keseluruhan pun akan menjadi semakin keren. Pada dasarnya, proses coak ini tidak terlalu sulit dikerjakan. Malahan Anda bisa menggunakan peralatan tukang yang sederhana. Hanya saja dibutuhkan keahlian dan ketelitian saat mengoperasikan alat-alat tersebut agar hasil potongannya tampak rapi. Biar Anda tidak bingung, silakan coba panduan coak body motor ala Pyurio di bawah ini! Alat dan Bahan yang harus disiapkan : Gergaji besi Gergaji tripleks Bor tangan Selotip Spidol Penggaris Jangka Ampelas halus Langkah-langkah memotong body motor : Buatlah sketsa yang menggambarkan pola pemotongan pada body motor terle...

Seperti Ini Cara Setel Pelek Jari-jari Sepeda Motor

Bagaimana caranya menyetel pelek jari-jari sepeda motor? Kepopuleran pelek jari-jari di kalangan penggemar kendaraan bermotor kini kembali meningkat. Pasalnya, pelek ini dinilai mempunyai tampilan tersendiri yang lain daripada pelek racing. Apalagi pelek ruji ini juga bisa digunakan dalam setiap modifikasi motor dengan tema apapun. Sebelum menyetel pelek jari-jari motor, Anda perlu memperhatikan faktor-faktor persiapannya terlebih dahulu sebagai berikut : Selalu pilih pelek sepeda motor dengan spesifikasi yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Pelek yang kuat ditandai dari bentuknya yang standar, baik U shape maupun E shape. Jika Anda memiliki kocek yang berlebih, gunakanlah pelek yang telah diakui kualitasnya secara internasional. Gunakan tromol yang asli sesuai dengan standar dari pabrikan motor tersebut. Hal ini disebabkan tromol asli memiliki bentuk yang lebih presisi sehingga akan mempermudah Anda dalam menyetel jari-jari pelek. Di samping itu, tromol asli juga terbukti lebi...