Langsung ke konten utama

Bagaimana Cara Memperbaiki Aki Kering yang Rusak?

Apakah Anda ingin mengetahui cara memperbaiki aki kering yang rusak? Aki dikenal sebagai komponen kendaraan yang berfungsi untuk menyimpan energi listrik. Berkat aki, baik sepeda motor maupun mobil memiliki kemampuan untuk menyalakan perangkat elektronik, termasuk starter elektrik. Jadi bisa dibayangkan apabila aki Anda rusak, maka kendaraan pun tidak dapat berfungsi normal.

Ada dua jenis aki yang beredar di pasaran yaitu aki basah dan aki kering. Selama ini, aki kering dikenal sebagai aki yang praktis dan bebas perawatan. Sayangnya ketika daya listrik yang disimpan di dalamnya sudah habis, aki kering tersebut tidak bisa diisi kembali karena sudah rusak.

memperbaiki-aki-kering-rusak.jpg

Namun tunggu dulu. Ternyata, aki kering yang telah rusak alias energinya habis bisa dipulihkan kembali lho. Ya meskipun tidak setangguh awalnya, tetapi cukup lah untuk sekadar menyalakan starter listrik kendaraan bermotor. Mau tau caranya?

Alat dan Bahan :

  • Obeng plus dan minus
  • Accu zuur (aki sir)

Langkah-langkah :

  1. Ambil obeng plus lalu gunakan untuk melepaskan aki dari dudukannya di dalam jok. Untuk memudahkan Anda mengingat susunan kabel yang terpasang ke aki, sebaiknya ambil foto terlebih dahulu sebelum aki dilepaskan.
  2. Gunakan obeng minus untuk membuka penutup aki kering. Langkah ini memerlukan tenaga yang agak keras karena sekrup yang menutupi aki memang sengaja dirancang oleh pabrikannya supaya tidak mudah dibuka.
  3. Setelah berhasil membuka penutup aki kering, langkah berikutnya ialah membuka penutup karet yang melindungi lubang cairan aki. Biasanya jumlah lubang ini ada sebanyak tiga buah.
  4. Saatnya mengisi aki dengan cairan accu zuur sampai volumenya berjarak 1 cm dari mulut lubang aki. Perhatikan, Anda wajib memakai accu zuur dan bukan cairan aki untuk isi ulang sebab karakteristik keduanya berbeda sekali.
  5. Tutup kembali lubang tersebut memakai penutup karet. Lalu pasang juga sekrup penutup aki seperti semula.
  6. Setelah itu, pasang kembali aki kering tersebut ke dalam kendaraan. Cobalah nyalakan sepeda motor dengan starter manual dahulu selama 5-10 menit agar aki terisi listrik. Kini Anda bisa mulai menggunakan kendaraan kembali seperti sediakala.

Selamat mencoba kawan biar tahu hasilnya! Jangan lupa untuk selalu berhati-hati serta mengutamakan kesehatan dan keselamatan kerja.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Mengisi/Menambah Angin Ban di SPBU

Bagaimana cara mengisi/menambah angin ban di SPBU? Ban berperan penting dalam menjamin keamanan dan kenyamanan kendaraan bermotor. Itulah kenapa tekanan angin di dalam ban harus senantiasa dijaga. Idealnya tekanan angin pada sepeda motor 29 psi, mobil 32 psi, dan truk 40-50 psi. Beruntung saat ini sudah banyak SPBU (Stasiun Pengisian Bahan bakar Umum) di Indonesia yang memberikan fasilitas pengisian angin ban secara cuma-cuma. Tentu saja hal ini sangat membantu bagi para rider yang kebetulan mampir ke pom bensin tersebut. Mengingat layanan ini bersifat gratis, Anda harus mengoperasikan mesin pompa angin sendiri. Tapi bagaimana cara menggunakannya ya? Nah, berikut ini merupakan tata cara menggunakan kompresor angin yang biasanya terdapat di SPBU : Letakkan kendaraan Anda di samping mesin pompa angin. Tidak perlu terlalu dekat asalkan selang kompresor mampu menjangkau seluruh roda kendaraan. Khusus untuk sepeda motor , posisikan kendaraan bertumpu pada standar tengah sehingga An

Langkah-langkah Cara Coak Body Motor yang Benar

Bagaimana cara coak body motor yang benar? Coak adalah suatu istilah dalam modifikasi sepeda motor yang menyatakan proses pemotongan body kendaraan. Teknik ini biasanya diterapkan di dalam konsep modifikasi yang bergaya drag look dan street racing. Dengan memotong beberapa bagian body yang terdapat pada sepeda motor , maka tampilan kendaraan secara keseluruhan pun akan menjadi semakin keren. Pada dasarnya, proses coak ini tidak terlalu sulit dikerjakan. Malahan Anda bisa menggunakan peralatan tukang yang sederhana. Hanya saja dibutuhkan keahlian dan ketelitian saat mengoperasikan alat-alat tersebut agar hasil potongannya tampak rapi. Biar Anda tidak bingung, silakan coba panduan coak body motor ala Pyurio di bawah ini! Alat dan Bahan yang harus disiapkan : Gergaji besi Gergaji tripleks Bor tangan Selotip Spidol Penggaris Jangka Ampelas halus Langkah-langkah memotong body motor : Buatlah sketsa yang menggambarkan pola pemotongan pada body motor terle

Langkah-langkah Melepas dan Memasang Roda Mobil

Bagaimana langkah-langkah untuk melepas dan memasang roda mobil? Mobil adalah kendaraan darat yang digerakkan oleh mesin, beroda empat, dan biasanya menggunakan bahan bakar minyak untuk menghidupkan mesinnya. Ada kalanya kita ingin melepas dan atau memasang roda mobil untuk keperluan tertentu. Sebelum proses pelepasan/pemasangan roda mobil tersebut dimulai, Anda wajib memperhatikan prosedur keselamatan kerja terlebih dahulu. Di antaranya : Pastikan mengerjakannya di tempat yang memiliki permukaan lantai yang rata Gunakan alat-alat sebagaimana fungsinya Selalu kenakan pakaian penunjang keamanan untuk melindungi diri Untuk mempermudah pengerjaannya, sebaiknya kendurkan mur-mur yang membalut roda terlebih dahulu sebelum mobil didongkrak. Perhatikan seluruh bagian momen pengencangan baut dengan seksama. Selalu gunakan kunci momen pada saat melaksanakan pekerjaan ini. Begitupun ketika mendongkrak dan menopang mobil, disarankan untuk melakukannya di tempat yang berpermukaan rata s