Langsung ke konten utama

Cara Membuat Knalpot Standar Menjadi Racing

Bagaimana cara membuat knalpot standar menjadi racing? Setiap orang memang mempunyai seleranya masing-masing. Salah satunya dalam hal knalpot kendaraannya. Ada orang yang senang dengan knalpot standar, namun ada pula yang lebih menyukai knalpot tipe racing. Menariknya, ada juga lho pemilik sepeda motor yang suka dengan knalpot original yang performanya menyerupai knalpot racing.

Membobok, itulah istilah yang kerap dipakai untuk menggambarkan upaya mengubah knalpot standar menjadi bertipe racing. Alasannya bermacam-macam misalnya ingin memiliki knalpot free flow yang aman dari razia sampai biaya pembuatannya yang lebih murah daripada harus membeli knalpot racing.

knalpot-standar-menjadi-racing.jpg

Simak langkah-langkah dalam pembuatan knalpot racing dari knalpot standar berikut ini!

  1. Lepaskan knalpot dari kedudukannya.
  2. Belah knalpot tersebut menjadi dua bagian.
  3. Hilangkan beberapa saluran yang berwarna silver dari knalpot untuk menghasilkan semi-free flow. Sedangkan bila ingin menciptakan knalpot free flow, maka Anda harus menghilangkan semua salurannya.
  4. Buat pipa yang baru sebagai penghubung dari bagian pangkal knalpot hingga ke ujung knalpot. Disarankan pakailah pipa yang berdiameter 1,25 inci. Pipa inilah yang nantinya bertugas untuk mendistribusikan udara dari pangkal silincer menuju ke ujung silincer.
  5. Anda bisa menggunakan pipa khusus leher knalpot racing yang berdiameter 1 inci untuk dipasang pada leher bagian pangkal yang menempel ke mesin hingga ke bawah footstep. Selanjutnya pipa tersebut dihubungkan dengan pipa yang memiliki diameter 1,25 inci.
  6. Biarkan pipa yang ada di bagian pangkal tetap menggantung. Kemudian buat lubang pada saluran yang ada di bagian pangkal yang berwarna silver. Setelah itu, buat juga lubang-lubang seperti jaring pada pipa yang baru tadi.

Semoga bermanfaat!

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Mengisi/Menambah Angin Ban di SPBU

Bagaimana cara mengisi/menambah angin ban di SPBU? Ban berperan penting dalam menjamin keamanan dan kenyamanan kendaraan bermotor. Itulah kenapa tekanan angin di dalam ban harus senantiasa dijaga. Idealnya tekanan angin pada sepeda motor 29 psi, mobil 32 psi, dan truk 40-50 psi. Beruntung saat ini sudah banyak SPBU (Stasiun Pengisian Bahan bakar Umum) di Indonesia yang memberikan fasilitas pengisian angin ban secara cuma-cuma. Tentu saja hal ini sangat membantu bagi para rider yang kebetulan mampir ke pom bensin tersebut. Mengingat layanan ini bersifat gratis, Anda harus mengoperasikan mesin pompa angin sendiri. Tapi bagaimana cara menggunakannya ya? Nah, berikut ini merupakan tata cara menggunakan kompresor angin yang biasanya terdapat di SPBU : Letakkan kendaraan Anda di samping mesin pompa angin. Tidak perlu terlalu dekat asalkan selang kompresor mampu menjangkau seluruh roda kendaraan. Khusus untuk sepeda motor , posisikan kendaraan bertumpu pada standar tengah sehingga An...

Langkah-langkah Cara Coak Body Motor yang Benar

Bagaimana cara coak body motor yang benar? Coak adalah suatu istilah dalam modifikasi sepeda motor yang menyatakan proses pemotongan body kendaraan. Teknik ini biasanya diterapkan di dalam konsep modifikasi yang bergaya drag look dan street racing. Dengan memotong beberapa bagian body yang terdapat pada sepeda motor , maka tampilan kendaraan secara keseluruhan pun akan menjadi semakin keren. Pada dasarnya, proses coak ini tidak terlalu sulit dikerjakan. Malahan Anda bisa menggunakan peralatan tukang yang sederhana. Hanya saja dibutuhkan keahlian dan ketelitian saat mengoperasikan alat-alat tersebut agar hasil potongannya tampak rapi. Biar Anda tidak bingung, silakan coba panduan coak body motor ala Pyurio di bawah ini! Alat dan Bahan yang harus disiapkan : Gergaji besi Gergaji tripleks Bor tangan Selotip Spidol Penggaris Jangka Ampelas halus Langkah-langkah memotong body motor : Buatlah sketsa yang menggambarkan pola pemotongan pada body motor terle...

Seperti Ini Cara Setel Pelek Jari-jari Sepeda Motor

Bagaimana caranya menyetel pelek jari-jari sepeda motor? Kepopuleran pelek jari-jari di kalangan penggemar kendaraan bermotor kini kembali meningkat. Pasalnya, pelek ini dinilai mempunyai tampilan tersendiri yang lain daripada pelek racing. Apalagi pelek ruji ini juga bisa digunakan dalam setiap modifikasi motor dengan tema apapun. Sebelum menyetel pelek jari-jari motor, Anda perlu memperhatikan faktor-faktor persiapannya terlebih dahulu sebagai berikut : Selalu pilih pelek sepeda motor dengan spesifikasi yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Pelek yang kuat ditandai dari bentuknya yang standar, baik U shape maupun E shape. Jika Anda memiliki kocek yang berlebih, gunakanlah pelek yang telah diakui kualitasnya secara internasional. Gunakan tromol yang asli sesuai dengan standar dari pabrikan motor tersebut. Hal ini disebabkan tromol asli memiliki bentuk yang lebih presisi sehingga akan mempermudah Anda dalam menyetel jari-jari pelek. Di samping itu, tromol asli juga terbukti lebi...