Langsung ke konten utama

6 Tips Memilih Ban Luar Motor untuk Harian

Memiih ban luar motor untuk harian memang gampang-gampang susah. Apalagi bila kita menginginkan suatu produk ban luar yang harganya murah, tetapi memiliki kualitas yang bagus. Ini dikarenakan ban luar memegang peranan yang teramat penting pada keselematan pengendara sepeda motor.

Disadari atau tidak, angka kecelakaan sepeda motor di Indonesia semakin bertambah pada setiap tahunnya. Beberapa penyebab kecelakaan tersebut di antaranya ban sepeda motor yang mengalami selip dan ban tiba-tiba pecah. Oleh karena itu, pemilihan ban harus disesuaikan dengan spesifikasi dan kebutuhan masing-masing sepeda motor.

tips-memilih-ban-luar.jpg

Bingung memilih ban luar motor yang bagus untuk harian? Yuk, ikuti tips-tips di bawah ini!

1. Kenali Merk Ban yang Terpercaya

Walaupun semua produsen mengatakan kalau merk ban luar buatannya mempunyai kualitas yang terbaik, tetapi kepercayaan terhadap suatu merk tidak bisa dimanipulasi. Cara mudah untuk menentukan apa merk ban motor yang bagus adalah dengan menonton kejuaraan motor, baik tingkat nasional maupun internasional. Sudah dapat dipastikan kalau ban-ban yang dipakai oleh para pembalap profesional selalu mempunyai reputasi dan kualitas yang tinggi.

2. Fokus Pada Kebutuhan Utama

Ada beragam jenis ban luar yang tersedia di pasaran. Salah satunya dibedakan menurut tujuan pemakaiannya, apakah digunakan untuk harian atau touring. Jika Anda ingin memilih ban luar untuk harian, maka fokus lah pada pilihan tersebut. Ban luar harian biasanya memliki alur yang tidak terlalu dalam dan tingkat ketebalannya pun tidak terlalu tebal. Jika Anda memaksakan diri memasang ban luar untuk touring di sepeda motor yang digunakan secara harian, akibatnya motor pun terasa kurang nyaman dan menjadi boros bahan bakar akibat harus menahan beban yang terlampau berat.

3. Perhatikan Kondisi Jalan yang Sering Dilintasi

Apabila Anda terbiasa melewati jalan di dalam kota yang kondisinya kering, pilih ban kering untuk melengkapi sepeda motor kesayangan. Begitu pula jika Anda tinggal di pegunungan yang memiliki curah hujan tinggi sehingga kondisi jalannya sering basah, dianjurkan menggunakan ban tipe dual purpose. Sebaliknya bila sehari-hari Anda melintasi jalan yang tidak rata dan belum diaspal, pakai lah ban tipe off road.

4. Ukuran Ban dan Velg Sesuai

Ukuran ban yang dipilih wajib sesuai dengan ukuran velg sepeda motor, tidak boleh kebesaran atau pun terlalu kecil. Jika tidak, maka daya cengkeram ban tersebut pada permukaan jalan menjadi berkurang. Contohnya hindari memasang ban 120/70 apabila standar pabrikannya adalah 80/90. Sah-sah saja Anda meningkatkan ukuran ban, tetapi dengan catatan upsize-nya tidak lebih dari dua tingkat ukuran.

5. Periksa Alur Kembangan Ban

Tidak ada patokan pasti seperti apa bentuk alur kembangan ban yang baik. Kendati demikian, Anda bisa memaksimalkan keberadaannya dengan memilih ban yang memiliki alur kembangan berbeda antara ban depan dan ban belakang. Sebaiknya ban depan yang berfungsi sebagai grip mempunyai alur kembangan dengan pola yang membentuk huruf A sehingga air yang diterjang bisa langsung dibuang lewat samping. Demikian juga dengan ban belakang yang berguna untuk menjaga kestabilan hendaknya memiliki alur kembangan dengan pola V.

6. Lihat Tanggal Pembuatan Ban

Sama seperti produk lainnya, seiring dengan lamanya waktu produksi, mutu suatu ban akan menurun secara perlahan-lahan. Jadi sebisa mungkin pilih lah ban yang baru-baru saja diproduksi. Untuk mengetahuinya, Anda bisa melihat kode yang tertera pada kemasan ban tersebut. Sebagai contoh yaitu kode 0416 artinya ban tersebut dibuat pada minggu keempat tahun 2016. Tentu saja semakin baru ban tersebut, kualitasnya pun semakin tinggi dan lebih terjamin.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Mengisi/Menambah Angin Ban di SPBU

Bagaimana cara mengisi/menambah angin ban di SPBU? Ban berperan penting dalam menjamin keamanan dan kenyamanan kendaraan bermotor. Itulah kenapa tekanan angin di dalam ban harus senantiasa dijaga. Idealnya tekanan angin pada sepeda motor 29 psi, mobil 32 psi, dan truk 40-50 psi. Beruntung saat ini sudah banyak SPBU (Stasiun Pengisian Bahan bakar Umum) di Indonesia yang memberikan fasilitas pengisian angin ban secara cuma-cuma. Tentu saja hal ini sangat membantu bagi para rider yang kebetulan mampir ke pom bensin tersebut. Mengingat layanan ini bersifat gratis, Anda harus mengoperasikan mesin pompa angin sendiri. Tapi bagaimana cara menggunakannya ya? Nah, berikut ini merupakan tata cara menggunakan kompresor angin yang biasanya terdapat di SPBU : Letakkan kendaraan Anda di samping mesin pompa angin. Tidak perlu terlalu dekat asalkan selang kompresor mampu menjangkau seluruh roda kendaraan. Khusus untuk sepeda motor , posisikan kendaraan bertumpu pada standar tengah sehingga An

Langkah-langkah Cara Coak Body Motor yang Benar

Bagaimana cara coak body motor yang benar? Coak adalah suatu istilah dalam modifikasi sepeda motor yang menyatakan proses pemotongan body kendaraan. Teknik ini biasanya diterapkan di dalam konsep modifikasi yang bergaya drag look dan street racing. Dengan memotong beberapa bagian body yang terdapat pada sepeda motor , maka tampilan kendaraan secara keseluruhan pun akan menjadi semakin keren. Pada dasarnya, proses coak ini tidak terlalu sulit dikerjakan. Malahan Anda bisa menggunakan peralatan tukang yang sederhana. Hanya saja dibutuhkan keahlian dan ketelitian saat mengoperasikan alat-alat tersebut agar hasil potongannya tampak rapi. Biar Anda tidak bingung, silakan coba panduan coak body motor ala Pyurio di bawah ini! Alat dan Bahan yang harus disiapkan : Gergaji besi Gergaji tripleks Bor tangan Selotip Spidol Penggaris Jangka Ampelas halus Langkah-langkah memotong body motor : Buatlah sketsa yang menggambarkan pola pemotongan pada body motor terle

Langkah-langkah Melepas dan Memasang Roda Mobil

Bagaimana langkah-langkah untuk melepas dan memasang roda mobil? Mobil adalah kendaraan darat yang digerakkan oleh mesin, beroda empat, dan biasanya menggunakan bahan bakar minyak untuk menghidupkan mesinnya. Ada kalanya kita ingin melepas dan atau memasang roda mobil untuk keperluan tertentu. Sebelum proses pelepasan/pemasangan roda mobil tersebut dimulai, Anda wajib memperhatikan prosedur keselamatan kerja terlebih dahulu. Di antaranya : Pastikan mengerjakannya di tempat yang memiliki permukaan lantai yang rata Gunakan alat-alat sebagaimana fungsinya Selalu kenakan pakaian penunjang keamanan untuk melindungi diri Untuk mempermudah pengerjaannya, sebaiknya kendurkan mur-mur yang membalut roda terlebih dahulu sebelum mobil didongkrak. Perhatikan seluruh bagian momen pengencangan baut dengan seksama. Selalu gunakan kunci momen pada saat melaksanakan pekerjaan ini. Begitupun ketika mendongkrak dan menopang mobil, disarankan untuk melakukannya di tempat yang berpermukaan rata s