Langsung ke konten utama

5 Tips Merawat Ban Sepeda Motor agar Tetap Awet

Bagaimana tips merawat sepeda motor agar tetap awet? Mengingat fungsinya yang sangat krusial sebagai landasan dan tumpuan, kondisi kedua ban sepeda motor harus diperhatikan secara berkala. Jangan sampai anda kecolongan dan tetap mengendarai kendaraan beroda dua dengan kondisi ban yang sebenarnya hampir rusak.
Oleh karena itu, saat merawat sepeda motor, jangan lupa rawat juga bagian bannya. Tujuannya agar tingkat keawetan ban tersebut bisa bertahan lebih lama sehingga anda tetap aman berkendara. Di bawah ini kiat-kiatnya dari Pyurio!

1. Pastikan Tekanan Angin Ban Pas
Hal pertama yang harus dilakukan oleh semua pemilik kendaraan bermotor adalah memastikan seluruh ban mempunyai tekanan angin yang pas. Secara garis besar, tekanan angin yang ideal adalah 30 psi. Namun ukuran ini bisa anda sesuaikan lagi dengan rekomendasi pabrikan sepeda motor tersebut. Tekanan angin yang terlalu kuat akan mengakibatkan tingkat elastisitas ban mudah mengendur. Sedangkan apabila tekanan angin terlalu lemah, maka akan menimbulkan keausan ban yang tidak merata.
2. Hindari Membawa Beban yang Terlalu Berat
Seperti yang sudah disebutkan di atas, salah satu fungsi utama ban adalah sebagai tumpuan dari beban sepeda motor dan muatannya. Ketika muatan yang dinaikkan ke atas motor terlalu berat, maka ban pun mau tidak mau harus memaksakan dirinya untuk menopang beban tersebut. Bayangkan jika tubuh anda dipaksakan mengangkat beban yang terlalu berat, sudah pasti salah satu bagian kaki pun akan merasakan nyeri. Begitupun halnya dengan ban, apabila anda terus-menerus memuat barang yang berat, maka kondisi ban pun menjadi cepat rusak.
3. Cek Bearing Roda Secara Berkala
Secara berkala, periksalah kondisi bearing atau leher roda sepeda motor anda. Pastikan bagian tersebut tetap normal dan bisa menahan perputaran roda secara seimbang. Segera perbaiki pemasangan bearing tersebut kalau posisinya tidak kuat karena akan menyebabkan perputaran roda agak bergoyang sehingga ban cepat aus dan bisa membahayakan si pengendara.
4. Bersihkan Ban Secara Rutin
Meskipun posisinya yang bersentuhan langsung dengan jalan menyebabkan ban mudah sekali kotor, tetapi ban juga harus dibersihkan secara berkala. Hal ini dimaksudkan agar ban tidak tertempeli benda-benda yang bisa merusaknya, seperti paku, kerikil, dan kawat besi. Proses pembersihan ini dilakukan dengan cara mencuci ban tersebut, yakni menyemprotnya memakai air mengalir bertekanan kuat dan menyikat permukaannya sampai bersih. Bila perlu, anda bisa menguaskan cairan pelapis ban agar ban tersebut terlindungi dengan maksimal.
5. Jangan Mengerem Secara Mendadak
Kendarailah sepeda motor dengan menjaga fokus di jalan dan usahakan hindari pengereman secara mendadak. Seringkali pengereman yang dilakukan secara mendadak menimbulkan cengkeraman rem yang terlalu kuat. Bahkan tak jarang, ban akan terkunci rem dan tetap berputar beberapa saat namun terseret-seret. Kalau sudah begini, tentu hal tersebut akan mempercepat ban mengalami keausan dan kerusakan.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Mengisi/Menambah Angin Ban di SPBU

Bagaimana cara mengisi/menambah angin ban di SPBU? Ban berperan penting dalam menjamin keamanan dan kenyamanan kendaraan bermotor. Itulah kenapa tekanan angin di dalam ban harus senantiasa dijaga. Idealnya tekanan angin pada sepeda motor 29 psi, mobil 32 psi, dan truk 40-50 psi. Beruntung saat ini sudah banyak SPBU (Stasiun Pengisian Bahan bakar Umum) di Indonesia yang memberikan fasilitas pengisian angin ban secara cuma-cuma. Tentu saja hal ini sangat membantu bagi para rider yang kebetulan mampir ke pom bensin tersebut. Mengingat layanan ini bersifat gratis, Anda harus mengoperasikan mesin pompa angin sendiri. Tapi bagaimana cara menggunakannya ya? Nah, berikut ini merupakan tata cara menggunakan kompresor angin yang biasanya terdapat di SPBU : Letakkan kendaraan Anda di samping mesin pompa angin. Tidak perlu terlalu dekat asalkan selang kompresor mampu menjangkau seluruh roda kendaraan. Khusus untuk sepeda motor , posisikan kendaraan bertumpu pada standar tengah sehingga An

Langkah-langkah Cara Coak Body Motor yang Benar

Bagaimana cara coak body motor yang benar? Coak adalah suatu istilah dalam modifikasi sepeda motor yang menyatakan proses pemotongan body kendaraan. Teknik ini biasanya diterapkan di dalam konsep modifikasi yang bergaya drag look dan street racing. Dengan memotong beberapa bagian body yang terdapat pada sepeda motor , maka tampilan kendaraan secara keseluruhan pun akan menjadi semakin keren. Pada dasarnya, proses coak ini tidak terlalu sulit dikerjakan. Malahan Anda bisa menggunakan peralatan tukang yang sederhana. Hanya saja dibutuhkan keahlian dan ketelitian saat mengoperasikan alat-alat tersebut agar hasil potongannya tampak rapi. Biar Anda tidak bingung, silakan coba panduan coak body motor ala Pyurio di bawah ini! Alat dan Bahan yang harus disiapkan : Gergaji besi Gergaji tripleks Bor tangan Selotip Spidol Penggaris Jangka Ampelas halus Langkah-langkah memotong body motor : Buatlah sketsa yang menggambarkan pola pemotongan pada body motor terle

Langkah-langkah Melepas dan Memasang Roda Mobil

Bagaimana langkah-langkah untuk melepas dan memasang roda mobil? Mobil adalah kendaraan darat yang digerakkan oleh mesin, beroda empat, dan biasanya menggunakan bahan bakar minyak untuk menghidupkan mesinnya. Ada kalanya kita ingin melepas dan atau memasang roda mobil untuk keperluan tertentu. Sebelum proses pelepasan/pemasangan roda mobil tersebut dimulai, Anda wajib memperhatikan prosedur keselamatan kerja terlebih dahulu. Di antaranya : Pastikan mengerjakannya di tempat yang memiliki permukaan lantai yang rata Gunakan alat-alat sebagaimana fungsinya Selalu kenakan pakaian penunjang keamanan untuk melindungi diri Untuk mempermudah pengerjaannya, sebaiknya kendurkan mur-mur yang membalut roda terlebih dahulu sebelum mobil didongkrak. Perhatikan seluruh bagian momen pengencangan baut dengan seksama. Selalu gunakan kunci momen pada saat melaksanakan pekerjaan ini. Begitupun ketika mendongkrak dan menopang mobil, disarankan untuk melakukannya di tempat yang berpermukaan rata s