Langsung ke konten utama

Ini Rahasia Tips Merawat Aki Sepeda Motor agar Awet

Bagaimana tips merawat aki sepeda motor agar awet dan tidak mudah soak? Aki adalah bagian sepeda motor yang berfungsi sebagai sumber energi listrik untuk menyalakan mesin, lampu, dan knalpot. Menurut karakteristiknya, aki dapat dibedakan menjadi dua macam, yaitu aki basah dan aki kering. Perbedaan keduanya terletak pada komponen yang dipakai untuk menyimpan listrik, di mana aki basah menggunakan cairan elektrolit H2SO4 dan aki kering mengandalkan gel penyimpan daya.
Pada dasarnya, langkah-langkah yang harus dilakukan untuk merawat aki basah dan aki kering hampir sama, di antaranya : 

  1. Hindari menambahkan aksesoris-aksesoris yang membutuhkan energi listrik ke sepeda motor anda. Sebab, hal ini bisa membuat konsumsi daya listrik motor menjadi boros, sehingga mudah soak dan berumur pendek. Contoh-contoh modifikasi kendaraan yang sebaiknya tidak dilakukan yaitu memasang lampu-lampu hias, menanamkan perangkat audio rakitan, dan menaikkan tipe suara klakson.
  2. Jangan pernah menghidupkan perangkat starter elektrik secara paksa, sekalipun sulit dinyalakan. Sebagai gantinya, cobalah gunakan perangkat starter manual (engkol). Sebenarnya, perangkat starter elektrik disediakan untuk menghadapi kondisi darurat seperti mesin yang tiba-tiba mati di tengah jalan.
  3. Idealnya, aki sepeda motor harus dinyalakan paling tidak selama 15 menit setiap hari. Hal ini berguna untuk mencegah mengeringnya/matinya sel-sel di dalam aki tersebut. Perlu diketahui, di dalam sebuah aki terdapat dua plat berbahan kalsium timbal yang berfungsi sebagai kutub positif dan kutub negatif. Dengan bantuan kiprok yang menyuplai listrik, plat-plat ini akan bereaksi dengan cairan asam sulfat dan menimbulkan energi listrik untuk dialirkan ke komponen-komponen sepeda motor.
  4. Biasakan mematikan seluruh lampu sepeda motor tersebut terlebih dahulu sesaat sebelum mesin dinonaktifkan. Hal ini bertujuan agar beban listrik aki berkurang secara perlahan, untuk selanjutnya benar-benar padam. Begitupun pada saat proses menyalakan, hidupkanlah mesin sepeda motor pertamakali lalu diikuti dengan pengaktifkan komponen lampu-lampunya. Dengan kebiasaan ini, tingkat perubahan tegangan listrik sepeda motor pun menjadi lebih stabil.
  5. Cek ketinggian cairan di dalam aki secara teratur. Usahakan jangan sampai terlambat dalam mengisi ulang aki tersebut atau bahkan sampai menipis.
  6. Walaupun cairan yang ada di dalam aki berupa asam sulfat (H2SO4), tetapi selalu pakailah air suling (H2O) untuk mengisi ulang aki tersebut. Hal ini bertujuan agar derajat keasaman cairan di dalam aki selalu terjaga.
  7. Jangan lupa periksalah baut-baut yang terpasang pada bagian sambungan terminal aki secara rutin. Pastikan aki tidak mengalami kebocoran, baik pada sambungan maupun katupnya.
  8. Usahakan pemasangan bagian sambungan aki tidak longgar karena bisa mengakibatkan timbulnya kerak yang dapat menghambat aliran listrik. Kerak pada aki bisa dibersihkan dengan menggunakan air panas atau cairan WD40 dan bantuan sikat kawat.
  9. Cek juga kondisi bagian kiprok secara berkala. Bagian ini berfungsi sebagai regulator untuk mengalirkan listrik ke aki. Kiprok yang sudah rusak tidak dapat diperbaiki, melainkan harus diganti. Tanda-tanda kiprok rusak antara lain lampu motor menyala redup dan tidak stabil.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Mengisi/Menambah Angin Ban di SPBU

Bagaimana cara mengisi/menambah angin ban di SPBU? Ban berperan penting dalam menjamin keamanan dan kenyamanan kendaraan bermotor. Itulah kenapa tekanan angin di dalam ban harus senantiasa dijaga. Idealnya tekanan angin pada sepeda motor 29 psi, mobil 32 psi, dan truk 40-50 psi. Beruntung saat ini sudah banyak SPBU (Stasiun Pengisian Bahan bakar Umum) di Indonesia yang memberikan fasilitas pengisian angin ban secara cuma-cuma. Tentu saja hal ini sangat membantu bagi para rider yang kebetulan mampir ke pom bensin tersebut. Mengingat layanan ini bersifat gratis, Anda harus mengoperasikan mesin pompa angin sendiri. Tapi bagaimana cara menggunakannya ya? Nah, berikut ini merupakan tata cara menggunakan kompresor angin yang biasanya terdapat di SPBU : Letakkan kendaraan Anda di samping mesin pompa angin. Tidak perlu terlalu dekat asalkan selang kompresor mampu menjangkau seluruh roda kendaraan. Khusus untuk sepeda motor , posisikan kendaraan bertumpu pada standar tengah sehingga An

Langkah-langkah Cara Coak Body Motor yang Benar

Bagaimana cara coak body motor yang benar? Coak adalah suatu istilah dalam modifikasi sepeda motor yang menyatakan proses pemotongan body kendaraan. Teknik ini biasanya diterapkan di dalam konsep modifikasi yang bergaya drag look dan street racing. Dengan memotong beberapa bagian body yang terdapat pada sepeda motor , maka tampilan kendaraan secara keseluruhan pun akan menjadi semakin keren. Pada dasarnya, proses coak ini tidak terlalu sulit dikerjakan. Malahan Anda bisa menggunakan peralatan tukang yang sederhana. Hanya saja dibutuhkan keahlian dan ketelitian saat mengoperasikan alat-alat tersebut agar hasil potongannya tampak rapi. Biar Anda tidak bingung, silakan coba panduan coak body motor ala Pyurio di bawah ini! Alat dan Bahan yang harus disiapkan : Gergaji besi Gergaji tripleks Bor tangan Selotip Spidol Penggaris Jangka Ampelas halus Langkah-langkah memotong body motor : Buatlah sketsa yang menggambarkan pola pemotongan pada body motor terle

Langkah-langkah Melepas dan Memasang Roda Mobil

Bagaimana langkah-langkah untuk melepas dan memasang roda mobil? Mobil adalah kendaraan darat yang digerakkan oleh mesin, beroda empat, dan biasanya menggunakan bahan bakar minyak untuk menghidupkan mesinnya. Ada kalanya kita ingin melepas dan atau memasang roda mobil untuk keperluan tertentu. Sebelum proses pelepasan/pemasangan roda mobil tersebut dimulai, Anda wajib memperhatikan prosedur keselamatan kerja terlebih dahulu. Di antaranya : Pastikan mengerjakannya di tempat yang memiliki permukaan lantai yang rata Gunakan alat-alat sebagaimana fungsinya Selalu kenakan pakaian penunjang keamanan untuk melindungi diri Untuk mempermudah pengerjaannya, sebaiknya kendurkan mur-mur yang membalut roda terlebih dahulu sebelum mobil didongkrak. Perhatikan seluruh bagian momen pengencangan baut dengan seksama. Selalu gunakan kunci momen pada saat melaksanakan pekerjaan ini. Begitupun ketika mendongkrak dan menopang mobil, disarankan untuk melakukannya di tempat yang berpermukaan rata s