Langsung ke konten utama

9 Tips Pemakaian Sepeda Motor Baru yang Benar

Bagaimana tips pemakaian sepeda motor baru yang benar? Sebelum bisa digunakan secara normal, ada perlakukan-perlakuan khusus yang harus diberikan kepada sepeda motor baru saat masih berada di masa inreyen. Tujuannya adalah untuk mengkondisikan bagian mesin sepeda motor dan komponen-komponen lainnya sedemikian rupa sehingga berhasil beradaptasi dengan baik dan mempunyai tingkat performa yang tangguh.
Perlu diketahui, masa inreyen harus dilakukan dengan prosedur yang benar karena akan berpengaruh besar terhadap kinerja sepeda motor ini nantinya. Tidak jarang, mereka yang melakukannya dengan sembarangan dan tidak hati-hati justru membuat mesin sepeda motornya cepat sekali mengalami kerusakan. Kalau sudah begini, tentu anda sendiri yang akan tekor karena harus menurunkan mesin tersebut alias menggantinya dengan mesin yang baru.

Nah, berikut ini tips pemakaian sepeda motor baru dari Pyurio dengan prosedur yang benar :
  1. Lakukan penggeberan mesin sepeda motor tersebut secara halus serta tidak menimbulkan suara yang bising dan meraung-raung. Hal ini bertujuan untuk mengkondisikan mesin dalam menjalankan tugasnya dengan tingkatan yang perlahan-lahan dinaikkan dan tidak menyebabkan kejutan.
  2. Bukalah grip gas sepeda motor secara perlahan dengan cara diurut naik pelan-pelan hingga berada di posisi yang sesuai. Hindari meng-grip-nya secara mendadak dan langsung menariknya penuh karena akan menyebabkan terjadinya kejutan mesin.
  3. Penggantian pelumas oli pertamakali dilakukan saat sepeda motor sudah menempuh jarak 500 km. Produk pelumas oli yang digunakan sebaiknya sesuai rekomendasi pabrikan agar mutu kualitasnya lebih terjamin dan garansi motor tidak hilang.
  4. Jangan pernah sekalipun membebani sepeda motor baru dengan bobot yang terlalu berat sebab komponen-komponen penyusunnya masih saling menyesuaikan. Ingat, sepeda motor adalah alat transportasi berkendara dengan beban maksimal 2 orang, bukan alat angkut barang.
  5. Pemakaian sepeda motor baru hendaknya memperhatikan kestabilan perputaran mesin dan menjaganya berada di bawah 5000 rpm. Menaikkan perputaran mesin di tingkatan yang tidak wajar ibarat pemaksaan sepeda motor untuk langsung bekerja keras tanpa pelatihan terlebih dahulu.
  6. Matikan mesin selama 5-10 menit setiap jarak tempuh 1 jam. Fungsinya agar kondisi mesin tersebut menjadi dingin kembali sehingga suhu di dalamnya terus terjaga.
  7. Hindari mengendarai sepeda motor baru dengan kecepatan dan posisi gas yang tetap. Disarankan bagi anda untuk terus mengubah-ubah kecepatan sepeda motor secara konstan supaya kondisi mesin yang masih baru tersebut bisa beradaptasi dengan baik.
  8. Saat sepeda motor sudah menempuh jarak 500-1000 km, anda bisa menaikkan tingkat perputaran mesin dan menjaga kestabilannya selalu berada di bawah 7500 rpm. Selain itu, disarankan memakai gear sesuai kebutuhan dan kondisi jalan, serta jangan pernah membuka gas secara penuh.
  9. Masa inreyen dinyatakan selesai ketika sepeda motor sudah menempuh jarak lebih dari 1000 km. Sebelum bisa digunakan secara normal, jangan lupa mengganti sekali lagi pelumas oli sepeda motor tersebut dengan pelumas yang baru sesuai saran pabrikan.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Mengisi/Menambah Angin Ban di SPBU

Bagaimana cara mengisi/menambah angin ban di SPBU? Ban berperan penting dalam menjamin keamanan dan kenyamanan kendaraan bermotor. Itulah kenapa tekanan angin di dalam ban harus senantiasa dijaga. Idealnya tekanan angin pada sepeda motor 29 psi, mobil 32 psi, dan truk 40-50 psi. Beruntung saat ini sudah banyak SPBU (Stasiun Pengisian Bahan bakar Umum) di Indonesia yang memberikan fasilitas pengisian angin ban secara cuma-cuma. Tentu saja hal ini sangat membantu bagi para rider yang kebetulan mampir ke pom bensin tersebut. Mengingat layanan ini bersifat gratis, Anda harus mengoperasikan mesin pompa angin sendiri. Tapi bagaimana cara menggunakannya ya? Nah, berikut ini merupakan tata cara menggunakan kompresor angin yang biasanya terdapat di SPBU : Letakkan kendaraan Anda di samping mesin pompa angin. Tidak perlu terlalu dekat asalkan selang kompresor mampu menjangkau seluruh roda kendaraan. Khusus untuk sepeda motor , posisikan kendaraan bertumpu pada standar tengah sehingga An

Langkah-langkah Cara Coak Body Motor yang Benar

Bagaimana cara coak body motor yang benar? Coak adalah suatu istilah dalam modifikasi sepeda motor yang menyatakan proses pemotongan body kendaraan. Teknik ini biasanya diterapkan di dalam konsep modifikasi yang bergaya drag look dan street racing. Dengan memotong beberapa bagian body yang terdapat pada sepeda motor , maka tampilan kendaraan secara keseluruhan pun akan menjadi semakin keren. Pada dasarnya, proses coak ini tidak terlalu sulit dikerjakan. Malahan Anda bisa menggunakan peralatan tukang yang sederhana. Hanya saja dibutuhkan keahlian dan ketelitian saat mengoperasikan alat-alat tersebut agar hasil potongannya tampak rapi. Biar Anda tidak bingung, silakan coba panduan coak body motor ala Pyurio di bawah ini! Alat dan Bahan yang harus disiapkan : Gergaji besi Gergaji tripleks Bor tangan Selotip Spidol Penggaris Jangka Ampelas halus Langkah-langkah memotong body motor : Buatlah sketsa yang menggambarkan pola pemotongan pada body motor terle

Langkah-langkah Melepas dan Memasang Roda Mobil

Bagaimana langkah-langkah untuk melepas dan memasang roda mobil? Mobil adalah kendaraan darat yang digerakkan oleh mesin, beroda empat, dan biasanya menggunakan bahan bakar minyak untuk menghidupkan mesinnya. Ada kalanya kita ingin melepas dan atau memasang roda mobil untuk keperluan tertentu. Sebelum proses pelepasan/pemasangan roda mobil tersebut dimulai, Anda wajib memperhatikan prosedur keselamatan kerja terlebih dahulu. Di antaranya : Pastikan mengerjakannya di tempat yang memiliki permukaan lantai yang rata Gunakan alat-alat sebagaimana fungsinya Selalu kenakan pakaian penunjang keamanan untuk melindungi diri Untuk mempermudah pengerjaannya, sebaiknya kendurkan mur-mur yang membalut roda terlebih dahulu sebelum mobil didongkrak. Perhatikan seluruh bagian momen pengencangan baut dengan seksama. Selalu gunakan kunci momen pada saat melaksanakan pekerjaan ini. Begitupun ketika mendongkrak dan menopang mobil, disarankan untuk melakukannya di tempat yang berpermukaan rata s