Langsung ke konten utama

Gampangnya! Cara Mengganti Ban Luar Sepeda Motor

Pernahkah Anda merasa tertantang untuk mengganti sendiri ban luar sepeda motor? Ternyata gampang banget lho kalau Anda sudah mencobanya. Dan tentu saja, dengan mengerjakannya sendiri, Anda pun dapat menghemat ongkos bengkel hingga puluhan ribu rupiah.

cara-mengganti-ban-luar.jpg

Setiap ban luar motor memiliki usia pakainya sendiri. Biasanya usia pakai tersebut sudah tertera di dalam kemasan yang menyertai produk ban tersebut. Alangkah baiknya jika ban diganti sesuai dengan anjuran pihak pabrikan atau ketika kondisi permukaan luar ban sudah terlihat mulai gundul.

Tetapi, bagaimana cara menggantinya ya? Pada praktik kali ini, kami akan memberikan contoh proses penggantian ban luar bagian roda depan motor.

Alat dan Bahan :

  • Ban luar dengan ukuran sesuai spesifikasi roda depan sepeda motor Anda. Biasanya ukuran standar ban untuk motor bebek 70/90-17, motor sport 275-18 atau 275-17, dan motor matic 70/90-14 atau 80/90-14.
  • Kunci ring ukuran 12, 14, 17, 19, dan 22. Umumnya kunci ring untuk motor bebek 14, 17, dan 19 sedangkan motor sport 19 dan 22. Hindari menggunakan kunci pas karena berisiko merusak baut dan mur.
  • Sendok ban untuk melepaskan ban luar dari velg.
  • Kunci pentil untuk membuka pentil penutup ban.
  • Pompa untuk mengisi kembali tekanan angin pada ban.
  • Tang untuk mengambil pen pada as roda. Ingat, tidak semua as roda motor dilengkapi penahan berupa pen.

Langkah-langkah :

  1. Mulailah dengan memposisikan sepeda motor bertumpu pada standar tengah supaya proses pengerjaan penggantian ban lebih mudah dilakukan.
  2. Gunakan kunci ring yang sesuai untuk membuka mur dan baut as pada roda bagian depan. Setelah itu, tarik roda serong ke arah bawah untuk melepaskannya.
  3. Buka pentil ban untuk mengeluarkan tekanan angin di dalam ban sampai kempes. Dengan demikian proses pengcongkelan ban bisa lebih gampang dikerjakan.
  4. Lepaskan ban luar dengan mencungkilnya memakai sendok ban. Kemudian tarik ban luarnya secara perlahan-lahan hingga terlepas semuanya.
  5. Berikutnya Anda bisa melepaskan ban luar dari velg. Sebagai tips agar velg tidak lecet, berikan alas pada velg tersebut berupa kain atau karet ban.
  6. Sebelum memasang ban luar yang baru ke velg, Anda bisa mengusapkan air sabun pada bagian hill-nya terlebih dahulu. Hal ini dimaksudkan untuk mempermudah proses pemasangan ban luar pada velg.
  7. Begitupun dengan ban dalam, sebelum dimasukkan ke dalam rongga ban luar, Anda perlu menaburkan bedak terlebih dahulu. Tujuannya agar ban dalam ini tidak lengket dengan ban luarnya.
  8. Setelah itu ban luar baru yang sudah terisi ban dalam ini dipasang kembali ke velg motor sesuai posisinya yang tepat. Lakukan dengan hati-hati. Jangan sampai sendok ban melukai ban dalam sehingga menimbulkan kebocoran.
  9. Setelah pemasangan ban ke velg bers, kini saatnya mengisinya dengan angin. Perlu diketahui, standar tekanan angin pada ban motor berkisar antara 28-30 psi.
  10. Pasang kembali roda depan ke posisinya semula. Pererat ikatannya dengan memasang mur dan baut. Cek sekali untuk memastikan ikatannya sudah kencang.
  11. Sekarang saatnya melakukan tes drive.

Selamat mencoba sendiri ya!

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Mengisi/Menambah Angin Ban di SPBU

Bagaimana cara mengisi/menambah angin ban di SPBU? Ban berperan penting dalam menjamin keamanan dan kenyamanan kendaraan bermotor. Itulah kenapa tekanan angin di dalam ban harus senantiasa dijaga. Idealnya tekanan angin pada sepeda motor 29 psi, mobil 32 psi, dan truk 40-50 psi. Beruntung saat ini sudah banyak SPBU (Stasiun Pengisian Bahan bakar Umum) di Indonesia yang memberikan fasilitas pengisian angin ban secara cuma-cuma. Tentu saja hal ini sangat membantu bagi para rider yang kebetulan mampir ke pom bensin tersebut. Mengingat layanan ini bersifat gratis, Anda harus mengoperasikan mesin pompa angin sendiri. Tapi bagaimana cara menggunakannya ya? Nah, berikut ini merupakan tata cara menggunakan kompresor angin yang biasanya terdapat di SPBU : Letakkan kendaraan Anda di samping mesin pompa angin. Tidak perlu terlalu dekat asalkan selang kompresor mampu menjangkau seluruh roda kendaraan. Khusus untuk sepeda motor , posisikan kendaraan bertumpu pada standar tengah sehingga An

Langkah-langkah Cara Coak Body Motor yang Benar

Bagaimana cara coak body motor yang benar? Coak adalah suatu istilah dalam modifikasi sepeda motor yang menyatakan proses pemotongan body kendaraan. Teknik ini biasanya diterapkan di dalam konsep modifikasi yang bergaya drag look dan street racing. Dengan memotong beberapa bagian body yang terdapat pada sepeda motor , maka tampilan kendaraan secara keseluruhan pun akan menjadi semakin keren. Pada dasarnya, proses coak ini tidak terlalu sulit dikerjakan. Malahan Anda bisa menggunakan peralatan tukang yang sederhana. Hanya saja dibutuhkan keahlian dan ketelitian saat mengoperasikan alat-alat tersebut agar hasil potongannya tampak rapi. Biar Anda tidak bingung, silakan coba panduan coak body motor ala Pyurio di bawah ini! Alat dan Bahan yang harus disiapkan : Gergaji besi Gergaji tripleks Bor tangan Selotip Spidol Penggaris Jangka Ampelas halus Langkah-langkah memotong body motor : Buatlah sketsa yang menggambarkan pola pemotongan pada body motor terle

Langkah-langkah Melepas dan Memasang Roda Mobil

Bagaimana langkah-langkah untuk melepas dan memasang roda mobil? Mobil adalah kendaraan darat yang digerakkan oleh mesin, beroda empat, dan biasanya menggunakan bahan bakar minyak untuk menghidupkan mesinnya. Ada kalanya kita ingin melepas dan atau memasang roda mobil untuk keperluan tertentu. Sebelum proses pelepasan/pemasangan roda mobil tersebut dimulai, Anda wajib memperhatikan prosedur keselamatan kerja terlebih dahulu. Di antaranya : Pastikan mengerjakannya di tempat yang memiliki permukaan lantai yang rata Gunakan alat-alat sebagaimana fungsinya Selalu kenakan pakaian penunjang keamanan untuk melindungi diri Untuk mempermudah pengerjaannya, sebaiknya kendurkan mur-mur yang membalut roda terlebih dahulu sebelum mobil didongkrak. Perhatikan seluruh bagian momen pengencangan baut dengan seksama. Selalu gunakan kunci momen pada saat melaksanakan pekerjaan ini. Begitupun ketika mendongkrak dan menopang mobil, disarankan untuk melakukannya di tempat yang berpermukaan rata s