Langsung ke konten utama

3 Kelebihan Mengisi Ban dengan Nitrogen

Jika kita perhatikan dengan seksama, beberapa SPBU (Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum) saat ini membuka layanan pengisian nitrogen ke dalam ban kendaraan. Tahukah Anda, apakah nitrogen itu? Apa pula perbedaannya dengan angin biasa? Kelebihan-kelebihan apa saja yang akan didapatkan jika menggunakan ban berisi nitrogen?
Nitrogen adalah gas yang tidak berwarna, tidak berasa, tidak berbau, dan tidak beracun. Nitrogen biasanya dituliskan dengan lambang N. Nitrogen merupakan unsur kimia dengan nomor atom 7 di mana bobot atomnya seberat 14,0067.
Alat untuk mengisi nitrogen ke dalam ban sepeda motor atau mobil disebut pompa nitrogen. Berbeda dengan pompa biasa yang mengeluarkan udara mengandung oksigen, karbondioksida, nitrogen, dan gas-gas lain, pompa nitrogen dapat menghasilkan nitrogen dengan kadar mencapai 99 persen. Prinsip kerja pompa nitrogen ada yang terhubung dengan tabung berisi nitrogen, ada pula yang sanggup mengubah udara menjadi nitrogen.

Di bawah ini kelebihan-kelebihan yang bakal Anda dapatkan ketika mengendarai kendaraan dengan ban nitrogen!
1. Penyusutan Tekanan Angin Ban Lebih Lama
Perlu diketahui, molekul gas nitrogen berukuran cukup besar sehingga sulit merembes keluar melalui pori-pori ban atau pentil. Oleh karena itu, penyusutan ban yang diisi dengan nitrogen homogen lebih terjaga. Rata-rata ban yang berisi angin biasa akan menyusut 1-1,5 psi dalam waktu sebulan. Sementara jika kita mengisi ban menggunakan nitrogen, ban tersebut akan menyusut dengan tekanan yang sama dalam tempo 5-6 bulan.
2. Ban Menjadi Lebih Awet
Karakteristik utama dari nitrogen yaitu incompressible karena memiliki titik muai yang rendah. Hal ini memungkinkan ban tidak gampang panas sehingga lebih awet. Jika umumnya ban harus diganti setiap penggunaan 60.000 km, tetapi jika terbiasa mengisinya memakai nitrogen maka ketahanan ban tersebut terhadap jarak tempuh bisa semakin lama.
3. Tidak Menimbulkan Risiko Karat
Karena dipompa dengan pompa nitrogen, ban nitrogen tidak mengandung uap air sama sekali. Seperti kita tahu, kandungan uap air di dalam ban bisa mengakibatkan velg mengalami korosi. Kalau velg berkarat, kekuatannya pun akan melemah dan gampang patah. Lebih lanjut bahkan uap air ini mampu memicu ketidakstabilan tekanan di dalam ban kendaraan akibat dari perubahan suhu yang drastis.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Mengisi/Menambah Angin Ban di SPBU

Bagaimana cara mengisi/menambah angin ban di SPBU? Ban berperan penting dalam menjamin keamanan dan kenyamanan kendaraan bermotor. Itulah kenapa tekanan angin di dalam ban harus senantiasa dijaga. Idealnya tekanan angin pada sepeda motor 29 psi, mobil 32 psi, dan truk 40-50 psi. Beruntung saat ini sudah banyak SPBU (Stasiun Pengisian Bahan bakar Umum) di Indonesia yang memberikan fasilitas pengisian angin ban secara cuma-cuma. Tentu saja hal ini sangat membantu bagi para rider yang kebetulan mampir ke pom bensin tersebut. Mengingat layanan ini bersifat gratis, Anda harus mengoperasikan mesin pompa angin sendiri. Tapi bagaimana cara menggunakannya ya? Nah, berikut ini merupakan tata cara menggunakan kompresor angin yang biasanya terdapat di SPBU : Letakkan kendaraan Anda di samping mesin pompa angin. Tidak perlu terlalu dekat asalkan selang kompresor mampu menjangkau seluruh roda kendaraan. Khusus untuk sepeda motor , posisikan kendaraan bertumpu pada standar tengah sehingga An

Langkah-langkah Cara Coak Body Motor yang Benar

Bagaimana cara coak body motor yang benar? Coak adalah suatu istilah dalam modifikasi sepeda motor yang menyatakan proses pemotongan body kendaraan. Teknik ini biasanya diterapkan di dalam konsep modifikasi yang bergaya drag look dan street racing. Dengan memotong beberapa bagian body yang terdapat pada sepeda motor , maka tampilan kendaraan secara keseluruhan pun akan menjadi semakin keren. Pada dasarnya, proses coak ini tidak terlalu sulit dikerjakan. Malahan Anda bisa menggunakan peralatan tukang yang sederhana. Hanya saja dibutuhkan keahlian dan ketelitian saat mengoperasikan alat-alat tersebut agar hasil potongannya tampak rapi. Biar Anda tidak bingung, silakan coba panduan coak body motor ala Pyurio di bawah ini! Alat dan Bahan yang harus disiapkan : Gergaji besi Gergaji tripleks Bor tangan Selotip Spidol Penggaris Jangka Ampelas halus Langkah-langkah memotong body motor : Buatlah sketsa yang menggambarkan pola pemotongan pada body motor terle

Langkah-langkah Melepas dan Memasang Roda Mobil

Bagaimana langkah-langkah untuk melepas dan memasang roda mobil? Mobil adalah kendaraan darat yang digerakkan oleh mesin, beroda empat, dan biasanya menggunakan bahan bakar minyak untuk menghidupkan mesinnya. Ada kalanya kita ingin melepas dan atau memasang roda mobil untuk keperluan tertentu. Sebelum proses pelepasan/pemasangan roda mobil tersebut dimulai, Anda wajib memperhatikan prosedur keselamatan kerja terlebih dahulu. Di antaranya : Pastikan mengerjakannya di tempat yang memiliki permukaan lantai yang rata Gunakan alat-alat sebagaimana fungsinya Selalu kenakan pakaian penunjang keamanan untuk melindungi diri Untuk mempermudah pengerjaannya, sebaiknya kendurkan mur-mur yang membalut roda terlebih dahulu sebelum mobil didongkrak. Perhatikan seluruh bagian momen pengencangan baut dengan seksama. Selalu gunakan kunci momen pada saat melaksanakan pekerjaan ini. Begitupun ketika mendongkrak dan menopang mobil, disarankan untuk melakukannya di tempat yang berpermukaan rata s