Langsung ke konten utama

5 Tips Menghadapi Musim Hujan bagi Sepeda Motor

Bagaimana tips menghadapi musim penghujan bagi para pengendara sepeda motor? Di waktu musim hujan seperti sekarang, kondisi jalan raya menjadi tidak menentu. Begitupun dengan performa sepeda motor Anda bisa saja tiba-tiba loyo. Penyebabnya antara lain komponen yang sudah tidak layak pakai, penggunaan motor yang cukup lama, atau kendaraan malah kemasukan air. Kalau mogok di tengah jalan terpaksa deh Anda harus menderita dua kali lipat.
Oleh sebab itu, persiapan menghadapi musim penghujan perlu dilakukan agar kejadian-kejadian yang buruk tidak menimpal kita. Di bawah ini beberapa tips penting yang sebaiknya Anda lakukan guna memeriksa kondisi dan kesiapan sepeda motor kesayangan Anda!

1. Cek Kelayakan Oil Seal dan Dust Seal
Fungsi seal pada sepeda motor adalah melindungi bagian dalam roda supaya tidak kemasukan air dan debu. Apabila kondisi dust seal sudah tidak layak maka daya proteksinya berkurang sehingga berpotensi air bisa masuk bantalan roda atau area bearing. Kalau tidak ditangani segera, siap-siap komponen tersebut akan berkarat dan mengakibatkan putaran bearing tidak normal.
2. Pastikan Ban Masih Bagus
Kondisi ban sepeda motor yang bagus ditandai dari permukaannya yang masih kasar dan tidak aus/gundul. Sebaliknya, permukaan ban yang tipis mengakibatkan traksi terhadap permukaan jalan berkurang. Akibatnya kendaraan motor pun gampang terpelanting dan arah lajunya sulit dikendalikan. Bila Anda harus mengganti ban, perhatikan arah rotasi pemasangannya sesuai dengan spesifikasi ban tersebut.
3. Periksa juga Tutup Busi
Tutup busi atau cap supressor berguna untuk mencegah sepeda motor mengalami mogok terutama ketika melintasi air. Usahakan karet yang ada di tutup busi tersebut belum terlalu keras agar mampu bekerja dengan baik. Namun jika karet ini sudah keras sebaiknya lekas diganti di bengkel resmi sehingga sistem pengapian motor kembali normal.
4. Jangan Lupa Memeriksa Rem
Ketika mengendarai sepeda motor saat hujan Anda akan banyak menggunakan rem depan dan rem belakang untuk mempertahankan laju sepeda motor. Jadi rem bisa dibilang sebagai komponen yang paling vital untuk dicek kondisinya. Karena kampas rem yang aus mengakibatkan pengendalian sepeda motor semakin sulit, Anda mestinya segera mengganti bila permukaan kampas tersebut sudah halus.
5. Semua Lampu Menyala dengan Baik
Pada sepeda motor, lampu berperan sebagai penerang jalan, pemberitahu keberadaan Anda, dan indikator arah pergerakan. Mengingat jarak pandang saat hujan turun akan berkurang drastis seyogyanya Anda membekali kendaraan dengan lampu yang cukup terang sesuai standar pabrikan. Coba nyalakan masing-masing lampu tersebut untuk memastikannya tetap menyala. Jangan lupa selalu nyalan lampu utama sepeda motor agar keselamatan Anda senantiasi terjaga.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Mengisi/Menambah Angin Ban di SPBU

Bagaimana cara mengisi/menambah angin ban di SPBU? Ban berperan penting dalam menjamin keamanan dan kenyamanan kendaraan bermotor. Itulah kenapa tekanan angin di dalam ban harus senantiasa dijaga. Idealnya tekanan angin pada sepeda motor 29 psi, mobil 32 psi, dan truk 40-50 psi. Beruntung saat ini sudah banyak SPBU (Stasiun Pengisian Bahan bakar Umum) di Indonesia yang memberikan fasilitas pengisian angin ban secara cuma-cuma. Tentu saja hal ini sangat membantu bagi para rider yang kebetulan mampir ke pom bensin tersebut. Mengingat layanan ini bersifat gratis, Anda harus mengoperasikan mesin pompa angin sendiri. Tapi bagaimana cara menggunakannya ya? Nah, berikut ini merupakan tata cara menggunakan kompresor angin yang biasanya terdapat di SPBU : Letakkan kendaraan Anda di samping mesin pompa angin. Tidak perlu terlalu dekat asalkan selang kompresor mampu menjangkau seluruh roda kendaraan. Khusus untuk sepeda motor , posisikan kendaraan bertumpu pada standar tengah sehingga An

Langkah-langkah Cara Coak Body Motor yang Benar

Bagaimana cara coak body motor yang benar? Coak adalah suatu istilah dalam modifikasi sepeda motor yang menyatakan proses pemotongan body kendaraan. Teknik ini biasanya diterapkan di dalam konsep modifikasi yang bergaya drag look dan street racing. Dengan memotong beberapa bagian body yang terdapat pada sepeda motor , maka tampilan kendaraan secara keseluruhan pun akan menjadi semakin keren. Pada dasarnya, proses coak ini tidak terlalu sulit dikerjakan. Malahan Anda bisa menggunakan peralatan tukang yang sederhana. Hanya saja dibutuhkan keahlian dan ketelitian saat mengoperasikan alat-alat tersebut agar hasil potongannya tampak rapi. Biar Anda tidak bingung, silakan coba panduan coak body motor ala Pyurio di bawah ini! Alat dan Bahan yang harus disiapkan : Gergaji besi Gergaji tripleks Bor tangan Selotip Spidol Penggaris Jangka Ampelas halus Langkah-langkah memotong body motor : Buatlah sketsa yang menggambarkan pola pemotongan pada body motor terle

Langkah-langkah Melepas dan Memasang Roda Mobil

Bagaimana langkah-langkah untuk melepas dan memasang roda mobil? Mobil adalah kendaraan darat yang digerakkan oleh mesin, beroda empat, dan biasanya menggunakan bahan bakar minyak untuk menghidupkan mesinnya. Ada kalanya kita ingin melepas dan atau memasang roda mobil untuk keperluan tertentu. Sebelum proses pelepasan/pemasangan roda mobil tersebut dimulai, Anda wajib memperhatikan prosedur keselamatan kerja terlebih dahulu. Di antaranya : Pastikan mengerjakannya di tempat yang memiliki permukaan lantai yang rata Gunakan alat-alat sebagaimana fungsinya Selalu kenakan pakaian penunjang keamanan untuk melindungi diri Untuk mempermudah pengerjaannya, sebaiknya kendurkan mur-mur yang membalut roda terlebih dahulu sebelum mobil didongkrak. Perhatikan seluruh bagian momen pengencangan baut dengan seksama. Selalu gunakan kunci momen pada saat melaksanakan pekerjaan ini. Begitupun ketika mendongkrak dan menopang mobil, disarankan untuk melakukannya di tempat yang berpermukaan rata s