Langsung ke konten utama

Cara agar Tarikan Sepeda Motor Lebih Enteng

Apakah Anda merasa kurang puas dengan tarikan sepeda motor standar yang dimiliki? Ingin agar tenaga kendaraan bermotor tersebut menjadi lebih responsif? Nah, kali ini Pyurio akan berbagi tips-tips seputar modifikasi motor supaya tarikannya semakin bertambah mantap.

cara-agar-tarikan-sepeda-motor-enteng.jpg

Beruntung, kini sudah beredar banyak sekali spare part di pasaran yang bisa digunakan untuk meningkatkan performa kendaraan bermotor. Mulai dari yang pemasangannya tinggal plug 'n play hingga part yang mengharuskan pembongkaran mesin terlebih dahulu. Sebagai permulaan, berikut ini kiat-kiat sederhana yang bisa Anda lakukan untuk menaikkan keresponsifan sepeda motor!

1. Melepas Filter Udara atau Menggantinya

Pada sepeda motor, filter udara berguna untuk menyerap partikel-partikel debu dan kotoran supaya tidak mengalir masuk ke dalam ruang pembakaran. Dengan melepas komponen yang berbentuk kertas atau busa ini, akselerasi motor bakal menjadi kian responsif. Tetapi bila tidak ingin melepaskannya, Anda bisa mengganti filter udara bawaan dengan produk aftermarket. Usahakan pilih produk filter yang bagus bukan merk abal-abal.

2. Buang Penyekat di Knalpot atau Ganti dengan Freeflow

Sudah menjadi rahasia umum kalau mengganti knalpot bisa memperlancar tarikan motor. Tapi seringkali modifikasi ini justru membuat suara motor kurang gahar atau performanya mengendor jika salah mengeksekusi. Solusinya, Anda bisa tetap memakai knalpot standar namun buanglah beberapa penyekat yang terdapat di silencer sehingga flow-nya semakin plong. Opsi lainnya, Anda bisa mengganti knalpot dengan produk knalpot aftermarket yang berjenis freeflow.

3. Setting Kembali Pengaturan Spuyer

Motor-motor yang masih menggunakan karburator biasanya juga dilengkapi dengan spuyer. Apabila setting pada komponen ini telah berubah dari aslinya, maka bisa jadi hal tersebut dapat memicu berkurangnya performa motor. Anda bisa mengatur kembali posisi spuyer agar pas dengan menaikkan atau menurunkan ukuran pilot jet maupun main jet-nya. Pastikan penyetingannya sudah tepat sehingga kebutuhan bahan bakar dan tenaga yang dihasilkannya pun seimbang. Pembuktian hasilnya ini bisa diketahui lewat pemeriksaan terhadap busi yang warnanya menjadi coklat atau merah bata, bukan kehitam-hitaman.

4. Perbesar Ukuran Mata Gir Belakang

Seperti kita tahu, gir motor berfungsi untuk menyalurkan tenaga dari mesin ke roda. Dengan memainkan perbandingan antara gir depan dan gir belakang, tarikan motor pun dapat diubah menjadi lebih responsif. Anda bisa memperbesar ukuran gir belakang dengan menaikkannya satu hingga tiga tingkatan mata gir.

5. Pemakaian CDI Tipe Racing

Tenaga motor juga bisa dibikin semakin responsif dengan menerapkan CDI racing. Hal ini terjadi berkat timing pengapian yang lebih maju sekian derajat dari standarnya. Anda bisa mempelajari serba-serbi tentang CDI di sini.

6. Gunakan Pelumas Oli yang Sesuai

Pelumas memegang pengaruh yang cukup besar dalam performa kendaraan bermotor. Untuk meringankan kinerja mesin, Anda bisa memakai pelumas yang karakteristiknya licin dan encer. Tetapi ingat ya, semua mesin membutuhkan pelumas dengan spesifikasi yang berbeda-beda. Jadi solusi yang paling tepat ialah menyesuaikan jenis pelumas oil dengan kebutuhan mesin kendaraan Anda.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Mengisi/Menambah Angin Ban di SPBU

Bagaimana cara mengisi/menambah angin ban di SPBU? Ban berperan penting dalam menjamin keamanan dan kenyamanan kendaraan bermotor. Itulah kenapa tekanan angin di dalam ban harus senantiasa dijaga. Idealnya tekanan angin pada sepeda motor 29 psi, mobil 32 psi, dan truk 40-50 psi. Beruntung saat ini sudah banyak SPBU (Stasiun Pengisian Bahan bakar Umum) di Indonesia yang memberikan fasilitas pengisian angin ban secara cuma-cuma. Tentu saja hal ini sangat membantu bagi para rider yang kebetulan mampir ke pom bensin tersebut. Mengingat layanan ini bersifat gratis, Anda harus mengoperasikan mesin pompa angin sendiri. Tapi bagaimana cara menggunakannya ya? Nah, berikut ini merupakan tata cara menggunakan kompresor angin yang biasanya terdapat di SPBU : Letakkan kendaraan Anda di samping mesin pompa angin. Tidak perlu terlalu dekat asalkan selang kompresor mampu menjangkau seluruh roda kendaraan. Khusus untuk sepeda motor , posisikan kendaraan bertumpu pada standar tengah sehingga An

Langkah-langkah Cara Coak Body Motor yang Benar

Bagaimana cara coak body motor yang benar? Coak adalah suatu istilah dalam modifikasi sepeda motor yang menyatakan proses pemotongan body kendaraan. Teknik ini biasanya diterapkan di dalam konsep modifikasi yang bergaya drag look dan street racing. Dengan memotong beberapa bagian body yang terdapat pada sepeda motor , maka tampilan kendaraan secara keseluruhan pun akan menjadi semakin keren. Pada dasarnya, proses coak ini tidak terlalu sulit dikerjakan. Malahan Anda bisa menggunakan peralatan tukang yang sederhana. Hanya saja dibutuhkan keahlian dan ketelitian saat mengoperasikan alat-alat tersebut agar hasil potongannya tampak rapi. Biar Anda tidak bingung, silakan coba panduan coak body motor ala Pyurio di bawah ini! Alat dan Bahan yang harus disiapkan : Gergaji besi Gergaji tripleks Bor tangan Selotip Spidol Penggaris Jangka Ampelas halus Langkah-langkah memotong body motor : Buatlah sketsa yang menggambarkan pola pemotongan pada body motor terle

Langkah-langkah Melepas dan Memasang Roda Mobil

Bagaimana langkah-langkah untuk melepas dan memasang roda mobil? Mobil adalah kendaraan darat yang digerakkan oleh mesin, beroda empat, dan biasanya menggunakan bahan bakar minyak untuk menghidupkan mesinnya. Ada kalanya kita ingin melepas dan atau memasang roda mobil untuk keperluan tertentu. Sebelum proses pelepasan/pemasangan roda mobil tersebut dimulai, Anda wajib memperhatikan prosedur keselamatan kerja terlebih dahulu. Di antaranya : Pastikan mengerjakannya di tempat yang memiliki permukaan lantai yang rata Gunakan alat-alat sebagaimana fungsinya Selalu kenakan pakaian penunjang keamanan untuk melindungi diri Untuk mempermudah pengerjaannya, sebaiknya kendurkan mur-mur yang membalut roda terlebih dahulu sebelum mobil didongkrak. Perhatikan seluruh bagian momen pengencangan baut dengan seksama. Selalu gunakan kunci momen pada saat melaksanakan pekerjaan ini. Begitupun ketika mendongkrak dan menopang mobil, disarankan untuk melakukannya di tempat yang berpermukaan rata s