Langsung ke konten utama

Jendela Mobil Tidak Bisa Ditutup? Ini Solusinya!

Apakah jendela mobil Anda sedang tidak bisa ditutup? Tidak hanya berfungsi untuk melindungi interior, kaca jendela pada mobil juga berguna sebagai saluran ventilasi udara. Oleh sebab itu, pihak pabrikan mendesain kaca agar bisa dibuka dan ditutup dengan mudah. Dengan demikian, para pengguna kendaraan bisa mengatur kaca jendela pada mobil tersebut sesuka hati.

Namun apa jadinya kalau kaca mobil tersebut tiba-tiba macet sehingga tidak bisa ditutup sama sekali? Kaca tetap tidak bergeming meskipun Anda sudah menurunkannya dengan tenaga yang cukup kuat. Keadaan yang seperti ini tentu akan membuat Anda merasa jengkel bukan kepalang. Bukan hanya itu, polusi udara pun akan masuk ke interior mobil dengan mudahnya yang menimbulkan perasaan tidak nyaman.

Terdapat beberapa penyebab yang dapat mengakibatkan jendela mobil tidak bisa ditutup. Kebanyakan orang berpendapat kalau masalah ini ditimbulkan oleh sistem power window yang telah rusak. Ada pula yang mengatakan kalau lapisan karet di balik kaca yang telah mengeras merupakan biang keladinya. Akibatnya kaca pun tertahan oleh lapisan ini sehingga tidak dapat digeser.

jendela-tidak-bisa-ditutup.jpg

Apabila macetnya jendela mobil Anda ditimbulkan oleh lapisan karet yang sudah mengeras, Anda bisa memperbaiknya dengan metode berikut ini :

Alat dan Bahan :

  • Minyak goreng
  • Plastik
  • Jarum peniti

Langkah-langkah :

  1. Siapkan minyak goreng, minyak sayur, atau minyak kelapa yang masih baru. Jangan pernah menggunakan minyak bekas pakai atau minyak jelantah karena kotoran yang terkandung di dalamnya justru akan memperparah kerusakan pada jendela mobil Anda. Jika ada, Anda bisa menggunakan minyak oli yang biasa dipakai untuk melumasi mesin jahit.
  2. Masukkan minyak goreng tadi ke dalam plastik yang benih. Tidak perlu sampai penuh, cukup sedikit saja sekiranya dapat digunakan untuk melumasi seluruh permukaan lapisan karet yang macet. Ikatlah plastik tersebut dengan kuat. Lalu tusuk salah satu ujungnya menggunakan jarum peniti. Secara otomatis, minyak pun akan menyembur dari dalam plastik.
  3. Semburan minyak goreng ini lantas diarahkan tepat ke permukaan lapisan karet di bagian bawah kaca jendela mobil. Lakukan proses ini secara hati-hati supaya minyak tidak mengotori bagian mobil yang lain. Pastikan minyak telah menutupi lapisan karet secara merata. Bila perlu, Anda bisa mencoba menggerak-gerakkan kaca sedikit demi sedikit agar minyak bisa melapisi karet dengan sempurna.
  4. Setelah itu, biarkan kaca tersebut selama 15-20 menit. Kemudian coba sekali lagi untuk menutup jendela tersebut. Percaya tidak percaya, jendela pun kini bisa ditutup kembali dengan mudahnya. Selamat mencoba.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Mengisi/Menambah Angin Ban di SPBU

Bagaimana cara mengisi/menambah angin ban di SPBU? Ban berperan penting dalam menjamin keamanan dan kenyamanan kendaraan bermotor. Itulah kenapa tekanan angin di dalam ban harus senantiasa dijaga. Idealnya tekanan angin pada sepeda motor 29 psi, mobil 32 psi, dan truk 40-50 psi. Beruntung saat ini sudah banyak SPBU (Stasiun Pengisian Bahan bakar Umum) di Indonesia yang memberikan fasilitas pengisian angin ban secara cuma-cuma. Tentu saja hal ini sangat membantu bagi para rider yang kebetulan mampir ke pom bensin tersebut. Mengingat layanan ini bersifat gratis, Anda harus mengoperasikan mesin pompa angin sendiri. Tapi bagaimana cara menggunakannya ya? Nah, berikut ini merupakan tata cara menggunakan kompresor angin yang biasanya terdapat di SPBU : Letakkan kendaraan Anda di samping mesin pompa angin. Tidak perlu terlalu dekat asalkan selang kompresor mampu menjangkau seluruh roda kendaraan. Khusus untuk sepeda motor , posisikan kendaraan bertumpu pada standar tengah sehingga An...

Langkah-langkah Cara Coak Body Motor yang Benar

Bagaimana cara coak body motor yang benar? Coak adalah suatu istilah dalam modifikasi sepeda motor yang menyatakan proses pemotongan body kendaraan. Teknik ini biasanya diterapkan di dalam konsep modifikasi yang bergaya drag look dan street racing. Dengan memotong beberapa bagian body yang terdapat pada sepeda motor , maka tampilan kendaraan secara keseluruhan pun akan menjadi semakin keren. Pada dasarnya, proses coak ini tidak terlalu sulit dikerjakan. Malahan Anda bisa menggunakan peralatan tukang yang sederhana. Hanya saja dibutuhkan keahlian dan ketelitian saat mengoperasikan alat-alat tersebut agar hasil potongannya tampak rapi. Biar Anda tidak bingung, silakan coba panduan coak body motor ala Pyurio di bawah ini! Alat dan Bahan yang harus disiapkan : Gergaji besi Gergaji tripleks Bor tangan Selotip Spidol Penggaris Jangka Ampelas halus Langkah-langkah memotong body motor : Buatlah sketsa yang menggambarkan pola pemotongan pada body motor terle...

Seperti Ini Cara Setel Pelek Jari-jari Sepeda Motor

Bagaimana caranya menyetel pelek jari-jari sepeda motor? Kepopuleran pelek jari-jari di kalangan penggemar kendaraan bermotor kini kembali meningkat. Pasalnya, pelek ini dinilai mempunyai tampilan tersendiri yang lain daripada pelek racing. Apalagi pelek ruji ini juga bisa digunakan dalam setiap modifikasi motor dengan tema apapun. Sebelum menyetel pelek jari-jari motor, Anda perlu memperhatikan faktor-faktor persiapannya terlebih dahulu sebagai berikut : Selalu pilih pelek sepeda motor dengan spesifikasi yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Pelek yang kuat ditandai dari bentuknya yang standar, baik U shape maupun E shape. Jika Anda memiliki kocek yang berlebih, gunakanlah pelek yang telah diakui kualitasnya secara internasional. Gunakan tromol yang asli sesuai dengan standar dari pabrikan motor tersebut. Hal ini disebabkan tromol asli memiliki bentuk yang lebih presisi sehingga akan mempermudah Anda dalam menyetel jari-jari pelek. Di samping itu, tromol asli juga terbukti lebi...