Langsung ke konten utama

Memperbaiki Power Window Mobil yang Rusak

Bagaimana cara memperbaiki power window pada mobil yang rusak? Teknologi power window sengaja ditanamkan di mobil dengan maksud untuk mempermudah pengguna dalam mengoperasikan kaca jendela. Cukup sekali tekan, kaca di jendela mobil tersebut bisa dibuka atau ditutup sesuka hati. Tentu saja, teknologi ini akan sangat memanjakan Anda sebagai penggunanya.

Tetapi apa jadinya kalau tiba-tiba teknologi power window di mobil Anda tidak dapat berfungsi sebagaimana mestinya? Kaca di jendela mobil tidak bisa dibuka atau ditutup lagi alias macet. Kondisi ini akan sangat merepotkan karena untuk karcis tol saja Anda harus membuka pintu mobil. Dampak tersebut akan semakin parah manakala rusaknya power window terjadi saat posisi kaca sedang terbuka sehingga tidak bisa ditutup lagi.

Terdapat sejumlah yang dinilai dapat merusak teknologi power window pada mobil Anda. Di antaranya yaitu karet list kaca yang mengeras, tegangan listrik mengalami drop, rusaknya kawat seling, motor power window sudah melemah, serta kondisi kontak sakelar power window yang kotor. Agar masalah ini tidak timbul, disarankan untuk melakukan perawatan kaca jendela secara rutin seperti membersihkan kaca mobil dari debu yang menempel di permukaan dan celah karet rel kaca serta menyemprotkan silicon spray/grease di area run door glass.

cara-memperbaiki-power-window.jpg

Berikut ini metode-metode yang bisa dikerjakan untuk memperbaiki power window yang rusak :

  1. Periksa Kondisi Motor Pendukung Power Window

Seiring dengan usia pemakaiannya, performa motor yang mendukung kinerja power window akan menjadi semakin lemah. Apabila terus dipaksakan bekerja, motor tersebut tidak akan mampu menggerakkan komponen-komponen pada power window sebagaimana mestinya. Oleh sebab itu, setiap 6 tahun sekali Anda harus mengganti motor tersebut dengan yang baru agar performa power window mobil bisa seperti sedia kala.

  1. Cek Kondisi Tegangan Listrik

Anda perlu mengecek kondisi tegangan listrik yang mengalir di perangkat power window. Pastikan bahwa tegangannya ideal sesuai standar dan bersifat stabil. Jika Anda menemukan tegangan listrik ini terlalu rendah, cobalah bersihkan permukaan kontak sakelarnya. Namun bila upaya tersebut tidak cukup membantu, Anda bisa mengganti sakelar power window tadi dengan yang baru. Hal yang sama juga berlaku pula pada kondisi sekering power window.

  1. Perhatikan Kondisi Soket yang Berdekatan

Pada saat kunci kontak dalam posisi on, perhatikan kunci kontak dari drop tegangan. Cobalah bandingkan perbedaan tegangan standby yang berasal dari aki dengan terminal IG/ACC. Jika selisih tegangannya mencapai lebih dari 0,5 volt, maka penyebab macetnya power window kemungkinan besar karena adanya beban tambahan dari perangkat yang baru dipasang. Anda bisa mengatasinya dengan membersihkan permukaan kontak sakelar serta mengganti terminal kabel pada soket yang dimaksud.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Mengisi/Menambah Angin Ban di SPBU

Bagaimana cara mengisi/menambah angin ban di SPBU? Ban berperan penting dalam menjamin keamanan dan kenyamanan kendaraan bermotor. Itulah kenapa tekanan angin di dalam ban harus senantiasa dijaga. Idealnya tekanan angin pada sepeda motor 29 psi, mobil 32 psi, dan truk 40-50 psi. Beruntung saat ini sudah banyak SPBU (Stasiun Pengisian Bahan bakar Umum) di Indonesia yang memberikan fasilitas pengisian angin ban secara cuma-cuma. Tentu saja hal ini sangat membantu bagi para rider yang kebetulan mampir ke pom bensin tersebut. Mengingat layanan ini bersifat gratis, Anda harus mengoperasikan mesin pompa angin sendiri. Tapi bagaimana cara menggunakannya ya? Nah, berikut ini merupakan tata cara menggunakan kompresor angin yang biasanya terdapat di SPBU : Letakkan kendaraan Anda di samping mesin pompa angin. Tidak perlu terlalu dekat asalkan selang kompresor mampu menjangkau seluruh roda kendaraan. Khusus untuk sepeda motor , posisikan kendaraan bertumpu pada standar tengah sehingga An

Langkah-langkah Cara Coak Body Motor yang Benar

Bagaimana cara coak body motor yang benar? Coak adalah suatu istilah dalam modifikasi sepeda motor yang menyatakan proses pemotongan body kendaraan. Teknik ini biasanya diterapkan di dalam konsep modifikasi yang bergaya drag look dan street racing. Dengan memotong beberapa bagian body yang terdapat pada sepeda motor , maka tampilan kendaraan secara keseluruhan pun akan menjadi semakin keren. Pada dasarnya, proses coak ini tidak terlalu sulit dikerjakan. Malahan Anda bisa menggunakan peralatan tukang yang sederhana. Hanya saja dibutuhkan keahlian dan ketelitian saat mengoperasikan alat-alat tersebut agar hasil potongannya tampak rapi. Biar Anda tidak bingung, silakan coba panduan coak body motor ala Pyurio di bawah ini! Alat dan Bahan yang harus disiapkan : Gergaji besi Gergaji tripleks Bor tangan Selotip Spidol Penggaris Jangka Ampelas halus Langkah-langkah memotong body motor : Buatlah sketsa yang menggambarkan pola pemotongan pada body motor terle

Langkah-langkah Melepas dan Memasang Roda Mobil

Bagaimana langkah-langkah untuk melepas dan memasang roda mobil? Mobil adalah kendaraan darat yang digerakkan oleh mesin, beroda empat, dan biasanya menggunakan bahan bakar minyak untuk menghidupkan mesinnya. Ada kalanya kita ingin melepas dan atau memasang roda mobil untuk keperluan tertentu. Sebelum proses pelepasan/pemasangan roda mobil tersebut dimulai, Anda wajib memperhatikan prosedur keselamatan kerja terlebih dahulu. Di antaranya : Pastikan mengerjakannya di tempat yang memiliki permukaan lantai yang rata Gunakan alat-alat sebagaimana fungsinya Selalu kenakan pakaian penunjang keamanan untuk melindungi diri Untuk mempermudah pengerjaannya, sebaiknya kendurkan mur-mur yang membalut roda terlebih dahulu sebelum mobil didongkrak. Perhatikan seluruh bagian momen pengencangan baut dengan seksama. Selalu gunakan kunci momen pada saat melaksanakan pekerjaan ini. Begitupun ketika mendongkrak dan menopang mobil, disarankan untuk melakukannya di tempat yang berpermukaan rata s