Langsung ke konten utama

3 Cara Mencegah Kaca Mobil Tergores Wiper

Bagaimana cara mencegah kaca mobil tergores wiper? Bagi Anda yang sudah memiliki mobil pribadi dari hasil jerih payah sendiri, Anda patut berbangga hati. Pasalnya tidak semua orang bisa mempunyai mobil karena harganya mahal sekali. Daripada kendaraan roda empat ini, kebanyakan orang akan membeli rumah terlebih dahulu. Barulah setelah itu mereka akan berusaha membeli mobil.

Mengingat harganya yang mahal, Anda harus merawat mobil tersebut dengan sepenuh hati. Jangan sampai mobil tersebut terkena goresan sedikit pun sebab akan mengurangi nilai keindahannya secara keseluruhan. Sayangnya mayoritas pemilik mobil tidak menyadari kalau wiper juga bisa mengakibatkan kaca tergores. Gerakan dari wiper yang sudah kaku/keras secara terus-menerus akan membentuk pola berupa garis-garis halus yang tampak silau ketika terkena cahaya matahari.

cara-mencegah-wiper-mobil.jpg

Biar masalah tersebut tidak menimpa mobil kesayangan, Anda bisa mencegahnya cukup dengan melakukan ketiga trik di bawah ini!

  1. Periksa Kondisi Wiper

Jangan pernah merasa malas dalam merawat kendaraan roda empat milik Anda. Minimal setiap 6 bulan sekali, Anda harus memeriksa kondisi wiper secara menyeluruh. Bila perlu, Anda bisa melepas sejenak wiper tersebut untuk mengecek kelayakannya. Wiper yang sudah keras dan kaku harus segera diganti dengan yang baru supaya tidak menimbulkan goresan halus di kaca depan mobil. Namun jika kondisi wiper tadi masih oke, Anda bisa memasangnya kembali seperti semula. Pastikan Anda memasang dengan posisi yang tepat sebab kesalahan dalam menaruh wiper juga akan menggores permukaan kaca.

  1. Perbaiki Wiper

Wiper yang sudah kaku atau keras sebenarnya masih dapat diperbaiki agar menjadi halus kembali. Tetapi waktu pemakaian maksimal dari wiper yang sudah diperbaiki tersebut hanya sampai sebulan. Metode ini juga sebaiknya hanya Anda terapkan saat dalam keadaan yang kepepet karena tekniknya sangat sulit dan potensi kesalahannya pun besar. Adapun caranya yaitu Anda bisa menggosokkan serat kasar pada permukaan wiper yang telah dilapisi compound. Proses ini akan mengikis lapisan permukaan wiper yang sudah mengeras dan digantikan oleh lapisan di bawahnya yang masih halus. Jangan lupa kemudian bersihkan permukaan wiper memakai karet yang kering.

  1. Cek Pegangan Wiper

Goresan pada bagian depan mobil tidak selamanya disebabkan oleh kondisi wiper yang sudah terlalu keras sehingga menggores permukaan kaca. Jika setelah diperiksa dengan teliti ternyata kondisi wiper masih terbilang baik, maka kemungkinan besar pegangan wiper yang sedang bermasalah. Biasanya masalah yang terjadi pada pegangan wiper adalah posisi pemasangannya yang tidak tepat atau bentuknya yang sudah tidak presisi lagi. Diperlukan ketelitian dan keahlian yang memadai untuk dapat mengembalikan kondisi pegangan wiper ini seperti semula. Apabila Anda merasa kesulitan mengerjakannya sendiri, jangan sungkan untuk meminta bantuan orang lain yang lebih berpengalaman.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Mengisi/Menambah Angin Ban di SPBU

Bagaimana cara mengisi/menambah angin ban di SPBU? Ban berperan penting dalam menjamin keamanan dan kenyamanan kendaraan bermotor. Itulah kenapa tekanan angin di dalam ban harus senantiasa dijaga. Idealnya tekanan angin pada sepeda motor 29 psi, mobil 32 psi, dan truk 40-50 psi. Beruntung saat ini sudah banyak SPBU (Stasiun Pengisian Bahan bakar Umum) di Indonesia yang memberikan fasilitas pengisian angin ban secara cuma-cuma. Tentu saja hal ini sangat membantu bagi para rider yang kebetulan mampir ke pom bensin tersebut. Mengingat layanan ini bersifat gratis, Anda harus mengoperasikan mesin pompa angin sendiri. Tapi bagaimana cara menggunakannya ya? Nah, berikut ini merupakan tata cara menggunakan kompresor angin yang biasanya terdapat di SPBU : Letakkan kendaraan Anda di samping mesin pompa angin. Tidak perlu terlalu dekat asalkan selang kompresor mampu menjangkau seluruh roda kendaraan. Khusus untuk sepeda motor , posisikan kendaraan bertumpu pada standar tengah sehingga An

Langkah-langkah Cara Coak Body Motor yang Benar

Bagaimana cara coak body motor yang benar? Coak adalah suatu istilah dalam modifikasi sepeda motor yang menyatakan proses pemotongan body kendaraan. Teknik ini biasanya diterapkan di dalam konsep modifikasi yang bergaya drag look dan street racing. Dengan memotong beberapa bagian body yang terdapat pada sepeda motor , maka tampilan kendaraan secara keseluruhan pun akan menjadi semakin keren. Pada dasarnya, proses coak ini tidak terlalu sulit dikerjakan. Malahan Anda bisa menggunakan peralatan tukang yang sederhana. Hanya saja dibutuhkan keahlian dan ketelitian saat mengoperasikan alat-alat tersebut agar hasil potongannya tampak rapi. Biar Anda tidak bingung, silakan coba panduan coak body motor ala Pyurio di bawah ini! Alat dan Bahan yang harus disiapkan : Gergaji besi Gergaji tripleks Bor tangan Selotip Spidol Penggaris Jangka Ampelas halus Langkah-langkah memotong body motor : Buatlah sketsa yang menggambarkan pola pemotongan pada body motor terle

Langkah-langkah Melepas dan Memasang Roda Mobil

Bagaimana langkah-langkah untuk melepas dan memasang roda mobil? Mobil adalah kendaraan darat yang digerakkan oleh mesin, beroda empat, dan biasanya menggunakan bahan bakar minyak untuk menghidupkan mesinnya. Ada kalanya kita ingin melepas dan atau memasang roda mobil untuk keperluan tertentu. Sebelum proses pelepasan/pemasangan roda mobil tersebut dimulai, Anda wajib memperhatikan prosedur keselamatan kerja terlebih dahulu. Di antaranya : Pastikan mengerjakannya di tempat yang memiliki permukaan lantai yang rata Gunakan alat-alat sebagaimana fungsinya Selalu kenakan pakaian penunjang keamanan untuk melindungi diri Untuk mempermudah pengerjaannya, sebaiknya kendurkan mur-mur yang membalut roda terlebih dahulu sebelum mobil didongkrak. Perhatikan seluruh bagian momen pengencangan baut dengan seksama. Selalu gunakan kunci momen pada saat melaksanakan pekerjaan ini. Begitupun ketika mendongkrak dan menopang mobil, disarankan untuk melakukannya di tempat yang berpermukaan rata s